15 Okt 2014

Produktifitas Kerja



Produktifitas merupakan perbandingan antara pelaksanaan sekarang dengan pelaksanaan secara historis yang tidak menunjukan kepuasaan (perbandingan dengan target), baik target waktu maupun target produk. Produktifitas sangat dipengaruhi oleh keserasian dalam melakukan suatu pekerjaan yang meliputi beban kerja, beban tambahan dan kapasitas kerja seorang pekerja maupun satu unit kerja. Bagaimana dengan pendapat saudara?
Selanjutnya klik Topik 9
















38 komentar:

  1. Produktivitas kerja tergantung dari perusahaan membuat pekerja bisa mengoptimalkan etos kerjanya ,klo kenaikan gaji karyawan kecil gimana pekerja mau produktif?yang ada kerjaan malah tambah dibuat kacau.
    kualitas kerja itu bisa kita lihat dari ; Gaji/upah, Tunjangan pegawai (pemeliharaan kesehatan, pensiun), Keamanan kerja, Lingkungan kerja, dan Disiplin kerja. jika ini berjalan dengan baik sdh pasti bisa menghasilkan pekerjaan yang berkualitas.

    BalasHapus
  2. Ima Yustitia
    14410028P
    Hadir
    Produktifitas dapat diukur dalam bentuk pelayanan kesehatan. Mulai dari pelayanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif :
    1. Pelayanan kesehatan promotif adalah suatu kegiatan dan/atau serangkaian kegiatan pelayanan kesehatan yang lebih mengutamakan kegiatan yang bersifat promosi kesehatan.
    2. Pelayanan kesehatan preventif adalah suatu kegiatan pencegahan terhadap suatu masalah kesehatan/penyakit.
    3. Pelayanan kesehatan kuratif adalah suatu kegiatan dan/atau serangkaian kegiatan pengobatan yang ditujukan untuk penyembuhan penyakit, pengurangan penderitaan akibat penyakit, pengendalian penyakit,atau pengendalian kecacatan agar kualitas penderita dapat terjaga seoptimal mungkin.
    4. Pelayanan kesehatan rehabilitatif adalah kegiatan dan/atau serangkaian kegiatan untuk mengembalikan bekas penderita ke dalam masyarakat sehingga dapat berfungsi lagi sebagai anggota masyarakat yang berguna untuk dirinya dan masyarakat semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuannya.

    BalasHapus
  3. Eni Herleni
    NPM 14410024
    Hadir

    Menurut sayaproduktifitas dalam bentuk pelayanan kesehatan dapat diukur mulai dari pelayanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif

    a. Pelayanan kesehatan promotif
    Artinya bahwa pelayanan kesehatan lebih bersifat promosi contohnya poster pemakaian alat pelindung diri bagi tenaga kesehatan

    b. Pelayanan kesehatan preventif
    Artinya pelayanan kesehatan yang bersifat pencegahan terhadap penyakit contohnya bekerja menggunakan ruangan yang cukup cahaya sehinggatidak merusak indra penglihatan kita.

    c. Pelayanan kesehatan kuratif
    Artinya pelayanan kesehatan yang ditujukan untuk penyembuhan penyakit contohnya ruang kerja yang bersih dan sehat, berventilasi agar terhindar dari penyakit ISPA

    d. Pelayanan kesehatan rehabilitatif
    Artinya serangkaian kegiatan untuk mengembalikan bekas penderita suatu penyakit ke masyarakat contohnya mengembalikan pasien yang sudah terkena penyakit TB Paru setelah dinyatakan sembuh.

    BalasHapus
  4. Vivi Andriani
    NPM : 14410049P
    Agar setiap orang dapat menjalankan semua aktivitasnya dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan, maka diperlukan kondisi kerja yang mendukung dalam upaya pencapaian tujuan tersebut. Perusahaan perlu memberi perhatian khusus pada karyawannya untuk dapat meningkakan produktivitas kerja karyawan tersebut. Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan adalah dengan meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja karyawan tersebut. Maka hal-hal yang diperlukan untuk meningkatkan produktifitas kerja yaitu memberi alat - alat perlindungan daripada pekerja, mencegah dan mengendalikan timbul atau penyebab luasnya suhu, kelembapan, kotoran, asap, vas, gas, hembusan angin, cuaca, atau radiasik, suara, dan getaran, mencegah dan mengendalikan timbulnya penyakit akibat kerja, baik fisik maupun psikis, peracunan, infeksi, dan penularan, memperoleh penerangan yang cukup dan sesuai, menyelanggarakan suhu dan kelembapan udara yang baik, menyelenggarakan penyegaran udara yang cukup, memelihara kebersihan, kesehatan, dan ketertiban, memelihata keserasian antara tenaga kerja, alat kerja , linngkungan cara dan proses kerjanya.

