16 Sep 2014

Tujuan

Tujuan merupakan arah dari suatu penelitian. Tujuan penelitian harus disesuaikan dengan rumusan masalah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui masalah-masalah apa saja yang timbul sehingga dapat menyelesaikan masalah tersebut.
Dalam suatu penelitian kesehatan pada umumnya terdiri dari tujuan umum yaitu menyampaikan perihal umum dari suatu masalah topik yang akan diteliti atau untuk mengetahui perihal penyebab masalah penelitian, sedangkan tujuan khusus yaitu menyatakan tujuan penelitian setiap variabel yang ada, sehingga dapat menyelesaikan masalah. Tujuan penelitian berkaitan erat dengan rumusan masalah yang ditetapkan dan jawabannya terletak pada kesimpulan penelitian.
Coba saudara lihat contoh terhadap laporan penelitian yang saudara baca di jurnal &/ perpustakaan, kemudian kritisi bagaimana seharusnya suatu tujuan penelitian tersebut (dapatkan berdasar referensi).Tujuan penelitian sudah dapat di duga dengan lebih dari satu jawaban.

Demikian pertemuan kali ini, jika belum jelas dapat dipertanyakan saat pertemuan konvensional dengan lebih jelas, tetapi saudara secara berkelompok mengkritisi bab pendahuluan yang terdiri dari latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat, pada skripsi senior saudara. Tiap kelompok 5 orang. !!! Bawa catatanya pada minggu berikutnya!!

2 komentar:

  1. apakah saudara sudah jelas dengan apa yang disampaikan dan dengan tugas saudara secara berkolompok untuk melakukan diskusi???

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf pak sejujurnya kami belum mengerti dengan tugas bapak..

      Hapus