28 Sep 2015

Materi K3


Materi ini disampaikan sebagai upaya pengendalian bahaya di tempat kerja agar pekerja dapat bekerja dengan aman, nyaman, dan terkendali dalam melakukan kegiatan kerja sehingga memperoleh produktifitas sebagai mana yang diharapkan. K3 dapat dilakukan di semua tempat kerja termasuk pada sektor informal seperti petani, industri rumahan, dan lainya. Pekerja informal ini yang semestinya memperoleh penanganan K3, sebab biasanya hal ini ditanggung oleh pekerja itu sendiri, lain halnya pekerja sektor formal yang sudah ditanggung jaminannya oleh perusahaan. Untuk itu perlu dipelajari tentang bahan/materi yang diajarkan selama matrikulasi sebagai berikut sebagai dasar K3:
  1. Pengantar & Pengertian, Sejarah, Tujuan, Organisasi & Perundangan K3
  2. Bahan & Risiko Bahaya
  3. Kesehatan Kerja & Penyakit Akibat Kerja
  4. Keselamatan Kerja & Kecelakaan Kerja
  5. Ergonomi & Sikap Kerja
  6. Sistem Manajemen K3
  7. Produktifitas Kerja



Itulah hal-hal yang akan kita pelajari bersama selama kegiatan matrikulasi tersebut, selanjutnya silahkan perhatikan gambar-gambar diatas, apa yang dapat saudara komentari sekiranya saudara ketahui tentang K3! Setelah itu lihatlah slide berikut dengan cara KlikDisini, kemudian bagaimanakah pendapat saudara tadi dengan pengertian K3 tersebut

60 komentar:

  1. K3 Upaya yang menyangkut keutuhan dan kesempurnàan Tenàga kerja yang mempunyai prinsip Aman dan selamat,terhindar dari sebuah kecelakàan kerja.
    K3 bukan hanya sebagai tanggung jawab masyarakat pada umumnya tetapi sebagai tanggung jawab Pemerintah,Pengusaha,dan tenaga kerja itu sendiri.

    BalasHapus
  2. K3 Upaya yang menyangkut keutuhan dan kesempurnàan Tenàga kerja yang mempunyai prinsip Aman dan selamat,terhindar dari sebuah kecelakàan kerja.
    K3 bukan hanya sebagai tanggung jawab masyarakat pada umumnya tetapi sebagai tanggung jawab Pemerintah,Pengusaha,dan tenaga kerja itu sendiri.

    BalasHapus
  3. Mengenai gambar diatas terlihat bahwa dalam suatu pekerjaan yg di jalani memiliki resiko yang mungkin saja dapat terjadi pada pekerja itu sendiri. Pekerja wajib dilindungi dan diperhatikan benar2 mengenai kesehatan dan keselamatan kerjanya.. Baik di sektor formal maupun informal. Pekerja itu sendiri harus juga perduli terhadap lingkungan kerja nya agar lingkungan kerjanya tetap sehat sehingga kesehatan pekerja itu sendiri terjamin.. Oleh karna nya seluruh bagian kehidupan baik masyarakat pemerintah pengusaha pekerja harus sama2 mengerti mengenai pentingnya penerapan K3 agar bukan hanya sehat tetapi juga selamat dalam menjalankan tugas dan kewajibannya dalam bekerja.

    BalasHapus
  4. Nama: Eka Indriyani
    npm : belum ada

    Seperti gambar yg terlihat diatas bahwa kesehatan dan keselamatan kerja perlu diperhatikan dalam menjalankan tanggung jawab pekerja itu sendiri.karena setiap pekerjaan yg di jalani memiliki resiko yg bisa terjadi oleh pekerja itu sendiri. Pekerja juga perlu memperhatikan lingkungannya dmna lingkungan kerja tersebut harus dipastikan sehat sehingga kesehatan pekerja terjamin.
    k3 bukan hanya sebagai tanggung jawab masyarakat pada umumnya tetapi sebagai tanggung jawab pemerintah,pengusaha dan tenaga kerja itu sendiri.
    oleh karena itu k3 perlu diperhatikan baik pada sektor formal maupun informal.

    BalasHapus
  5. Pd gambar diatas tampak jelas bahwa tdk terdapat upaya penerapan K3 yg bertujuan utk menjamin keselamatan & kesehatan kerja baik fisik, sosial & psikologis, perlengkapan & peralatan kerja yg tdk digunakan sebaik-baiknya, serta hasil produksi tdk dipelihara keamanannya. Jika tempat kerja aman dan sehat, setiap orang dpt melanjutkan pekerjaan mereka secara efektif & efisien. Sebaliknya, jika tempat kerja tdk terorganisir & banyak terdpt bahaya & kerusakan tak terhindarkan mengakibatkan hilangnya pendapatan bagi pekerja & produktivitas berkurang bagi perusahaan. Oleh karna itu K3 merupakan tanggungjawab dari semua kalangan baik itu masyarakat, pemerintah, pengusaha serta pekerja itu sendiri.

    BalasHapus
  6. K3 : suatu pemikiran upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan baik jasmaniah maupun rohaniah tenaga kerja pada khusus nya, karna keselamatan kerja adalah kondisi keselamatan yang bebas dari resiko kecelakaan dan kerusakan di mana kita bekerja yang mencakup tentang : kondisi bangunan, kondisi mesin peralatan keselamatan dan kondisi pekerjanya itu sendiri.
    Dan oleh karena itu pekerja wajib di lindungi dan harus benar-benar di perhatikan mengenai kesehatan dan keselamatan kerja nya baik di sektor formal maupun informal.

    BalasHapus
  7. Dwi Restalia, NPM (Blm Ada)

    Pd gambar di atas tampak jelas bahwa tdk terdapat upaya penerapan K3 yg bertujuan utk menjamin keselamatan & kesehatan kerja baik fisik, sosial & psikologis, perlengkapan & peralatan kerja yg tdk digunakan sebaik-baiknya, serta hasil produksi tdk dipelihara keamanannya. Jika tempat kerja aman dan sehat, setiap orang dpt melanjutkan pekerjaan mereka secara efektif & efisien. Sebaliknya, jika tempat kerja tdk terorganisir & banyak terdpt bahaya & kerusakan tak terhindarkan mengakibatkan hilangnya pendapatan bagi pekerja & produktivitas berkurang bagi perusahaan. Oleh karna itu K3 merupakan tanggung jawab dari semua kalangan baik itu masyarakat, pemerintah, pengusaha serta pekerja itu sendiri.