    BalasHapus
  5. Produktivitas kerja tidak hanya dipandang sebagai perbandingan atau rasio masukan dan keluaran, melainkan kemampuan seorang tenaga kerja dalam menyelesaikan pekerjaan dalam jangka waktu tertentu dengan memperhatikan kualitas kerja, disiplin kerja, kemampuan kerja dan berupaya untuk meningkatkan hasil kerja.

    BalasHapus
  6. Lailia
    NPM: 14410030P
    Hadir

    Produktivitas dapat diukur dalam bentuk pelayanan kesehatan mulai dari pelayanan promotif, preventif dan rehabilitatif.
    1. Pelayanan kesehatan promotif adalah suatu kegiatan atau serangkaian kegiatan pelayanan kesehatan yang lebih mengutamakan kegiatan yang bersifat promosi kesehatan
    2. pelayanan kesehatan preventif adalah suatu kegiatan penangan terhadap suatu masalah kesehatan atau penyakit
    3. Pelayanan kesehatan kuratif adalah suatu kegiatan dan serangkaian kegiatan pengobatan yang dirujuk untuk penyembuhan penyakit, pengurangan penderita akibat penyakit, pengendalian penyakit/pengendalian kecelakaan agar kualitas penderita dapat menjaga seoptimal mungkin
    4. Pelayanan kesehatan rehabilitatif adalah kegiatan dan arus serangkaian kegiatan mengembalikan bekas penderita ke dalam masyarakat yang berguna untuk dirinya dan masyarakat semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan.

    BalasHapus
  7. Produktivitas kerja akan meningkat jika pekerja merasa nyaman dengan pekerjaan dan lingkungan kerjanya.oleh karena itu diperlukan kesesuaian antara keahlian pekerja dengan pekerja itu sendiri.

    BalasHapus
  8. Ida Yulianty
    Bila di lihat dari pengertian produktivitas kerja itu sendiri yaitu kemampuan untuk menghasilkan barabg dan jasa dari berbagai sumber /faktor produksi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pekerjaan yang dihasilkan daalm suatu tempat kerja secara umum, dari pengertian di atas menurut saya produktivitas dapat diukur pada jasa pelayanan medis/jasa layanan kesehatan dapat berupa:
    - Disiplin kerja yang keras ditandai dengan tingkat kehadiran para tenaga pelayanan kesehatan
    - Kemampuan tenaga kesehatan daalm menyelesaikan pekerjaan serta memberikan pelayanan kesehatan
    - Tenaga kesehatan memiliki tingkat ketrampilan dan pengetahuan sehingga dapat membantu masalah yang di hadapi oleh pasien
    - dan terakhir produktivitas kerja dapat dilihat dari jumlah kunjungan pasien, karena dari jumlah kunjungan pasien kita dapat melihat tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan.

    BalasHapus
  9. Produktifitas sangat dipengaruhi oleh keserasian dalam melakukan suatu pekerjaan yang meliputi beban kerja, beban tambahan dan kapasitas kerja seorang pekerja maupun satu unit kerja.
    Produktifitas kerja adalah perbandingan antara keluaran(output) yang ingin dicapai dengan masukan (input) yang diberikan. Produktivitas juga merupakan hasil dari efesiensi pengelolaan masukan dan efektivitas pencapaian sasaran. Efektivitas dan efesiensi yang tinggi akan menghasilkan produktivitas yang tinggi.

