16 Sep 2014

Penelitian Kesehatan (=Kebidanan)

Penelitian ilmiah adalah rangkaian pengamatan yang sambung menyambung, berakumulasi dan melahirkan teori-teori yang mampu menjelaskan dan meramalkan fenomena/kejadian. Penelitian ilmiah sering diasosiasikan dengan metode ilmiah sebagai tata cara sistimatis yang digunakan untuk melakukan penelitian.

berdasar hal tersebut bagaimana perjalanan suatu karya tulis/penelitian???

dalam suatu pencarian ada 4 mencari kebenaran sebagai riwayat penelitian (perkembangan metode penelitian), yaitu : periode trial and error (coba-coba), periode authority and traditional (mitos), periode speculation and argumentation (argumentasi dianggap suatu kebenarantanpa pembuktian) dan periode hypothesis and experimentation/metode ilmiah (rasio
    pemikiran penelitia dan pembuktian kebenaran)

Beri komentar bagaimana suatu penelitian dalam kebidanan dapat dilakukan berdasar kata kunci berikut :



baru kemudian, klik disini











34 komentar:

  1. Nama : TRI UTAMI YUNITA
    Kls : B
    Maaf pak hadir

    BalasHapus
  2. Nama : Ratu tiara anggraini
    Kelas : B
    DIV kebidanan
    Maaf pak saya hadir

    BalasHapus
  3. Nama: Ria wijayanti sari m
    Kelas : DIV kebidanan
    Ket. : maaf hadir pak

    BalasHapus
  4. Nama : Erika novi kurniati
    kelas : B
    Maaf pak hadir

    BalasHapus
  5. UMI KALSUM A TINUMBANG
    12340095
    Maaf pak saya hadir

    BalasHapus
  6. SRI DEWI WULANDARI
    12340086
    Maaf pak saya hadir

    BalasHapus
  7. Nama : Indri Retno Palupi
    NPM : 12340104
    Hadir Pak

    BalasHapus
  8. Menurut sumber yang saya ketahui penilitian dapat dilakukan apabila kita mengetahui masalah apa yang terjadi terutama dalam suatu ilmu kebidanan memiliki objek telaahan yang benar dengan landaasan suatu ilmu, bagaimana cara mengetahui apa yang tidak diketahui? Secara umum metode ilmiah pada dasarnya untuk semua ilmu, sama yaitu berupa proses kegiatan induksi-deduksi-verifikasi. Dan penelitian harus memiliki nilai kegunaan/manfaat terutama manfaat dalam ilmu kebidanan. Jadi ketiga kata kunci diatas adalah landasan ilmu suatu penelitian

    BalasHapus
  9. indri retno palupi/12340104/DIV kebidanan
    menurut pendapat saya pak,masalah-masalah ruang lingkup kebidana yang saya ketahui seperti KIA dalam targetnya KIA pada tahun 2015 harus mencapai 100% namun kenyataannya pad atahun 2014 target KIA masih jauh dari targetnya . maaf pak menurut pendapat bapak bagaimana pemecahan masalah KIA target 2015

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalah KIA kompleks, masalah diselesaikan menurut faktor penyebabnya masing-masing

      Hapus
  10. Nama : Suci Audita Putri
    NPM : 12340088

    Membuat suatu penelitian dalam kebidanan dapat dilakukan berdasarkan kata kunci, menurut saya :
    1. Masalah apa yang di ketahui
    Sebelum membuat penelitian kita harus menentukan suatu masalah terlebih dahulu yang bersangkutan dengan ilmu kebidanan. Misalnya mencari masalah di salah satu puskesmas di bandar lampung tentang penyakit yang paling banyak terjadi yang berhubungan tentang kebidanan..

    2. Bagaimana mengetahui apa yang tidak di ketahui
    Cara mengetahui apayang tidak di ketahui yaitu dengan melakukan survei langsung ke salah satu puskesmas di bandar lampung dan bertanya kepada tenaga kesehatan mengenai penyakit yang akan di buat penelitian..

    3. Apa nilai kegunaan pengetahuan baru bagi manusia
    Nilai kegunaan pengetahuan baru bagi manusia yaitu untuk menambah wawasan dan ilmu bagi manusia tersebut. semakin banyak ilmu dan wawasan yang di dapatkan semakin manusia itu memiliki kuatliatas dan nilai plus dalam hidup nya..

