1 Mei 2013

Langkah S. Epidemiologi






Surveillans merupakan kegiatan terstruktur, maka dalam melakukan pelacakan kasus juga harus mengikuti langkahnya :
  1. Pengumpulan data à data yang dikumpulkan sesuai dengan apa masalah yang terjadi (what is the problem). Pengumpulan ini dilakukan dengan berbagai cara baik pengukuran langsung (interview/wawancara, observasi/pengamatan, pengukuran obyek) dengan sifat data primer. Sedangkan pengumpulan tidak langsung dilakukan pada sumber pencatatan & pelaporan atau rekam medik yang tersedia sebelumnya. Data yang dikumpulkan termasuk pada determinan masalah tersebut, jadi artinya kita melakukan identifikasi masalah dan faktor risikonya.
  2. Pengolahan & Penyajian data à data yang telah terkumpul diolah dan disajikan dengan berbagai bentuk. Ini merupakan tahapan statistik dengan melakukan proses edit, pemberian kode, input data sehingga data dapat diolah dan disajikan dalam bentuk tabular maupun grafikal.
  3. Analisis & interpretasi à untuk memperoleh informasi dengan pasti, data yang telah diolah dengan dilakukan analisis dengan tujuan memberikan jawaban terhadap masalah dan faktor risikonya, sehingga dapat menyusun program penyelesaian kasus (what work). Apa yang harus dikerjakan sehingga masalah selesai/tidak ada kasus kembali dikemudian hari dengan melaksanakan aksi kegiatan yang direkomedasikan (surveillans respon)
  4. Pelaporan à setiap kegiatan selalu melakukan pelaporan yang dimulai dari sebagimana urutan karya ilmiah, tetapi dalam hal ini ditambahkan rekomendasi hasil survei.
  5. Tindakan à surveillans yang dilakukan harus berorientasi pada aksi penyelesaian kasus/memutus mata rantai, sehingga tidak terjadi kembali kasus dikemudian hari.

Apa yang saudara pahami, berikan komentar atau pertanyaan tentang kejelasannya!
Setelah itu lanjutkan ke slide berikutnya dengan klik disini


4 komentar:

  1. jika salah satu dari langkah2 kegiatan ini tdak dilakukan bisa apa tidak pak?

    BalasHapus
  2. dapat gak pak kita menyelesaikan surveilans namun langkah nya tidak kronologis, atau berurutan ?berpengaruh tidak pak ? :p

    BalasHapus
  3. apakah langkah2 tersebut harus kita lakukan pak?

    BalasHapus
  4. Menurut saya setelah melakukan tindakan kita harus melakukan evaluasi kegiatan surveilans tersebut pak. hehe

    BalasHapus