    BalasHapus
  10. Neti Nurmala Sari
    14410039P

    Pendapat saya produktifitas adalah sesuatu hal yang dapat menghasilkan sesuatu semaksimalmungkin dari apa yang kita punya, sedangaka produktifitas kerja menurut saya adalah kemampuan untuk menghasilkan kerja yang lebih baik dari biasanya atau mampu menghasilkan sesuatu barang atau jasa sesuai dengan yang diharapkan dalam waktu yang singkat atau tepat.

    BalasHapus
  11. Menurut saya produktifitas adalah kemampuan untuk menghasilkan barang atau jasa. Sedangkan peroduktifitas kerja adalah kemampuan kerja dalam mengahsilkan barang atau jasa dalam waktu yang lebih baik dari waktu standar guna menentukan target atau pencapaian yang diinginkan.

    BalasHapus
  12. Produktifitas pekerja dipengaruhi oleh lingkungan kerja yang ada. dan dalam hal ini faktor ergonomis yang sangat memperngaruhi produktifitas pekerja. oleh karena itu lingkungan kerja harus dibuat senyaman mungkin sehingga lebih banyak menghasilkan barang atau jasa.

    BalasHapus
  13. Erni Susanti
    NPM, 14410025

    Menurut saya produktivitas kerja itu sendiri yaitu kemampuan untuk menghasilkan barang dan jasa dari berbagai sumber /faktor produksi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pekerjaan yang dihasilkan dalam suatu tempat kerja secara umum, dari pengertiannya Produktivitas kerja akan meningkat jika pekerja merasa nyaman dengan pekerjaan dan lingkungan kerjanya.oleh karena itu diperlukan kesesuaian antara keahlian pekerja dengan pekerja itu sendiri. dengan demikian target atau pencapaiaa yang diinginkan akan berhasil.

    BalasHapus
  14. Agar setiap orang dapat menjalankan semua aktivitasnya dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan, maka diperlukan kondisi kerja yang mendukung dalam upaya pencapaian tujuan tersebut. Perusahaan perlu memberi perhatian khusus pada karyawannya untuk dapat meningkakan produktivitas kerja karyawan tersebut. Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan adalah dengan meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja karyawan tersebut. Maka hal-hal yang diperlukan untuk meningkatkan produktifitas kerja yaitu memberi alat - alat perlindungan daripada pekerja, mencegah dan mengendalikan timbul atau penyebab luasnya suhu, kelembapan, kotoran, asap, vas, gas, hembusan angin, cuaca, atau radiasik, suara, dan getaran, mencegah dan mengendalikan timbulnya penyakit akibat kerja, baik fisik maupun psikis, peracunan, infeksi, dan penularan, memperoleh penerangan yang cukup dan sesuai, menyelanggarakan suhu dan kelembapan udara yang baik, menyelenggarakan penyegaran udara yang cukup, memelihara kebersihan, kesehatan, dan ketertiban, memelihata keserasian antara tenaga kerja, alat kerja , linngkungan cara dan proses kerjanya.

    BalasHapus
  15. menurut saya adalah kemampuan untuk menghasilkan kerja yang lebih baik dari biasanya atau mampu menghasilkan sesuatu barang atau jasa sesuai dengan yang diharapkan dalam waktu yang singkat atau tepat dan dapat diukur dalam bentuk pelayanan kesehatan seperti :
    1. Pelayanan kesehatan promotif adalah suatu kegiatan dan/atau serangkaian kegiatan pelayanan kesehatan yang lebih mengutamakan kegiatan yang bersifat promosi kesehatan.
    2. Pelayanan kesehatan preventif adalah suatu kegiatan pencegahan terhadap suatu masalah kesehatan/penyakit.
    3. Pelayanan kesehatan kuratif adalah suatu kegiatan dan/atau serangkaian kegiatan pengobatan yang ditujukan untuk penyembuhan penyakit, pengurangan penderitaan akibat penyakit, pengendalian penyakit,atau pengendalian kecacatan agar kualitas penderita dapat terjaga seoptimal mungkin.
    4. Pelayanan kesehatan rehabilitatif adalah kegiatan dan/atau serangkaian kegiatan untuk mengembalikan bekas penderita ke dalam masyarakat sehingga dapat berfungsi lagi sebagai anggota masyarakat yang berguna untuk dirinya dan masyarakat semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuannya.