    BalasHapus
  8. Dwi Restalia, NPM (blm ada)

    Lanjutan....

    Aadapun beberapa contoh kecelakaan yang dapat terjadi dari beberapa kasus K3 di sektor industri, yaitu:
    - Elektronik (manufaktur) : Teriris, terpotong, terlindas, tertabrak, berkontak dgn bahan kimia atau bahan berbahaya lainnya, kebocoran gas, menurunnya daya pendengaran, daya penglihatan
    - Produksi metal (manufaktur) : Terjepit, terlindas, tertusuk, terpotong, tergores, jatuh terpeleset, terjadi kontak antarakulit dengan cairan metal, cairan non-metal
    - Petrokimia (minyak dan produksi batu bara, produksi karet, produksi karet, produksi plastik): terjepit,terlindas, teriris, terpotong, tergores, jatuh terpeleset, tertabrak, terkena benturan keras, terhirup atau terjadinya kontak antara kulit dgn hidrokarbon dan abu, gas, uap steam, asap dan embun yg beracun
    - Konstruksi : Kemungkinan jatuh dari ketinggian, kejatuhan barang dari atas, terinjak, terkena barang yg runtuh atau roboh, berkontak dgn suhu panas, suhu dingin, lingkungan yg beradiasi pengion dan non pengion, bising, terjatuh, terguling, terjepit, terlindas, tertabrak, terkena benturan keras.

    BalasHapus
  9. Setelah diperhatikan mengenai gambar diatas terlihat bahwa tidak adanya penerapan K3 atau kelalaian dalam penerapan K3 pada proses melaksanakan pekerjaan .Dalam hal ini kita tahu bahwa K3 merupakan sebagai upaya pengendalian bahaya ditempat kerja agar pekerja dapat bekerja dengan aman ,nyaman,dan terkendalivdlm melakukan kegiatan kerja sehingga memperoleh produktifitas sesuai yg di harapkan,K3 mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja yang berprinsip bekerja dengan aman dan selamat.Dengan demikian diharapkan kepada seluruh pihak yg berkaitan dlm proses melaksanakan suatu pekerjaan agar dpt menerapkan pokok-pokok prinsip K3.

    BalasHapus
  10. Dwi Restalia

    Lanjutan....

    Beberapa contoh kecelakaan yang banyak terjadi di Tempat Kerja Kesehatan :
    1. Terpeleset, biasanya karena lantai licin.
    Terpeleset dan terjatuh adalah bentuk kecelakaan kerja yang dapat terjadi di Tempat Kerja Kesehatan.
    Akibat : Ringannya memar, Beratnya fraktura, dislokasi, memar otak, dll.
    2. Mengangkat beban
    Mengangkat beban merupakan pekerjaan yang cukup berat, terutama bila mengabaikan kaidah ergonomi.
    Akibat : cedera pada punggung

    Penyakit Akibat Kerja & Penyakit Akibat Hubungan Kerja di Tempat Kerja Kesehatan
    Penyakit Akibat Kerja adalah penyakit yang mempunyai penyebab yang spesifik atau asosiasi yang kuat dengan pekerjaan, pada umumnya terdiri dari satu agen penyebab, harus ada hubungan sebab akibat antara proses penyakit dan hazard di tempat kerja. Faktor Lingkungan kerja sangat berpengaruh dan berperan sebagai penyebab timbulnya Penyakit Akibat Kerja. Sebagai contoh antara lain debu silika dan Silikosis, uap timah dan keracunan timah. Akan tetapi penyebab terjadinya akibat kesalahan faktor manusia juga (WHO). Berbeda dengan Penyakit Akibat Kerja, Penyakit Akibat Hubungan Kerja (PAHK) sangat luas ruang lingkupnya. Menurut Komite Ahli WHO (1973), Penyakit Akibat Hubungan Kerja adalah “penyakit dengan penyebab multifaktorial, dengan kemungkinan besar berhubungan dengan pekerjaan dan kondisi tempat kerja. Pajanan di tempat kerja tersebut memperberat, mempercepat terjadinya serta menyebabkan kekambuhan penyakit.
    Penyakit akibat kerja di Tempat Kerja Kesehatan umumnya berkaitan dengan faktor biologis (kuman patogen yang berasal umumnya dari pasien); faktor kimia (pemaparan dalam dosis kecil namun terus menerus seperti antiseptik pada kulit, zat kimia/solvent yang menyebabkan kerusakan hati; faktor ergonomi (cara duduk salah, cara mengangkat pasien salah); faktor fisik dalam dosis kecil yang terus menerus (panas pada kulit, tegangan tinggi, radiasi dll.); faktor psikologis (ketegangan di kamar penerimaan pasien, gawat darurat, karantina dll.)

    BalasHapus
  11. Nama : sendi hamim
    setelah di amati gambar satu persatu bahwa penting nya k3 terhadap perusahaan agar pekerja tidak lagi terkena resiko kecelakaan kerjaan dan peranan pemerintah harus tegas kepada perusahaan yang tidak menerapkan sistem k3 di perusahaan dan memberikan sanksi di perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  12. Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan salah satu bentuk upaya untuk menciptakan tempat kerja yang aman, sehat, bebas dari pencemaran lingkungan, sehingga dapat mengurangi dan bebas dari kecelakaan kerja dan tidak terjadi gangguan kesehatan pada pekerja dan lingkungan sekitar. keselamatan dan kesehatan tenaga kerja sangat perlu diperhatikan guna mencegah atau melindungi tenaga kerja terhadap resiko bahaya dalam melakukan pekerjaan serta mencegah terjadinya kerugian akibat kecelakaan maupun resiko bahaya yang lain seperti kebakaran. Namun k3 tidak efektif apabila pimpinan dan pegawai tidak bersama-sama dalam melaksanakan program K3.

    BalasHapus
  13. Nama : Putriana
    Npm : Belim ada

    Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan salah satu bentuk upaya untuk menciptakan tempat kerja yang aman, sehat, bebas dari pencemaran lingkungan, sehingga dapat mengurangi dan bebas dari kecelakaan kerja dan tidak terjadi gangguan kesehatan pada pekerja dan lingkungan sekitar. keselamatan dan kesehatan tenaga kerja sangat perlu diperhatikan guna mencegah atau melindungi tenaga kerja terhadap resiko bahaya dalam melakukan pekerjaan serta mencegah terjadinya kerugian akibat kecelakaan maupun resiko bahaya yang lain seperti kebakaran. Namun k3 tidak efektif apabila pimpinan dan pegawai tidak bersama-sama dalam melaksanakan program K3.

