29 Jul 2013

Masalah Penelitian

Masalah adalah kesenjangan/problematika status dan mendiskripsikan suatu proses dengan membandingkan dua atau lebih peristiwa komparasi maupun korelasi. Masalah diperoleh dari berbagai sumber seperti : hasil diskusi, pertemuan ilmiah/ seminar, observasi, institusi, serta sumber-sumber ilmiah lainya. Masalah inilah yang akhirnya dikembangkan menjadi rumusan masalah secara ilmiah sesuai kajian teori/ilmu yang ada.

Pertanyaan 1 : Hal apakah yang diperlukan dalam menyusun latar belakang masalah?

Rumusan masalah adalah suatu rumusan kalimat interogatif, mengenai hubungan dua variabel atau lebih, yang belum terjawabkan teori atau penelitian ilmiah. Ilmu dapat membantu peneliti dalam menentukan tujuan dan arah penelitian, memilih konsep atau pengertian yg tepat dalam merumuskan hipotesis. Dari adanya rumusan ini maka dapat dikembangkan menjadi tujuan yang terdiri dari tujuan umum tujuan khusus serta mengarah pada hipotesis.

Pertanyaan 2 : Apa & bagaimanakah hipotesis dibuat?


Setelah saudara menjawab pertanyaan tersebut barulah saudara klik Teori

6 komentar:

  1. 1. Informasi tentang fenomena dan masalah yang akan diteliti.

    2. Hipotesis adalah jawaban sementara terhadap masalah yang masih bersifat praduga karena masih harus dibuktikan kebenarannya.
    Dengan cara mambuat pernyataan yang mengarah pada tujuan penelitian dan dirumuskan dengan jelas.

    BalasHapus
  2. 1. Dalam menyusun latar belakang masalah diperlukan data yang terkait dengan penelitian tersebut.
    2. Hipotesis adalah dugaan sementara terhadap sebuah pertanyaan yang belum terjawab.
    Hipotesis dibuat dengan cara mambuat pernyataan yang mengarah pada tujuan penelitian dan dirumuskan dengan jelas.

    BalasHapus
  3. Anonim itu Shanty pak..

    BalasHapus
  4. 1.teori-teori yang mendukung sesuai dengan masalah yang akan diteliti
    2.hipotesis adalah dugaan sementara, dibuat dengan membuat penyataan yg mengarah pada ada atau tidaknya hubungan dari hasil penelitian

    BalasHapus
  5. 1. Harus ada data yang kuat terkait dalam menyusun latar belakang dlam penelitian tersebut.

    2. Hipotesis adlah dugaan sementara, hipotesis dibuat dengan menggunakan pertanyaan yang mengarah pada pokok permasalahan..

    BalasHapus
  6. 1) yang diperlukan dalam menyusun latar belakang masalah adalah
    => penjelasan dan alasan mengapa masalah atau pertanyaan penelitian yang diteliti itu penting dan menarik untuk diteliti.
    => beberapa bukti bahwa masalah yang diajukan belum ada jawaban atau pemecahan yang memuaskan. Harus dijelaskan bahwa masalah yang diajukan/diteliti belum pernah diteliti oleh siapapun, dan jika ini merupakan penelitian ulang (replikasi) harus dijelaskan alasannya mengapa hal itu dilakukan.
    => kedudukan masalah yang diteliti dalan konteks permasqlqhan yang lebih luas dengan memperhatikan perkembangan bidang yang di kaji.

    2) apa dan bagaimanakah hipotesis dibuat?
    => hipotesis adalah : keterangan.
    a. Yang berupa pernyataan yang mengarah pada tujuan penelitian dan dirumuskan dengan jelas.
    b. Berupa pernyataan yang dirumuskan dengan maksud untuk dapat diuji secara baik. Menunjukkan dengan nyata adanya hubungan antara dua variabel atau lebih. 
    c. Berupa pernyataan yang dikembangkan berdasarkan teori-teori yang lebih kuat dibandingkan dengan hipotesis rivalnya dan didukung oleh teori-teori yang dikemukakan oleh para ahli atau hasil penelitian yang relevan. 

    BalasHapus