16 Sep 2014

Masalah

Seperti telah dikemukakan bahwa pada dasarnya penelitian itu dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan data yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah. Awal dilakukannya penelitian adalah ditemukannya suatu masalah.
asalah adalah kesenjangan (discrepancy) antara apa yang seharusnya (harapan) dengan apa yang ada dalam kenyataan sekarang. Perlu diingat bahwa tidak semua masalah dapat di jadikan sebagai masalah penelitian. Masalah yang dapat menjadi masalah dalam penelitan adalah masalah yang memerlukan jawaban melalui penelitian cukup banyak dan bervariasi.

Masalah dapat di cari dari berbagai sumber seperti pengalaman pribadi, tempat pelayanan kesehatan, jurnal penelitian, referensi/buku teks, dan dapat berdasarkan pada data pra penelitian/pra survei. Karakteristik masalah yang baik adalah masalah yang menarik perhatian anda (khususnya berhubungan dengan kebidanan) serta dapat bermanfaat bagi kelompok individu (masyarakat/khususny ibu, anak), dapat mengundang kompleksitas rancangan, serta sesuai dengan kemampuan calon peneliti (waktu, topik) dan tidak bertentangan dengan moral. Masalah-masalah apakah yang merupakan ruang lingkup di bidang kebidanan?
lanjutkan pada slide berikutnya dengan klik disini

11 komentar:

  1. Ria wijayanti sari m / 12340079 / DIV kebidanan
    maaf pak. Menurut saya masalah - masalah dalam lingkup dibidang kebidanan meliputi banyak hal yang mana solusinya memilik variasi pro dan kontra, contoh tentang masalah - masalah MTBS yang mna saat ini manejemennya kurang baik diterima oleh masyarakat yang masih awam sengan kinerja MTBS tersebut selain itu jga masyarakat banyak yang belum tahu apa itu program MTBS. Dan disini saya pertanyakan masalah - masalah pembuatan riset apakah hanya dalam ruang lingkup kebidanan saja yang bisa kita ambil ?

    BalasHapus
  2. umi kalsum a tinumbang / 123340095 / dIV Kebidanan
    maaf pak. masalah masalah yang merupakan ruang lingkup kebidanan menurut saya antara lain menyangkut dari masalah yang berhubungan dengan mortalitas dan morbilitas pada bayi baru lahir.maaf pak saya mau bertanya , apakah kita sebagai peneliti mempunya batasan batasan dalam meneliti ?

    BalasHapus
  3. sri Dewi Wulandari / 12340086 / DIV kebidanan. maaf pak menurut saya masalah yang terjadi dimasayrakat yang termasuk dalam lingkup kebidanan antara lain adalah masalah yang terjadi pada Anak-anak perempuan , Remaja putri ,WUS (wanita usia subur),Wanita hamil ,Ibu Bersalin
    ,bu nifas & menyusui ,Bayi baru lahir (BBL),Bayi & Balita , Keluarga, Kelompok & masyarakat, Ibu / wanita dg gang sitem reproduksi .

    BalasHapus
  4. Maaf pak menurut sumber yg saya ketahui, masalah dalam ruang ligkup kebidanan meliputi masalah kesehatan ibu dan anak, Bayi baru lahir (BBL), bayi, balita, anak perempuan, remaja putri, wanita pranikah, wanita selama masa hamil, bersalin dan nifas, wanita pada masa interval dan wanita menopause. Contohnya seperti yg kita ketahui menurut data AKI pada tahun 2012 meningkat yakni 359/100 ribu kelahiran Hidup. Dan faktor terbesar penyebab kematian ibu yaitu perdarahan, PEB, dan infeksi.

    BalasHapus
  5. tidak ada batasan dalam melakukan penelitian, sehingga peneliti dapat meneksplorasi ilmu apapun sesuai kemampuan n pengetahuanya

    BalasHapus
  6. Maaf pak,menurut sumber yang saya baca saat ini masalah yang terjadi dimasyarakat dalam ruang lingkup kebidanan meliputi Kematian ibu dan bayi, Angka kejadian BBLR, Tingkat kesuburan PUS,Pertolongan persalinan oleh tenaga non kesehatan,Infeksi Menular Seksual (IMS)

    BalasHapus
  7. Nova sisva devi/12340063
    Maaf pak,menurut sumber yang saya baca saat ini masalah yang terjadi dimasyarakat dalam ruang lingkup kebidanan meliputi Kematian ibu dan bayi, Angka kejadian BBLR, Tingkat kesuburan PUS,Pertolongan persalinan oleh tenaga non kesehatan,Infeksi Menular Seksual (IMS)

    BalasHapus
  8. nurul hidayati 12340065
    menurut saya, masalah pada dasarnya merupakan pernyataan yang mampu menggambarkan sesuatu yang ingin diketahui oleh peneliti, dan melalui penelitiannya dia akan mendapatkan jawabannya. dari sumber yang saya ketahui masalah yang mencakup lingkungan kebidanan yaitu
    1. masalah kesehatan reproduksi remaja, meliputi
    masalah kehamilan remaja, masalah aborsi, IMS, HIV AIDS, kurang nya pengetahuan kesehatan reproduksi remaja
    2. masalah kontra indikasi pemberian ASI dan bagaimana cara memberikan obat bagi bayinya yang sedang sakit

    BalasHapus
  9. Erika novi kurniati / 12340106 / DIV KEBIDANAN

    Menurut hasil pemahaman saya,masalah merupakan suatu hal yang antara harapan dengan keinginan serta kenyataan kita.

    Bagaimana maslah bisa terjadi,dan bagaimana masalah yang ada dapat dikembangkan menjadi masalah penelitian serta ada perbandingan nya.
    Serta maslah apa yang belum kita ketahui.

    Dalam lingkup kebidanan banyak sekali masalah yang terjadi kasus-kasus kebidanan
    Diantara nya adalah :
    1. Masalah tentang kesehatan ibu hamil dan tingkat pemenuhan gizi
    2.masalah tentang ibu melahirkan yang banyak terjadi komplikasi
    3.masalah tentang ibu nifas pasca bersalin
    4.penanganan BBL yang menglami banyak gegawatdaruratan neonatal
    5.penanganan kasus Remaja dan penyakit seperti : HIV AIDS dsb

    Pemecahan masalah dapat dilakukan secara sistematis dari pengkajian analisa data,serta diagnosis kebidanan,perencanaan,pelaksanaan dan perlu ada nya evaluasi dalam penyelesaian masalah .
    Terima kasih pak :)

    BalasHapus
  10. nama:nyoman fransgisca
    npm:12340067
    maaf pak , menurut saya ruang lingkup masalah kebidanan itu meliputi masalah yang pertama dibidang kehamilan misalnya para peneliti dapat membahas mengenai perdarahan pervaginam,hipertensi dalam kehamilan ,gizi ibu hamil.yang kedua dividang persalinan misalnya prosespersalinan kala I,II,III,IV,teknik membantu persalinan.yang ketiga yaitu dibidang masa nifas meliputi proses laktasi infeksi,senam nifas.yang keempat dibidang patologi,seperti persalinanan lama/macet,sungsang,distosia dan lain lain,serta dibidang KB misalnya cara kerja iud,danko seling, dibidang komunitas misalnya mengenai AKB,AKI,Aborsi.

    BalasHapus
  11. Novi adriyani /12340064 / D4 Kebidanan

    menurut saya, masalah yang terjadi di masyarakat di ruang lingkup kebidanan itu seperti angka kematian ibu dan anak, BBL, bersalin,nifas dan IMS.

    BalasHapus