    BalasHapus
  14. Anita Febrina
    Dari gambar di atas tampak bahwa dalam setiap aktifitas kerja, pekerja terpapar resiko kecelakaaan, baik yang disebabkan teknis maupun human eror. Sehingga perlu upaya untuk meminimalisir resiko tersebut dengan penerapan program K3, guna meningkatkan keselamatan dan keamanan pekerja, yang pada akhirnya jg dapat meningkatkan produktifitas perusahaan.

    BalasHapus
  15. Nama : kiki karlina
    npm belum ada

    dari gambar di atas jelas bahwa terdapat penerapan k3
    - K3 itu sendiri merupakan pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan.
    dalam menjalankan suatu pekerjaan juga terdapat suatu resiko yang akan terjadi, maka perlu di perhatikan dalam menjalankan suatu pekerjaan tersebut agar dapat menjamin keamanan dan keselamatan pekerjaan.
    K3 bukan hanya sebagai tanggung jawab masyarakat pada umumnya tetapi sebagai tanggung jawab Pemerintah,Pengusaha,dan tenaga kerja itu sendiri.

    BalasHapus
  16. Nama : Lilik Subowo

    Dari gambar diatas dapat disimpulkan bahwa banyak sekali dampak yang ditimbulkan akibat melalaikan K3, baik yang berdapak pada pekerja maupun pemberi kerja (perusahaan). yang secara otomatis dapat merugikan baik pekerja maupun perusahaan. oleh karena itu, setiap pekerja dan perusahaan wajib mengutamakan K3 demi meminimalisir adanya resiko kerja. Sehingga pekerja dapat bekerja dengan aman, nyaman, dan terkendali dalam melakukan kegiatan kerja serta dapat memperoleh produktifitas sebagai mana yang diharapkan.

    BalasHapus
  17. Semestinya prosedur K3 ( Keselamatan, Kesehatan Kerja ) dapat diterapkan di semua sektor pekerjaan agar pekerja dapat bekerja dengan aman, nyaman sehingga produktifitas dan tujuan dari pekerjaan yang dilakukan dapat tercapai sesuai harapan dan terhindar dari kecelakaan, bahaya atau risiko negatif yang timbul dari aktifitas kerja yang dilakukan.

    BalasHapus
  18. Nama : Jeldianan Ilham Septaria

    Keselamatan dan kesehatan kerja adalah upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan baik jasmaniah maupun rohaniah tenaga kerja pada khususnya, dan manusia pada umumnya, hasil karya dan budaya untuk menuju masyarakat adil dan makmur.
    Kecelakaan kerja dapat terjadi karena kondisi yang tidak membawa keselamatan kerja, atau perbuatan yang tidak selamat.
    Dilihat dari gambar diatas bahwa perlu penerapan k3 dalam bekerja yang bertujuan yaitu :
    a. Agar setiap pegawai mendapat jaminan keselamatan dan kesehatan kerja baik secara fisik, sosial, dan psikologis.
    b. Agar setiap perlengkapan dan peralatan kerja digunakan sebaik-baiknya selektif mungkin.
    c. Agar semua hasil produksi dipelihara keamanannya.
    d. Agar adanya jaminan atas pemeliharaan dan peningkatan kesehatan gizi pegawai.
    e. Agar meningkatkan kegairahan, keserasian kerja, dan partisipasi kerja.
    f. Agar terhindar dari gangguan kesehatan yang disebabkan oleh lingkungan atau kondisi kerja.
    g. Agar setiap pegawai merasa aman dan terlindungi dalam bekerja

    BalasHapus
  19. Kesimpulan dari gambar diatas; Keselmatan dan kesehatan kerja (K3) merupakan instrumen yang memproteksi pekerja, perusahaan, lingkungan hidup, dan masyarakat sekitar dari bahaya akibat kecelakaan kerja. Perlindungan tersebut merupakan hak asasi yang wajib dipenuhi oleh perusahaan. K3 bertujuan mencegah, mengurangi, bahkan menihilkan risiko kecelakaan kerja (zero accident). Penerapan konsep ini tidak boleh dianggap sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja yang menghabiskan banyak biaya (cost) perusahaan, melainkan harus dianggap sebagai bentuk investasi jangka panjang yang memberi keuntungan yang berlimpah pada masa yang akan datang.

    BalasHapus
  20. setelah melihat gambar diatas terlihat bahwa dalam suatu pekerjaan yg di jalani memiliki resiko yang mungkin saja dapat terjadi pada pekerja itu sendiri. Pekerja wajib dilindungi dan diperhatikan benar2 mengenai kesehatan dan keselamatan kerjanya.. Baik di sektor formal maupun informal. Pekerja itu sendiri harus juga perduli terhadap lingkungan kerja nya agar lingkungan kerjanya tetap sehat sehingga kesehatan pekerja itu sendiri terjamin.. Oleh karna nya seluruh bagian kehidupan baik masyarakat pemerintah pengusaha pekerja harus sama2 mengerti mengenai pentingnya penerapan K3 agar bukan hanya sehat tetapi juga selamat dalam menjalankan tugas dan kewajibannya dalam bekerja.

    BalasHapus
  21. Nama : Sukmawati
    NPM: Belum ada
    Hadir

    setelah melihat gambar diatas terlihat bahwa dalam suatu pekerjaan yg di jalani memiliki resiko yang mungkin saja dapat terjadi pada pekerja itu sendiri. Pekerja wajib dilindungi dan diperhatikan benar2 mengenai kesehatan dan keselamatan kerjanya.. Baik di sektor formal maupun informal. Pekerja itu sendiri harus juga perduli terhadap lingkungan kerja nya agar lingkungan kerjanya tetap sehat sehingga kesehatan pekerja itu sendiri terjamin.. Oleh karna nya seluruh bagian kehidupan baik masyarakat pemerintah pengusaha pekerja harus sama2 mengerti mengenai pentingnya penerapan K3 agar bukan hanya sehat tetapi juga selamat dalam menjalankan tugas dan kewajibannya dalam bekerja.

    BalasHapus
  22. Gambar diatas menunjukkan bahwa dalam setiap pekerjaan itu memiliki resikonya atau bahaya masing-masing. Oleh karena itu sangatlah penting bagi para perusahaan ataupun badan pemerintahan yang menggunakan jasa para pekerja untuk memikirkan keselamatam bagi para pekerjanya.