    Terimakasih pak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ini bisa menjadi bacaan ttg penjelasan yang baik

      Hapus
  11. Penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat penelitian berlangsung. Pada dasarnya mempelajari intensif seseorang individu atau kelompok yang di pandang mengalami kasus tertentu.
    Begitu menurut saya pak, terimakasih

    BalasHapus
  12. Nama : nia adinka
    Npm : 12340060

    penelitian deskriptif merupakan sebuah metode penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena-fenomena yang ada, dan yang sedang berlangsung saat ini maupun yang lampau. Seperti : berapa lama orang dewasa menghabiskan waktunya untuk bekerja. Penelitian deskriptif, dapat menjelaskan sesuatu kondisi saja, namun dapat juga menjelaskan keadaan da dalam langkah-langkah perkembangannya. Penelitian yang demikian disebut dengan penelitian perkembangan ( developmental studies ). Ada 2 sifat di dalam penelitian perkembangan yakni longitudinal / sepanjang waktu dan cross sectional / dalam potongan waktu.


    BalasHapus
  13. Nama : siska fitriana
    Npm :12340084
    Penelitian ekspos facto = metode yang meneliti hubungan antara sebab dan akibat. Penelitian ini dilakukan terhadap program, kejadian / kegiatan yang sudah berlangsung / telah terjadi. Seperti penelitian tewntang pemberian gizi pada waktu hamil bisa menyebabkan bayi sehat.

    BalasHapus
  14. Nama : Ni ketut nopiyani
    Npm :12340057

    Penelitian tindakan (action research) merupakan penelitian yang diarahkan pada mengadakan pemecahan masalah atau perbaikan. Penelitian ini difokuskan kepada perbaikan proses maupun perbaikan hasil kegiatan.

    BalasHapus
  15. Setiap data dicatat secara cermat, kemudian dikaji, dihubungkan satu sama lain, kalau perlu dibahas dengan peneliti lain sebelum menarik kesimpulan kesimpulan penyebab terjadinya kasus atau persoalan yang ditunjukkan oleh individu tersebut. Studi kasus mengisyaratkan pada penelitian kualitatif. Kelebihan studi kasus dari studi lainnya adalah, bahwa peneliti dapat mempelajari subjek secara mendalam dan menyeluruh.
    Nama : oktavia wulandari
    Npm :12340068

    BalasHapus
  16. merupakan proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisis. Ilmuwan melakukan pengamatan serta membentuk hipotesis dalam usahanya untuk menjelaskan fenomena alam. Prediksi yang dibuat berdasarkan hipotesis tersebut diuji dengan melakukan eksperimen.

    Nama : Reni lanova
    Npm :12340073

    BalasHapus
  17. Nova sisva devi/12340063
    Penelitian adalah suatu proses ilmiah yang di dalamnya mencakup sifat intensif dan formal. Karakter intensif dan formal tersebut dikarenakan adanya ikatan terkait dengan urutan, aturan dan juga cara penyajiannya supaya mendapatkan hasil yang bermanfaat serta diakui bagi kehidupan. Menerapkan ketepatan dan ketelitian dalam melakukan penelitian harus dilakukan secara intensif supaya hasilnya bisa dipertanggungjawabkan, bisa memecahkan masalah dengan hubungan sebab akibat, serta bisa diulang kembali dengan menggunakan cara sama dan juga hasil yang sama. 

    BalasHapus
  18. Erika novi kurniati /12340106 / D4 KEBIDANAN

    Menurut hasil pemahaman saya pak,
    Penelitian adalah suatu cara untuk memahami sesuatu melalui penyelidikan /usaha kita sendiri mencari bukti2 yang muncul sehubungan dengan masalah tersebut yang kita teliti.
    Dan dilakukan secara penuh dengan sangat hati-hati sehingga memperoleh pemecahan nya.
    Dan penelitian pun mempunyai batasan limited nya ,sehingga penelitia yang kita lakukan mampu menjafi hasil yang baik dan maksimal . Terima kasih pak zainal :)

    BalasHapus
  19. Menurut sumber yang saya baca penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah untuk menemukan, mengembangkan,dan menguji kebenaran suatu pengetahuan atau masalah guna untuk mencari pemecahan masalah terhadap suatu masalah

    BalasHapus
  20. nama:nyomanfransgisca
    npm:12340067
    menurut sumber yang saya baca secara umum penelitia. adalah cara yangsistematis untuk menjawab masalah yang sedang diteliti dengan menggunakan metode ilmiah yang teratur dan tuntas. menurut Davis(1985)karakteristik metode ilmiah bersifat kritis,analitis,logika,objektif,konseptual,teoritis,dan empiris

    BalasHapus
  21. Penelitian adalah metode ilmiah yg digunakan untuk menemukan,mengembangkan,dan menguji suatu kebenaran atau untuk mencari pemecahan masalah dari suatu masalah

