26 Sep 2013

Probability

Manfaat probabilitas dalam kehidupan sehari-hari adalah membantu kita dalam mengambil suatu keputusan, serta meramalkan kejadian yang mungkin terjadi. Jika kita tinjau pada saat kita melakukan penelitian, probabilitas memiliki beberapa fungsi antara lain : (1) Membantu peneliti dalam pengambilan keputusan yang lebih tepat. Pengambilan keputusan yang lebih tepat dimaksudkan tidak ada keputusan yang sudah pasti karena kehidupan mendatang tidak ada yang pasti kita ketahui dari sekarang, karena informasi yang didapat tidaklahsempurna.
·    Dengan teori probabilitas kita dapat menarik kesimpulan secara tepat atas hipotesis yang terkait tentang karakteristik populasi.  (2) Menarik kesimpulan secara tepat atas hipotesis (perkiraan sementara yang belum teruji kebenarannya) yang terkait tentang karakteristik populasi pada situssi ini kita hanya mengambil atau menarik kesimpulan dari hipotesis bukan berarti kejadian yang akan dating kita sudah ketehaui apa yang akan tertjadi. (3) Mengukur derajat ketidakpastian dari analisis sampel hasil  penelitian dari suatu populasi. Probabilitas merupakan peluang, dalam penggunaan data kita dapat lihat peluang masing-masing data. pelajari tentang peluang tersebut & diskusikan

16 komentar:

  1. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering dihadapkan dengan beberapa pilihan yang harus kita tentukan memilih yang mana. Biasanya kita dihadapkan dengan kemungkinan-kemungkinan suatu kejadian terjadi dan kita harus pintar-pintar mengambil sikap jika menemukan keadaan apapun. Dalam keadaaan ini kita dihadapkan antara 2 permasalahan, ataupun tentang bahkan lebih. Statistic yang membantu permasalahan dalam hal ini adalah probabilitas.

    BalasHapus
  2. apa menurut saudara yang disebut probabilitas???
    Probabilitas didifinisikan sebagai peluang atau kemungkinan suatu kejadian, suatu ukuran tentang kemungkinan atau derajat ketidakpastian suatu peristiwa (event) yang akan terjadi di masa mendatang

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Menurut saya, Probabilitas adalah kemungkinan yang dapat terjadi dalam suatu peristiwa tertentu. Peristiwa yang belum pasti terjadi.

    BalasHapus
  5. menurut saya probabilitas tu seperti menarikkesimpulan suatu kejadian dan ketidakpastian suatu peristiwa yg akan datang

    BalasHapus
  6. menurut saya probabilitas adalah ukuran atau perkiraan berapa besar kemungkinan bahwa sesuatu akan terjadi atau bahwa pernyataan itu benar. jadi probabilitas itu baru kemungkinan saja dan probabilitas mempermudah untuk mengambil keputusan seperti seorang menejer mengambil keputusan

    BalasHapus
  7. menurut saya probabilitas adalah ukuran seberapa besar kemungkinan suatu kejadian akan terjadi di masa yang akan datang.

    BalasHapus
  8. menurut saya probabilitas adalah suatu ukuran tentang peluang, kemungkinan atau ketidakpastian suatu peristiwa yag akan terjadi sebagai acuan untuk mengambil keputusan.
    Sebagai contohnya dalam kehidupan sehari - hari misalkan saja pada saat kita ingin bepergian, kita melihat langit terlihat mendung. Dalam keadaaan ini kita dihadapkan antara 2 permasalahan, yaitu kemungkinan terjadinya hujan serta kemungkinan langit hanya mendung saja dan tidak akan turun hujan.

    BalasHapus
  9. Probabilitas:
    adalah harga perbandingan jumlah kejadian (A) yang mungkin dapat terjadi terhadap (N) jumlah keseluruhan kejadian yang mungkin terjadi dalamsebuah peristiwa atau Harga angka yang menunjukkan seberapa besar kemungkinan suatu peristiwa terjadi, di antara keseluruhan peristiwa yang mungkin terjadi.

    BalasHapus
  10. Menurut saya probabilitas adalah pengambilan keputusan atau menarik kesimpulan dalam suatu keadaan yang terjadi dimasa yg akan datang.

    BalasHapus
  11. probabilitas adalah suatu tolak akur untuk mengambil keputusan bisa juga dibilang untuk pertimbangan dalam mengambil keputusan

    BalasHapus
  12. terima kasih untuk semua yang memberikan pendapatnya, mari kita perbanyak baca tentang tata cara menghitung probabilitas tersebut

    BalasHapus
  13. Menurut saya probabilitas adalah :
    hasil bagi dari banyaknya peristiwa yang mungkin terjadi dalam jangka panjang jika kondisi stabil, maupun cara untuk mengungkapkan pengetahuan atau kepercayaan bahwa kemungkinan terjadinya suatu kejadian.

    BalasHapus
  14. Probabilitas didifinisikan sebagai peluang atau kemungkinan suatu kejadian, suatu ukuran tentang kemungkinan atau derajat ketidakpastian suatu peristiwa (event) yang akan terjadi di masa mendatang.

    BalasHapus
  15. Probabilitas adalah hasil bagi dari layaknya peristiwa untuk mengambil keputusan yang mungkin terjadi dalam jangka panjang

    BalasHapus
  16. Probabilitas adalah perkiraan dalam pengambilan keputusan yang dapat disimpulkan dengan cara mengukur derajat ketidakpastian suatu kejadian atau peristiwa yang mungkin terjadi.

    BalasHapus