    BalasHapus
  23. Nama : Humairoh
    NPM : Belum ada
    Menurut saya bahwa semua pekerjaan baik sektor informal maupun sektor formal mengandung resiko bahaya bagi pekerjannya sehingga diperlukan K3 yang bertujuan agar dapat mencegah, mengurangi resiko tersebut. namun pada kenyataannya terlihat bahwa gambar diatas tidak menerapkan prinsip K3 sehingga dimungkinkan terjadi resiko keselamatan dan kesehatan para pekerjanya.

    BalasHapus
  24. Keselamatan dan kesehatan kerja upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan baik jasmani maupun rohani para pekerja. terlihat gambar diatas para pekerja mengalami kecelakaan kerja. Oleh karena itu penting bagi perusahaan dan para pekerja untuk menerapkan kesalamatan dan kesehatan kerja untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan baik jasmani maupun rohani para pekerja.

    BalasHapus
  25. Nama : sela eka putri
    NPM : -
    Menurut saya tentang gamabar tersebut adalah para pekerja di dalam gambar tersebut kurang menerapkan K3 di dalam pekerjaan, mereka hanya menggunakan APD sekedarnya saja, tidak sesuai dengan standart K3 yaitu menggunakan APD yang diwajibkan serta tidak memenuhi semua syarat- syarat k3 yang telah di tetapkan.
    Seperti yang diungkapkan oleh America Society of safety and Engineering (ASSE) K3 diartikan sebagai bidang kegiatan yang ditujukan untuk mencegah semua jenis kecelakaan yang ada kaitannya dengan lingkungan dan situasi kerja. Untuk mencegah kecelakaan dan memperkecil terjadinya suatu resiko cidera dalam suatu pekerjaan, terdapat persyaratan yang harus dipenuhi oleh pekerja yaitu :
    1. Mencegah, mengurangi & memadamkan kebakaran.
    2. Mencegah & mengurangi bahaya peledakan.
    3. Memberi jalur evakuasi keadaan darurat.
    4. Memberi P3K Kecelakaan Kerja.
    5. Memberi APD (Alat Pelindung Diri) pada tenaga kerja.
    6. Mencegah & mengendalikan timbulnya penyebaran suhu, kelembaban, debu, kotoran, asap, uap, gas, radiasi, kebisingan & getaran.
    7. Mencegah dan mengendalikan Penyakit Akibat Kerja (PAK) dan keracunan.
    8. Penerangan yang cukup dan sesuai.
    9. Suhu dan kelembaban udara yang baik.
    10. Menyediakan ventilasi yang cukup.
    11. Memelihara kebersihan, kesehatan & ketertiban.
    12. Keserasian tenaga kerja, peralatan, lingkungan, cara & proses kerja.
    13. Mengamankan & memperlancar pengangkutan manusia, binatang, tanaman & barang.
    14. Mengamankan & memelihara segala jenis bangunan.
    15. Mengamankan & memperlancar bongkar muat, perlakuan & penyimpanan barang
    16. Mencegah tekena aliran listrik berbahaya.
    17. Menyesuaikan & menyempurnakan keselamatan pekerjaan yang resikonya bertambah tinggi.
    Sedangkam yang di maksud oleh alat perlindungan diri adalah kelengkapan wajib yang digunakan saat bekerja sesuai dengan bahaya dan resiko kerja untuk menjaga keselamatan tenaga kerja itu sendiri maupun orang lain di tempat kerja, seperti alat perlindungan kepala, alat perlindungan muka dan mata, alat perlindungan pendengaran, alat perlindungan pernafasan, alat perlindungan kaki, alat perlindungan tangan , alat pelindung ketinggian, alat pelindung tubuh, pelampung, sabuk pengamana dan jas hujan.

    BalasHapus
  26. setelah saya amati gambar diatas saya menyimpulkan bahwa kecelakaan kerja dapat terjadi kapan saja dan dimana saja baik itu disektor informal maupun formal.Untuk itu sangat diperlukan suatu standar perlindungan bagi semua tenaga kerja terkait yang disebut dengan K3 yang didalamnya memuat aturan-aturan keselamatan bagi perusahaan maupun perorangan dalam menjalankan aktivitas pekerjaannya,sehingga pekerja terlindungi dalam pekerjaanya baik dari segi keselamatan maupun kesehatan dirinya,selain itu pekerja juga akan merasa aman dan nyaman didalam bekerja bila K3 betul-betul dijalankan.K3 merupakan tanggung jawab bersama baik perseorangan,perusahaan maupun pemerintah,apabila K3 benar-benar diterapkan didalam suatu pekerjaan maka kecelakaan kerja dapat diminimalisir.

    BalasHapus
  27. Setelah memperhatikan gambar diatas, komentar saya adalah sebagai berikut :

    Banyak sekali resiko atau bahaya yang harus dihadapi oleh pekerja dalam melaksanakan proses pekerjaannya, tidak hanya dapat menyebabkan kecelakaan - kecelakaan kecil bahkan bisa membahayakan nyawa para pekerja.

    Banyak sekali kerugian materiil yang harus ditanggung oleh perusahaan, pekerja dan masyarakat disekitar lingkungan kerja.

    Perlu adanya upaya pengendalian bahaya ditempat kerja agar pekerja dapat bekerja dengan aman, nyaman, dan terkendali dalam melakukan kegiatan kerja sehingga diperoleh produktifitas sebagaimana yang diharapkan.

    BalasHapus
  28. Nama : Rani Puja Saputri
    NPM : Belum ada

    K3 merupakan usaha dalam mencegah kemungkinan terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja.
    serta upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan baik jasmani maupun rohani, tenaga kerja pada khususnya dan masyarakat pada umumnya terhadap hasil karya dan budayanya menuju masyarakat adl dan makmur.