    BalasHapus
  22. Penelitian adalah metode ilmiah yg digunakan untuk menemukan,mengembangkan,dan menguji suatu kebenaran atau untuk mencari pemecahan masalah dari suatu masalah. Ninda andayanti sari, npm 12340062

    BalasHapus
  23. Mengetahui apa yang belum di ketahui dengan cara melakukan penelitian langsung ketempat sumber atau ke lapangan. Penelitian yaitu mencari suatu problem atau masalah yang belum di ketahui dengan tujuan menemukan jawaban berdasarkan sumber masalah tersebut. Nama : widi suryaningsih ( 12340098)

    BalasHapus
  24. Menurut saya,penelitian adalah metode ilmiah di gunakan untuk menemukan,mengembangkan,dan menguji suatu kebenaran untuk mencari pemecahan dari suatu masalah secara tuntas.nama:siti Nurzanah (12340085)

    BalasHapus
  25. Nama : Yohana Puspita Saputri Arbi (12340100) menurut saya Pak penelitian itu yaitu suatu kegiatan ilmiah untuk mencari suatu hal hal yang belum di ketahui untuk mencari inti masalah dan bertujuan untuk memecahkan permasalahan tersebut

    BalasHapus
  26. Nama :Wina Anggraini Wahab
    NPm :12340099
    Menurut pendapat saya pak, penetilian dlm kesehatan yaitu dimna dlm proses mencari suatu penyebab seperti seseorg yang mengidap penyakit dan penyakit tersebut belum diketahui tentang penyebab nya karna penyakit tersebut bisa disebut langka, sehingga diadakan penelitian melalui beberapa hal untuk mencari tahu apa penyebab penyakit yg diderita trsbut, dan bagaimana cara pemulihan nya
    Terimakasih

    BalasHapus
  27. NOVI ADRIYANI / 12340064 / D4 Kebidanan

    penelitian ini penting untuk mengidentifikasi ,menjelaskan,mempelajari,membuktikan,mengkaji,memprediksi alternatif pemecahan penelitian,dan menentukan arah dari rencana penelitian yang akan di lakukan.

    BalasHapus
  28. nama: Sukma Ayu Kurniati
    npm :12340089
    DIV kebidanan

    penelitian deskriptif merupakan sebuah metode penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena-fenomena yang ada, dan yang sedang berlangsung saat ini maupun yang lampau. Seperti : berapa lama orang dewasa menghabiskan waktunya untuk bekerja. Penelitian deskriptif, dapat menjelaskan sesuatu kondisi saja, namun dapat juga menjelaskan keadaan da dalam langkah-langkah perkembangannya. Penelitian yang demikian disebut dengan penelitian perkembangan ( developmental studies ).
    Penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat penelitian berlangsung. Pada dasarnya mempelajari intensif seseorang individu atau kelompok yang di pandang mengalami kasus tertentu.
    Begitu menurut saya pak

    BalasHapus
  29. penelitian deskriptif merupakan sebuah metode penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena-fenomena yang ada, dan yang sedang berlangsung saat ini maupun yang lampau. Seperti : berapa lama orang dewasa menghabiskan waktunya untuk bekerja. Penelitian deskriptif, dapat menjelaskan sesuatu kondisi saja, namun dapat juga menjelaskan keadaan da dalam langkah-langkah perkembangannya. Penelitian yang demikian disebut dengan penelitian perkembangan ( developmental studies ).
    Asti/12340103 kelas B

    BalasHapus
  30. Penelitian memegang peranan penting dalam membantu manusia untuk memperoleh pengetahuan baru dalam memecahkan masalah. Penelitian akan menambah ragam pengetahuan lama dalam memecahkan masalah. sintiafebriyana(12340083)

    BalasHapus
  31. Nama; Ria Limekta
    Npm; 12340076
    Kelas; B/ D4 kebidanan

    maaf pak kalau menurut saya penelitian itu cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Cara ilmiah berarti kegiatan penelitian itu didasarkan pada ciri-ciri keilmuan, yaitu rasional, empiris, dan sistematis. Rasional berarti kegiatan penelitian itu dilakukan dengan cara-cara yang masuk akal sehingga terjangkau oleh penalaran manusia. Empiris berarti cara-cara yang dilakukan itu dapat diamati oleh indera manusia, sehingga orang lain dapat mengamati dan mengetahui cara-cara yang digunakan. Sistematis artinya, proses yang digunakan dalam penelitian itu menggunakan langkah-langkah yang tertentu yang bersifat logis. atau dengan kata lain suatu metode studi yang bersifat hati-hati dan mendalam dari segala bentuk fakta yang dapat dipercaya atas masalah tertentu guna membuat pemecahan masalah tersebut.

    BalasHapus