    BalasHapus
  16. kemampuan karyawan dalam berproduksi dibandingkan dengan input yang digunakan, seorang karyawan dapt dikatakan produktif apabila mampu menghasilkan barang atau jasa sesuai dengan diharapkan dalam waktu yang singkat atau tepat.

    BalasHapus
  17. produktivitas kerja adalah kemampuan karyawan dalam berproduksi dibandingkan dengan input yang digunakan, seorang karyawan dapt dikatakan produktif apabila mampu menghasilkan barang atau jasa sesuai dengan diharapkan dalam waktu yang singkat atau tepat.produktivitas kerja mengandung pengertian perbandingan antara hasil yang dicapai dengan peran serta tenaga kerja menekankan pada hasil kerja dalam organisasi yang merupakan perwujudan tujuan-tujuannya, sedangkan hasil kerja tersebut bisa bersifat material dan non material. Dengan demikian produktivitas kerja digambarkan melalui tingkat keberhasilan dalam mencapai tujuan organisasi.

    BalasHapus
  18. Produktivitas kerja merupakan tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan untuk memenuhi keinginan konsumen.
    Produktivitas dimulai dari kebutuhan pelanggan dan berakhir pada persepsi pelanggan.
    Hal ini dapat diimplementasikan interaksi antara tenaga kerja dan pelanggan
    yang mencakup (a) ketepatan waktu, berkaitan dengan kecepatan memberikan tanggapan terhadap keperluan-keperluan pelanggan; (b) penampilan tenaga kerja, berkaitan dengan kebersihan dan kecocokan dalam berpakaian; (c) kesopanan dan tanggapan terhadap keluhan, berkaitan dengan bantuan yang diberikan dalam menyelesaikan masalah-masalah yang diajukan pelanggan. Berarti produktivitas yang baik dilihat dari persepsi pelanggan bukan dari persepsi perusahaan. Persepsi pelanggan terhadap produktivitas jasa merupakan penilaian total atas kebutuhan suatu produk yang dapat berupa barang ataupun jasa.

    BalasHapus
  19. Menurut pendapat saya produktivitas kerja itu sendiri yaitu kemampuan untuk menghasilkan barang dan jasa dari berbagai sumber /faktor produksi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pekerjaan yang dihasilkan dalam suatu tempat kerja secara umum

    Faktor yang mempengaruhi produktifitas kerja antara lain :
    1. Sikap kerja
    2. Tingkat keterampilan pekerja
    3.hubungan tenaga kerja ddan pimpinan organisasi
    4.Manajemen produktivitas
    5.efisiensi tenaga kerja dll

    BalasHapus
  20. kemampuan karyawan dalam berproduksi dibandingkan dengan input yang digunakan, seorang karyawan dapt dikatakan produktif apabila mampu menghasilkan barang atau jasa sesuai dengan diharapkan dalam waktu yang singkat atau tepat.

    BalasHapus
  21. Produktifitas sangat dipengaruhi oleh keserasian dalam melakukan suatu pekerjaan yang meliputi beban kerja, beban tambahan dan kapasitas kerja seorang pekerja maupun satu unit kerja.
    Produktifitas kerja adalah perbandingan antara keluaran(output) yang ingin dicapai dengan masukan (input) yang diberikan. Produktivitas juga merupakan hasil dari efesiensi pengelolaan masukan dan efektivitas pencapaian sasaran. Efektivitas dan efesiensi yang tinggi akan menghasilkan produktivitas yang tingg

    BalasHapus
  22. A.FIRDIANSYAH
    14410011 P
    Produktifitas sangat dipengaruhi oleh keserasian dalam melakukan suatu pekerjaan yang meliputi beban kerja, beban tambahan dan kapasitas kerja seorang pekerja maupun satu unit kerja. Bagaimana dengan pendapat saudara
    SAYA sependapat dengan pernyataann ini karena Para pekerja harus memperhatikan beban kerja, tambahan pekerja yang ia ambil, serta kapasitas dalam melakukan pekerjaan tersebut juga harus diperhatikan, agar suatu peerusahaan tersebut mendapatkan hasil yang optimal. Karena semakin tinggi produktivitas kerja karyawan dalam perusahaan, berarti laba perusahaan dan produktivitas akan meningkat.