    BalasHapus
  29. nama : Ahmad Malikus Soleh

    gambar diatas banyak sekali dampak yang ditimbulkan akibat kecelakaan kerja, baik yang berdapak pada pekerja maupun perusahaan.Bagi pihak perusahaan untuk disarankan untuk menekankan seminimal mungkin terjadinya kecelakaan kerja, dengan jalan antara lain meningkatkan dan menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (k3) dengan baik dan tepat. Bagi karyawan lebih memperhatikan program keselamatan dan kesehatan kerja (k3) dengan bekerja secara disiplin

    BalasHapus
  30. suatu pemikiran betapa pentingnya keselamatan, keutuhan dan kesempurnaan baik jasmaniah maupun rohaniah tenaga kerja pada khusus nya, karna keselamatan kerja adalah kondisi keselamatan yang bebas dari resiko kecelakaan dan kerusakan di mana kita bekerja yang mencakup tentang : kondisi bangunan, kondisi mesin peralatan keselamatan dan kondisi pekerjanya itu sendiri.
    Dan oleh karena itu pekerja wajib di lindungi dan harus benar-benar di perhatikan mengenai kesehatan dan keselamatan kerja yang tidak hanya pemerintah tetapi juga dari berbagai sektor

    BalasHapus
  31. Nama : Fitri Anggraini
    Npm : Belum Ada

    Setelah saya mencermati gambar -gambar diatas, gambar-gambar tersebut menunjukan beberapa contoh bahwa perlunya kita mengetahui ilmu tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk mengendalikan bahaya di tempat kerja agar pekerja dapat bekerja dengan aman, nyaman, dan terkendali dalam melakukan kegiatan kerja sehingga memperoleh produktifitas sebagai mana yang diharapkan. Sebagaimana telah di jelaskan bahwa K3 dapat dilakukan di semua tempat kerja termasuk pada sektor informal seperti petani, industri rumahan, dan lainya. Terutama pekerja informal yang semestinya memperoleh penanganan K3, sebab biasanya hal ini ditanggung oleh pekerja itu sendiri, lain halnya pekerja sektor formal yang sudah ditanggung jaminannya oleh perusahaan. Untuk itu perlu dipelajari tentang bahan/materi tentang Pengertian, Sejarah, Tujuan, Organisasi & Perundangan K3, Bahan & Risiko Bahaya, Kesehatan Kerja & Penyakit Akibat Kerja,
    Keselamatan Kerja & Kecelakaan Kerja, Ergonomi & Sikap Kerja, Sistem Manajemen K3 dan Produktifitas Kerja.


    BalasHapus
  32. Pada gambar di atas merupakan contoh dari kasus-kasus keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Pada gambar tersebut diperlihatkan bahwa kecelakaan kerja dapat terjadi dimana saja, oleh karena itu penerapan K3 sangatlah penting dalam bekerja.

    Kejadian pada gambar-gambar tersebut dapat terjadi apabila pekerja tidak menerapkan prinsip K3 dalam bekerja yaitu aman dan selamat. Jika diterapkan sesuai dengan prinsipnya maka pekerja akan mengetahui pekerjaan apa yang akan dilakukan, mengetahui langkah/ tahapan dalam pekerjaan tersebut, serta mengetahui bahaya dan cara mengendalikan bahaya-bahaya tersebut sehingga tidak akan/ dapat meminimalisir kecelakaan kerja.

    BalasHapus
  33. Pada gambar tersebut terlihat bahwa dalam suatu pekerjaan yg di jalani memiliki resiko yang mungkin saja dapat terjadi, gambar-gambar tersebut menunjukan beberapa contoh bahwa perlunya kita mengetahui ilmu tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk mengendalikan bahaya di tempat kerja agar pekerja dapat bekerja dengan aman, nyaman, dan terkendali dalam melakukan kegiatan kerja sehingga memperoleh produktifitas sebagai mana yang diharapkan.K3 bertujuan mencegah, mengurangi, bahkan menihilkan risiko kecelakaan kerja (zero accident). Penerapan konsep ini tidak boleh dianggap sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja yang menghabiskan banyak biaya (cost) perusahaan, melainkan harus dianggap sebagai bentuk investasi jangka panjang yang memberi keuntungan yang berlimpah pada masa yang akan datang.

    BalasHapus
  34. Nama :Dian Sandrawati
    NPM : belum ada

    Menurut saya pada gambar di atas banyak macam - macam kecelakaan kerja tidak hanya kecelakaan kecil namun bisa menyebabkan kematian pekerja serta berdampak pada perusahaan. Sehingga diperlukan K3 yang bertujuan mencegah, mengurangi resiko dan terdapat aturan - aturan yang mengatur keselamatan kerja .K3 merupakan tanggung jawab bersama baik perseorangan,perusahaan maupun pemerintah,apabila K3 benar-benar diterapkan didalam suatu pekerjaan maka kecelakaan kerja dapat diminimalisir, namun pada kenyataannya terlihat bahwa gambar diatas tidak menerapkan prinsip K3 sehingga dimungkinkan terjadi resiko keselamatan dan kesehatan para pekerjanya.

    BalasHapus
  35. setelah mengamati gambar di atas saya dapat menyimpulkan bahwa,dalam melakukan aktifitas kerja,pekerja banyak beresiko mengalami kecelakaan pada saat bekerja.baik yang bersifat teknis ataupun yang di sebabkan oleh human eror.oleh karna itu sangat di perlukan upaya untuk mencegah atau memperkecil resiko tersebut.dengan menerapkan K3 baik secara perorangan ataupun perusahaan,sehingga pekerja dapat merasa aman dan dapat bekerja secara optimal untuk meningkatkan hasil produktifitas secara maksimal.

    BalasHapus
  36. Eniwati
    Melihat gambar diatas bahwa keselamatan dan kesehatan pekerjà harus mendapat perlindungan dafi pemerintah,perusahaan dan pekerja itu sendiri.Dalam melaksànakan kerja pekerja harus menjaga kesehatannya sendiri dan kesehatan lingkungan di tempat kerja.Dengan diterapkan K3 oleh sektor informal dan formal maks pekerja dalam keadaan aman,sehat dan selamat baik pada waktu melaksanakan kerja maupun sesudah nya.

    BalasHapus
  37. setelah melihat gambar di atas dapat disimpulkan bahwa penting nya k3 terhadap perusahaan agar pekerja tidak terkena resiko kecelakaan kerja, dan peranan pemerintah harus tegas kepada perusahaan yang tidak menerapkan sistem k3 di perusahaan dan memberikan sanksi di perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  38. Siska Aulia Sari (NPM belum ada)
    Pada gambar di atas terlihat bahwa apa pun jenis pekerjaan mempunyai resiko terjadinya kecelakaan baik yang disebabkan oleh individu yang bersangkutan, peralatan kerja maupun lingkungan dan atau alam. Individu berpotensi menyebabkan kecelakaan bagi dirinya atau bagi orang lain yang disebabkan akibat kelalaian dalam menjalankan disiplin kerja, tidak sesuai dengan standar dan tidak mengikuti prosedur yang ditetapkan, tidak menggunakan alat pelindung diri yang ditetapkan oleh perusahaan, dan lain-lain. Peralatan kerja juga dapat menyebabkan kecelakaan apabila peralatan tersebut tidak dilakukan pengecekan atau pengkalibrasian pada waktu yang telah ditetapkan sehingga peralatan yang harusnya tidak layak pakai namun masih digunakan, misalnya kendaraan proyek. Lingkungan yang dapat membahayakan pekerja misalnya jalan yang curam, lokasi proyek yang rawan bencana alam, konstruksi tanah yang tidak padat sehingga mudah longsor atau bergerak, dan lain-lain.
    Oleh karena itu diperlukan kedisiplinan, standar dan prosedur kerja yang jelas dan pemahaman terhadap resiko kerja serta alat pelindung diri yang tepat untuk meminimalkan terjadinya kecelakaan kerja. Dengan lingkungan kerja yang aman dan sehat, maka produktifitas perusahaan ataupun perorangan akan meningkat sehingga hajat hidup pun mejadi lebih baik.

