31 Jul 2013

Variabel


Variabel Penelitian adalah suatu atribut, nilai/sifat dari objek, individu / kegiatan yang mempunyai banyak variasi tertentu antara satu dan lainnya yang telah ditentukan oleh peneliti untuk dipelajari dan dicari Informasinya serta ditarik kesimpulannya.
 
Sugiyono (2009:38): variabel penelitian pada dasarnya adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh onformasi tentang hal tersebut, kemudian ditarik kesimpulannya

Macam Variabel
1)      Variabel Independen (variabel stimulus/ prediktor/antecendent/eksogen/bebas) adalah variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahan atau timbulnya variabel dependen (terikat) (Sugiyono,2009: 39).
2)      Variabel dependen (variabel output/kriteria/ konsekuen/endogen/ terikat) adalah variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat karena adanya variabel bebas.
3)      Variabel moderator (variabel independen kedua), adalah variabel yang mempengaruhi (memperkuat/ memperlemah) hubungan antara variable independen dengan variabel dependen.
4)      Variabel intervening (variabel penyela/antara), adalah variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen menjadi hubungan tidak langsung dan tidak dapat diamati atau diukur.Trucman (1988) dalam Sugiyono (2009: 41).
5)      Variabel kontrol adalah variabel yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga pengaruh variabel independen terhadap dependen tidak dipengaruhi oleh faktor luar yang tidak diteliti.

6)      Variabel luar (epsilon (ε)) adalah variabel yang secara teoritis mempengaruhi variabel dependen/endogen akan tetapi tidak diteliti 

Pertanyaan 6. Buatkan variabel penelitian dari jurnal yang saudara dapatkan secara konseptual!

selanjutnya ke DOV

4 komentar:

  1. 6. Jurnal: TATA LAKSANA TUMOR PADAT INTRA ABDOMEN

    Jurnal tersebut memiliki konsep variabel kontrol, karena tulisan ini ingin membahas apakah ada perbedaan tata laksana tumor padat intra abdomen antara tumor wilms/nephroblastoma, neuroblastoma, dan hepatoblastoma. Dan telah ditetapkan variabel kontrol berupa keluhan yang sama, dokter ahli yang sama, dan sama-sama memerlukan kemoterapi.

    BalasHapus
  2. Evan : jadi maksud penelitian tersebut untuk mencari perbedaaan? so apa variabelnya berdasar variabel yang saya jelaskan. dalam hal ini minimal variabel independent dan variabel dependent?

    BalasHapus
  3. bagaimana dengan yang lainnya??????? kemanakah gerangan????

    BalasHapus
  4. Iya pak, mencari perbedaan jenis tata laksana terhadap masing-masing tumor.

    Dependen: Pembedahan, radiasi, dan kemotherapi(jenis tata laksana)
    Independen: Tumor wilms/nephroblastoma, neuroblastoma, dan hepatoblastoma (jenis tumor)

    BalasHapus