    BalasHapus
  23. produktifitas kerja sangat dipengaruhi oleh motivasi etos kerja, disiplin,keterampilan dan pendidikan sehingga apabila tenaga kerja nya baik akan diperoleh hasil kerja yang baik juga

    BalasHapus
  24. Produktivitas adalah sikap mental dari pekerja untuk senantiasa berkarya lebih dari apa yang telah dan sedang diusahakan dalam rangka mempercepat pencapaian tujuan dari suatu usaha. produktivitas kerja terdapat tiga unsur pokok yang merupakan kriteria untuk menilainya. Ketiga unsur tersebut yakni, semangat kerja, cara kerja, dan hasil kerja.
    1. Unsur semangat kerja dapat diartikan sebagai sikap mental para pegawai dalam melaksanakan tugas-tugasnya, dimana sikap mental ini ditunjukan oleh adanya kegairahan dalam melaksanakan tugas dan mendorong dirinya untuk bekerja secara lebih baik dan lebih produktif.
    2. cara kerja atau metode kerja. Cara atau metode kerja pegawai dalam melaksanakan tugas pekerjaannya dapat dilihat melalui kesediaan para pegawai untuk bekerja secara efektif dan efisien.
    3. Hasil kerja merupakan hasil yang diperoleh dari pekerjaan yang dilaksanakan oleh karyawan. Hasil kerja yang diperoleh oleh pegawai merupakan prestasi kerja pegawai dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Hasil kerja ini dapat dilihat dari jumlah atau frekuensi di atas standar yang ditetapkan. Hal ini menandakan bahwa karyawan tersebut produktif di dalam menyelesaikan tugas-tugas pekerjaannya.

    BalasHapus
  25. produktivitas adalah perbandingan ilmu hitung antara jumlah yang dihasilkan dan jumlah setiap sumber yang digunakan selama kegiatan berlangsung. Atau dapat pula berarti perbandingan antara hasil yang dicapai (output) dengan keseluruhan sumber daya yang digunakan (input). Produktifitas sangat dipengaruhi keserasian antara beban kerja, beban tambahan dan kapasitasnya. Apabila seseorang tersebut tdk ada kserasian missal dia mempunyai beban kerja yg berat, belum lagi ada nya beban kerja tambahan. Selain itu apabila seseorang itu bekerja tdk sesuai dg kapasitas pekerjaannya maka seseorang tsb tdk dpt memperoleh hasil yg dicapai sesuai dg keinginannya. Bahkan hal tersebut dapat mengakibatkan stress akibat pekerjaan tsb.

    BalasHapus
  26. Saya sependapat dengan pernyataan produktifitas merupakan perbandingan yang di hasilkan dengan yang dikeluarkan

    BalasHapus
  27. Produktivitas kerja tidak hanya dipandang sebagai perbandingan atau rasio masukan dan keluaran, melainkan kemampuan seorang tenaga kerja dalam menyelesaikan pekerjaan dalam jangka waktu tertentu dengan memperhatikan kualitas kerja, disiplin kerja, kemampuan kerja dan berupaya untuk meningkatkan hasil kerja, produktifitas tidak hanya dilihat dari segi efektifitas dan efisiensi produksi, tetapi juga berkaitan dengan sikap mental karyawan yang selalu menginginkan peningkatan terus menerus

    BalasHapus
  28. Produktifitas kerja adalah perbandingan antara output (hasil) dengan input (masukan). Jika Produktivitas naik ini hanya dimungkinkan oleh adanya peningkatan efisiensi (waktu-bahan-tenaga) dan sisitem kerja, teknik produksi dan adanya peningkatan keterampilandari tenaga kerjanya. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi produktifitas kerja adalah: motivasi, kedisiplinan, etos kerja, keterampilan, dan pendidikan.

    BalasHapus
  29. Produktivitas kerja akan meningkat kalau pekerjaan itu dikerjakan sesuai dgn keahlian dan ilmu yg dimilki,bekerja merasa nyaman, merasa aman,dan di hargai dgn upah yg sesuai dgn pekerjaan yg dilakukan.