    BalasHapus
  39. Nama : Nawang Shandy

    Dari gambar diatas dapat dilihat betapa pentingnya menerapkan k3 didalm pekerjaan, karena k3 harus dilakukan disemua tempat kerja termasuk faktor formal ataupun informal. K3 sangat diperlukan ditempat kerja karena untuk menghindari kecelakaan kerja, resiko atau bahaya penyakit yang diakibatkan dari tempat kerja. Karena k3 bukan hanya tanggung jawab pemerintah,perusahaan atau asuransi, tetapi juga tanggung jawab setiap individu yang bekerja, karena keamanan. Harus dimulai dari diri sendiri, pelatihan khusus yg dibutuhkan untuk pekerjaan yang akan diambil, manajemen dan mengetahui resiko dalam bekerja merupakan langkah pertama untuk mengantisipasi dan melindungi diri dari resiko sebuah pekerjaan, oleh sebab itu sangat penting menerapkan k3 didalam pekerjaan

    BalasHapus
  40. setelah mengamati gambar di atas saya dapat menyimpulkan bahwa,dalam melakukan aktifitas kerja,pekerja banyak beresiko mengalami kecelakaan pada saat bekerja.baik yang bersifat teknis ataupun yang di sebabkan oleh human eror.oleh karna itu sangat di perlukan upaya untuk mencegah atau memperkecil resiko tersebut.dengan menerapkan K3 baik secara perorangan ataupun perusahaan,sehingga pekerja dapat merasa aman dan dapat bekerja secara optimal untuk meningkatkan hasil produktifitas secara maksimal.Oleh karena itu diperlukan kedisiplinan, standar dan prosedur kerja yang jelas dan pemahaman terhadap resiko kerja serta alat pelindung diri yang tepat untuk meminimalkan terjadinya kecelakaan kerja. Dengan lingkungan kerja yang aman dan sehat, maka produktifitas perusahaan ataupun perorangan akan meningkat sehingga hajat hidup pun mejadi lebih baik.

    BalasHapus
  41. Kesehatan dan Keelamatan Kerja (K3) merupakan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan baik jasmaniah maupun rohaniah tenaga kerja, yang mempunyai prinsip aman dan selamat, terhindar dari sebuah kecelakaan kerja. K3 bertujuan untuk mencegah, mengurangi dan menihilkan resiko kecelakaan kerja (zero accident).
    Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa : banyak sekali dampak yang ditimbulkan akibat kecelakaan kerja baik bagi pekerja maupun perusahaan. karna itu penerapan konsep K3 tidak boleh dianggap sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja yang menghabiskan banyak biaya (cost) perusahaan, melainkan harus dianggap sebagai bentuk investasi jangka panjang yang memberi keuntungan yang berlimpah pada masa yang akan datang.

    BalasHapus
  42. Prayoga Yushananta
    Dari gambar diatas dapat dijelaskan bahwa KERJA tanpa suatu perencanaan yang matang akan berakibat FATAL. Didalam prosesnya bekerja itu sendiri maka haruslah memperhatikan K3 baik itu disektor formal maupun informal agar supaya para pekerja itu tetap aman, sehat, dan selamat selama bekerja maupun sesudahnya.

    BalasHapus
  43. Rita Ayu Sari Setiawan,

    Setelah mengamati gambar di atas k3 ( kesehatan dan keselamatan kerja)merupakan upaya kesehatan terpenting yang harus di terapkan oleh pekerja itu sendiri bukan berasal dari perusahaan, Pemerintah, atau pun asuransi jiwa. Bila k3 di terapkan secara informal dan optimal pasti sedikit kemungkinan terjadi nya kecelakaan saat berkeja, para pekerja pun harus tetap disiplin dengan menggunakan k3.

    BalasHapus
  44. Nama : melintamara rika
    NPM : Belum ada

    Setelah diperhatikan gambar diatas bahwa terdapat upaya penerapan K3 yg bertujuan utk menjamin keselamatan & kesehatan kerja baik fisik, sosial & psikologis, perlengkapan & peralatan kerja yg tdk digunakan sebaik-baiknya, serta hasil produksi tdk dipelihara keamanannya. Jika tempat kerja aman dan sehat, setiap orang dpt melanjutkan pekerjaan mereka secara efektif & efisien. Sebaliknya, jika tempat kerja tdk terorganisir & banyak terdpt bahaya & kerusakan tak terhindarkan mengakibatkan hilangnya pendapatan bagi pekerja & produktivitas berkurang bagi perusahaan. Oleh karna itu K3 merupakan tanggung jawab dari semua kalangan baik itu masyarakat, pemerintah, pengusaha serta pekerja itu sendiri.

    BalasHapus
  45. Dinda Putri Pramezuri

    Keselamatan dan kesehatan kerja itu sendiri merupakan salah satu bentuk upaya untuk menciptakan tempat kerja yang aman, sehat, bebas dari pencemaran lingkungan, sehingga dapat mengurangi dan bebas dari kecelakaan kerja dan tidak terjadi gangguan kesehatan pada pekerja dan lingkungan sekitar.
    Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa dalam setiap aktifitas kerja, pekerja terpapar resiko kecelakaaan, baik yang disebabkan teknis maupun human eror. Sehingga perlu upaya untuk meminimalisir resiko tersebut dengan penerapan program K3, guna meningkatkan keselamatan dan keamanan pekerja, yang pada akhirnya jg dapat meningkatkan produktifitas perusahaan.

    BalasHapus
  46. Muhammad ESHA adesha

    K3 ( kesehatan dan keselamatan kerja) ini sangat penting bagi para pekerja seperti di perusahaan maupun individu. Peralatan kerja yang kurang maksimal juga dapat menyebabkan kecelakaan apabila peralatan tersebut tidak dilakukan pengecekan atau pengkalibrasian pada waktu yang telah ditetapkan sehingga peralatan yang harusnya tidak layak pakai namun masih digunakan, misalnya kendaraan proyek. Maka dari pada itu para pekerja harus selalu disiplin menggunakan k3 agar tidak fatal dalam bekerja.