    BalasHapus
  30. Ada enam faktor yang utama menentukan produktifitas tenaga kerja adalah sikap kerja,tingkat ketrampilan,hubungan tenaga kerja dan pimpinan,manajemen produktifitas,efisiensi tenaga kerja,kewiraswastaan.
    Faktor lain yang mempengaruhi produktifitas kerja adalah sikap mental (motivasi kerja,disiplin kerja,etika kerja),pendidikan,ketrampilan,manajemen, hubungan industrial pancasila,tingkat penghasilan,jaminan sosial,lingkungan dan iklim kerja,sarana produksi,dan teknologi,kesempatan berprestasi.

    BalasHapus
  31. Produktivitas kerja seseorang merupakan gambaran hasil capaian sesorang seoptimal mungkin dalam melakukan pekerjaannya.hal tersbut dipengaruhi oleh kemampuan fisik,intelgensia,,kemampuan kerjasama dengan teman sejawat sebagi team work di lingkungan kerjanya.

    BalasHapus
  32. Firdayunsari
    14410026P

    “Produktifitas sangat dipengaruhi oleh keserasian dalam melakukan suatu pekerjaan yang meliputi beban kerja, beban tambahan dan kapasitas kerja seorang pekerja maupun satu unit kerja. Bagaimana dengan pendapat saudara?”

    saya setuju bahwa produtifitas pekerjaan harus seimbang atau sesuai dengan beban kerja, beban tambahan dan kapasitas kerja karena setiap individu mempunyai kopentensi ilmu yang berbeda agar dalam melakukan suatu pekerjaan sesuai dengan tupoksinya sehingga menghasilkan hasil kerja yang baik. Didalam bekerja itu juga dalam suatu unit kerja harus memperhatikan kondisi fisik dan psikologis individu, karena setiap individu mempunyai kelemahan kelebihan yang berbeda-beda sehingga 3 hal tersebut harus serasi dan sejalan.

    BalasHapus
  33. Lia septiana NPM 144100P HADIR
    Menurut saya produktivitas kerja itu sendiri yaitu kemampuan untuk menghasilkan barang dan jasa dari berbagai sumber /faktor produksi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pekerjaan yang dihasilkan dalam suatu tempat kerja secara umum, dari pengertiannya Produktivitas kerja akan meningkat jika pekerja merasa nyaman dengan pekerjaan dan lingkungan kerjanya.

    BalasHapus
  34. Produktivitas kerja sangat dipengaruhi oleh kenyamanan pekerja dan lingkungan pekerja serta faktor - faktor pendukung yang lainnya. Oleh karena itu diperlukan individu yang berkompeten, lingkungan yg nyaman dan faktor yg baik dalam setiap melaukan pekerjaa.sehingga dapat menghasilkan produktivitas yang baik sesuai yang di inginkan dan diharapkan.

    BalasHapus
  35. Produktifitas sangat dipengaruhi oleh keserasian dalam melakukan suatu pekerjaan yang meliputi beban kerja, beban tambahan dan kapasitas kerja seorang pekerja maupun satu unit kerja termasuk di dalamnya motivasi, kedisiplinan, etos kerja, keterampilan dan pendidikan. Dengan kata lain, faktor-faktor yang dapat meningkatkan produktifitas dapat berasal dari dalam diri pekerja (disiplin) dan lingkungan kerja (motivasi dan apresiasi dari atasan misalnya)

    BalasHapus
  36. Produktifitas kerja lebih dilihat dari outpunya, dimana biasanya membandingkan target dan hasil yang dicapai, lebih pada kualitas pekerjaannya. hal ini harus memperhatikan beban kerja, apabila beban kerja yang terlalu besar akan menjadi hal yang sulit untuk dicapai/kualitasnya kurang maksimal, sebaiknya memang harus dilakukan telaah dan analisa masing-masing karyawan/pekerja terhadap beban kerja agar sama-sama memberikan produktifitas kerja yang baik.

    BalasHapus
  37. produktifitas kerja sangat dipengaruhi oleh motivasi etos kerja, disiplin,keterampilan dan pendidikan sehingga apabila tenaga kerja nya baik akan diperoleh hasil kerja yang baik juga

    BalasHapus
  38. banyak hal yang mempengaruhi produktifitas kerja , antara lain : motivasi, salary, skill, disiplin, jaminan keamanan saat bekerja, keharmonisan dengan atasan, teman , dan bawahan. dll

    BalasHapus