    BalasHapus
  47. miftakhul istiqomah

    setelah mengamati gambar diatas dapat disimpulkan bahwa bahaya dapat terjadi pada setiap pekerjaan, sehingga perlu waspada terhadap kondisi sekitar dan mampu mengendalikan bahaya dengan cara menurunkan risiko bahaya.
    dalam melakukan pengendalian tersebut dapat dilakukan dengan cara menganalisa faktor risiko terlebih dahulu sebelum menetapkan upaya yang tepat untuk pengendalian kecelakaan kerja.
    keselamatan dan kesehatan kerja merupakan tujuan umum yang akan dicapai, terutama bagi para pekerja yang informal. sebab pekerjaan informal tidak ada yang bertanggung jawab dengan apapun yang terjadi kecuali diri sendiri.

    BalasHapus
  48. retno rahayu

    menurut saya dalam kegiatan pasti memiliki bahaya, hanya saja tingkat bahaya yang membedakannya. bagi jenis pekerjaan ringan maka memiliki bahaya yang cukup ringan, contohnya pekrjaan yang dilakukan di dalam ruangan. maka apabila terjadi kesalahan dalam pekerjaan maka bahaya yang akan terjadi bersifat jangka panjang. namun sebaliknya untuk pekerjaan yang berada diluar rungan dengan menggunakan alat-alat berat memiliki tingat bahaya yang lebih. oleh karena itu pengendalian kecelakaan kerja dilakukan berbeda-beda berdasarkan jenis pekerjaan yang dilakukan agar tercapainya tujuan yaitu keselamatan dan kesehatan kerja.
    kegiatan ini perlu dilakukan dalam segala jenis pekerjaan untuk memperoleh hasil kerja yang maksimal

    BalasHapus
  49. Ancha pramudia whardana

    Kesehatan dan Keelamatan Kerja (K3) merupakan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan baik jasmaniah maupun rohaniah tenaga kerja, yang mempunyai prinsip aman dan selamat, terhindar dari sebuah kecelakaan kerja. K3 bertujuan untuk mencegah, mengurangi dan menihilkan resiko kecelakaan kerja (zero accident).
    Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa : banyak sekali dampak yang ditimbulkan akibat kecelakaan kerja baik bagi pekerja maupun perusahaan. karna itu penerapan konsep K3 tidak boleh dianggap sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja yang menghabiskan banyak biaya (cost) perusahaan, melainkan harus dianggap sebagai bentuk investasi jangka panjang yang memberi keuntungan yang berlimpah pada masa yang akan datang.

    BalasHapus
  50. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  51. Nama : Nawang Shandy

    Dari gambar diatas dapat dilihat betapa pentingnya menerapkan k3 didalm pekerjaan, karena k3 harus dilakukan disemua tempat kerja termasuk faktor formal ataupun informal. K3 sangat diperlukan ditempat kerja karena untuk menghindari kecelakaan kerja, resiko atau bahaya penyakit yang diakibatkan dari tempat kerja. Karena k3 bukan hanya tanggung jawab pemerintah,perusahaan atau asuransi, tetapi juga tanggung jawab setiap individu yang bekerja, karena keamanan. Harus dimulai dari diri sendiri, pelatihan khusus yg dibutuhkan untuk pekerjaan yang akan diambil, manajemen dan mengetahui resiko dalam bekerja merupakan langkah pertama untuk mengantisipasi dan melindungi diri dari resiko sebuah pekerjaan, oleh sebab itu sangat penting menerapkan k3 didalam pekerjaan

    BalasHapus
  52. Nama : Robby Dewan Tanjung
    Npm : Belum Ada

    Kesimpulan yang dapat diambil setelah mengamati gambar diatas adalah bahwa penting nya k3 terhadap perusahaan agar pekerja tidak lagi terkena resiko kecelakaan kerja serta peranan pemerintah harus tegas kepada perusahaan yang tidak menerapkan sistem k3 dan memberikan sanksi di perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  53. Nama : Siti Nur Afenda
    NPM : 15410069P

    Mengenai gambar diatas terlihat bahwa dalam suatu pekerjaan yg di jalani memiliki resiko yang mungkin saja dapat terjadi pada pekerja itu sendiri. Pekerja wajib dilindungi dan diperhatikan benar2 mengenai kesehatan dan keselamatan kerjanya.. Baik di sektor formal maupun informal. Pekerja itu sendiri harus juga perduli terhadap lingkungan kerja nya agar lingkungan kerjanya tetap sehat sehingga kesehatan pekerja itu sendiri terjamin.. Oleh karna nya seluruh bagian kehidupan baik masyarakat pemerintah pengusaha pekerja harus sama2 mengerti mengenai pentingnya penerapan K3 agar bukan hanya sehat tetapi juga selamat dalam menjalankan tugas dan kewajibannya dalam bekerja.

    BalasHapus
  54. Nama : sintya pramita
    Npm : 15410067P

    Pada gambar di atas tampak jelas bahwa tidak terdapat upaya penerapan K3 yg bertujuan untuk menjamin keselamatan & kesehatan kerja baik fisik, sosial & psikologis, perlengkapan & peralatan kerja yg tdk digunakan sebaik-baiknya, serta hasil produksi tdk dipelihara keamanannya. Jika tempat kerja aman dan sehat, setiap orang dpt melanjutkan pekerjaan mereka secara efektif & efisien. Sebaliknya, jika tempat kerja tdk terorganisir & banyak terdpt bahaya & kerusakan tak terhindarkan mengakibatkan hilangnya pendapatan bagi pekerja & produktivitas berkurang bagi perusahaan. Oleh karna itu K3 merupakan tanggung jawab dari semua kalangan baik itu pemilik usaha , pemerintah, pekerja , dan masyarakat

    BalasHapus
  55. nama : mirza zainunnisa
    npm : 15410048p
    hadir

    Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan salah satu bentuk upaya untuk menciptakan tempat kerja yang aman, sehat, bebas dari pencemaran lingkungan, sehingga dapat mengurangi dan bebas dari kecelakaan kerja dan tidak terjadi gangguan kesehatan pada pekerja dan lingkungan sekitar. keselamatan dan kesehatan tenaga kerja sangat perlu diperhatikan guna mencegah atau melindungi tenaga kerja terhadap resiko bahaya dalam melakukan pekerjaan serta mencegah terjadinya kerugian akibat kecelakaan maupun resiko bahaya yang lain seperti kebakaran. Namun k3 tidak efektif apabila pimpinan dan pegawai tidak bersama-sama dalam melaksanakan program K3.

    BalasHapus
  56. Muhamad Roni
    15410052P
    setelah melihat gambar diatas terlihat bahwa dalam suatu pekerjaan yg di jalani memiliki resiko yang mungkin saja dapat terjadi pada pekerja itu sendiri. Pekerja wajib dilindungi dan diperhatikan benar2 mengenai kesehatan dan keselamatan kerjanya.. Baik di sektor formal maupun informal. Pekerja itu sendiri harus juga perduli terhadap lingkungan kerja nya agar lingkungan kerjanya tetap sehat sehingga kesehatan pekerja itu sendiri terjamin.. Oleh karna nya seluruh bagian kehidupan baik masyarakat pemerintah pengusaha pekerja harus sama2 mengerti mengenai pentingnya penerapan K3 agar bukan hanya sehat tetapi juga selamat dalam menjalankan tugas dan kewajibannya dalam bekerja

    BalasHapus
  57. Iweni Swari Agustin
    15410046P

    Menurut saya tentang gamabar tersebut adalah para pekerja di dalam gambar tersebut kurang menerapkan K3 di dalam pekerjaan, mereka hanya menggunakan APD sekedarnya saja, tidak sesuai dengan standart K3 yaitu menggunakan APD yang diwajibkan serta tidak memenuhi semua syarat- syarat k3 yang telah di tetapkan.
    Seperti yang diungkapkan oleh America Society of safety and Engineering (ASSE) K3 diartikan sebagai bidang kegiatan yang ditujukan untuk mencegah semua jenis kecelakaan yang ada kaitannya dengan lingkungan dan situasi kerja. Untuk mencegah kecelakaan dan memperkecil terjadinya suatu resiko cidera dalam suatu pekerjaan, terdapat persyaratan yang harus dipenuhi oleh pekerja yaitu :
    1. Mencegah, mengurangi & memadamkan kebakaran.
    2. Mencegah & mengurangi bahaya peledakan.
    3. Memberi jalur evakuasi keadaan darurat.
    4. Memberi P3K Kecelakaan Kerja.
    5. Memberi APD (Alat Pelindung Diri) pada tenaga kerja.
    6. Mencegah & mengendalikan timbulnya penyebaran suhu, kelembaban, debu, kotoran, asap, uap, gas, radiasi, kebisingan & getaran.
    7. Mencegah dan mengendalikan Penyakit Akibat Kerja (PAK) dan keracunan.
    8. Penerangan yang cukup dan sesuai.
    9. Suhu dan kelembaban udara yang baik.
    10. Menyediakan ventilasi yang cukup.
    11. Memelihara kebersihan, kesehatan & ketertiban.
    12. Keserasian tenaga kerja, peralatan, lingkungan, cara & proses kerja.
    13. Mengamankan & memperlancar pengangkutan manusia, binatang, tanaman & barang.
    14. Mengamankan & memelihara segala jenis bangunan.
    15. Mengamankan & memperlancar bongkar muat, perlakuan & penyimpanan barang
    16. Mencegah tekena aliran listrik berbahaya.
    17. Menyesuaikan & menyempurnakan keselamatan pekerjaan yang resikonya bertambah tinggi.
    Sedangkam yang di maksud oleh alat perlindungan diri adalah kelengkapan wajib yang digunakan saat bekerja sesuai dengan bahaya dan resiko kerja untuk menjaga keselamatan tenaga kerja itu sendiri maupun orang lain di tempat kerja, seperti alat perlindungan kepala, alat perlindungan muka dan mata, alat perlindungan pendengaran, alat perlindungan pernafasan, alat perlindungan kaki, alat perlindungan tangan , alat pelindung ketinggian, alat pelindung tubuh, pelampung, sabuk pengamana dan jas hujan.

    BalasHapus
  58. Nama : Tuwuh Rahayu
    NPM : 15410018P
    Hadir....
    Pada gambar diatas terlihat bahwa dalam suatu pekerjaan yg di jalani memiliki resiko yang mungkin saja dapat terjadi, gambar-gambar tersebut menunjukan beberapa contoh bahwa perlunya kita mengetahui ilmu tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk mengendalikan bahaya di tempat kerja agar pekerja dapat bekerja dengan aman, nyaman, dan terkendali dalam melakukan kegiatan kerja sehingga memperoleh produktifitas sebagai mana yang diharapkan.K3 bertujuan mencegah, mengurangi, bahkan menihilkan risiko kecelakaan kerja (zero accident). Penerapan konsep ini tidak boleh dianggap sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja yang menghabiskan banyak biaya (cost) perusahaan, melainkan harus dianggap sebagai bentuk investasi jangka panjang yang memberi keuntungan yang berlimpah pada masa yang akan datang.

    BalasHapus
  59. Nama : Uyung Nurrohman
    NPM : 15410087P

    Menurut dari saya tentang gambar tersebut ialah para pekerja di dalam gambar tersebut kurang menerapkan K3 di dalam pekerjaan, mereka hanya menggunakan APD sekedarnya saja, tidak sesuai dengan standart K3 yaitu menggunakan APD yang diwajibkan serta tidak memenuhi semua syarat- syarat k3 yang telah di tetapkan.
    Seperti yang diungkapkan oleh America Society of Safety and Enginering (ASSE) K3 diartikan sebagai bidang kegiatan yang ditujukan untuk mencegah semua jenis kecelakaan yang ada kaitannya dengan lingkungan dan situasi kerja.

    BalasHapus
  60. Nama : Riski Aryanti
    NPM : 15410059P
    hadir

    dari gambar diatas dapat kita lihat bahwa dalam suatu pekerjaan yg di jalani memiliki resiko yang mungkin saja dapat terjadi pada pekerja itu sendiri. Pekerja wajib dilindungi dan diperhatikan mengenai kesehatan dan keselamatan kerjanya.. Baik di sektor formal maupun informal. dan untuk pekerjanya sendiri juga harus perduli terhadap lingkungan kerja nya agar tetap sehat sehingga kesehatannya pun terjamin.. Oleh karna itu seluruh bagian kehidupan baik masyarakat pemerintah pengusaha pekerja harus sama2 mengerti mengenai pentingnya penerapan K3 agar bukan hanya sehat tetapi juga selamat dalam menjalankan tugas dan kewajibannya dalam bekerja

    BalasHapus