2 Mei 2013

Urbanisasi



Lebih sering kita dengar bahwa migrasi yang banyak terjadi adalah arus urbanisasi &  transmigrasi dimana masyarakat masih berpendapat bahwa di kota lebih baik daripada di desa. Urbanisasi adalah proses perkembangan kependudukan di perkotaan (Prijono Tjiptoherijanto, 2000)


Dengan adanya arus urbanisasi, maka urbanisasi dibagi menjadi 2 :

         Migrasi desa-kota, dimana migrasi ini banyak terjadi pada sektor buruh, bangunan, industri, dan angkutan

         Migrasi kota-perkotaan dimana migrasi ini diakibatkan karena bekerja pada sektor jasa, perdagangan, dll.

Oleh karena itu Mengapa proses urbanisasi tetap harus dikendalikan atau diarahkan? Silahkan beri komentar saudara!

-          Urbanisasi Pedesaan merupakan upaya untuk "mempercepat" tingkat rbanisasi tanpa menunggu pertumbuhan ekonomi, yaitu dengan melakukan beberapa terobosan yang bersifat "non-ekonomi". Mengacu pada kondisi di mana suatu daerah secara fisik masih memiliki ciri-ciri pedesaan yang "kental", namun karena "ciri penduduk" yang hidup didalamnya sudah menampakkan sikap maju dan mandiri
-          Daerah Penyangga Pusat Perteumbuhan meliputi :
  1. Kebijaksanaan ekonomi makro yang ditujukan terutama untuk menciptakan lingkungan atau iklim yang merangsang bagi pengembangan kegiatan ekonomi perkotaan. Hal ini antara lain meliputi penyempurnaan peraturan dan prosedur investasi, penetapan suku bunga pinjaman dan pengaturan perpajakan bagi peningkatan pendapatan kota;
  2. Penyebaran secara spasial pola pengembangan kota yang mendukung pola kebijaksanaan pembangunan nasional menuju pertumbuhan ekonomi yang seimbang, serasi dan berkelanjutan, yang secara operasional dituangkan dalam kebijaksanaan tata ruang kota/ perkotaan, dan
  3. Penanganan masalah kinerja masing-masing kota.

Selanjutnya klik disini

14 komentar:

  1. bagaimanasih pak cara untuk mengendalikan urbanisasi agar di suatu daerah tidak menjadi padat penduduk?

    BalasHapus
  2. Mengapa proses urbanisasi tetap harus dikendalikan atau diarahkan? karena berpengaruh besar terhadap kota yang akan menjadi tujuan seseorang tersebut. Banyak hal yang akan terjadi dengan kota tujuan dan para pendatang seperti terjadinya kepadatan penduduk, kurangnya lapangan pekerjaan, meningkatnya kriminalitas, dll.

    BalasHapus
  3. karena ditakutkan kalau tidak pengendalian atau pengarahan urbanisasi semua penduduk desa pindah ke kota karena terpesona dengan kehidupam di kota

    BalasHapus
  4. Mengapa proses urbanisasi tetap harus dikendalikan atau diarahkan? karena masalah yang cukup serius bagi kita semua. Persebaran penduduk yang tidak merata antara desa dengan kota akan menimbulkan berbagai permasalahan kehidupan sosial kemasyarakatan. Jumlah peningkatan penduduk kota yang signifikan tanpa didukung dan diimbangi dengan jumlah lapangan pekerjaan, fasilitas umum, aparat penegak hukum, perumahan, penyediaan pangan, dan lain sebagainya tentu adalah suatu masalah yang harus segera dicarikan jalan keluarnya.

    BalasHapus
  5. karena jika tidak terarah akan terjadi penyelundupan , atau bahkan teroris yang akan mengancam hidup wilayah tersebut. serta perdagangan illegal..dan bahkan dampak buruk lain. dengan teraarah kita dapat mengetahui di suatu wilayah padat or tidak.

    pak apakah hanya sektor dan perdagangan saja yang dapat melakukan migrasi kota perkotaan?

    BalasHapus
  6. Dibalik tujuan baik dari urbanisasi, timbul permasalahan atau akibat dari tindakan ini. Adanya pertambahan penduduk di kota mengakibatkan kepadatan tata ruang perkotaan. Hal ini akan berdampak pada sistem tata kota menjadi berantakan. Pembangunan tata kota yang baik dan berkualitas akan terhambat karena banyak ruang yang digunakan sebagai lahan tempat tinggal penduduk urbanisasi. Tak dapat dipungkiri bahwa keadaan ini menjadi hal yang sulit diperbaiki sebelum urbanisasi dikendalikan.

    Ada beberapa solusi yang ditawarkan untuk mengendalikan arus urbanisasi yang semakin meningkat saat ini. Pertama, pembangunan desa. Ini terkait masalah akses bagi masyarakat desa seperti sekolah, rumah sakit, dan fasilitas umum lainnya. Pembangunan fasilitas umum yang memiliki kualitas sama dengan apa yang ada di wilayah kota.

    Kedua, investasi daerah. Investasi memiliki peran sebagai modal untuk pembangunan daerah. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah jangan sampai investasi ini malah disalahgunakan sebagai sarana untuk menjual daerah tersebut kepada investor. Investasi berbasis kearifan dan potensi lokal. Kedua hal ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengendalikan urbanisasi penduduk sehingga menciptakan tata kota yang berkualitas.

    BalasHapus
  7. transmigrasi dimana masyarakat masih berpendapat bahwa di kota lebih baik daripada di desa
    tapi pada kenyataanya itu sebaliknya pak?

    BalasHapus
  8. kaena jika urbanisasi tdak di arahkan dn di kendalikan: maka perkotaan akan semakin padat dan angka pengangguran di kota semakin tinggi karena semakin sedikit pula lahan pekerjaan
    maka akan timbul kriminalitas yang tinggi di kota

    BalasHapus
  9. pak apa apa dampak dari urbanisasi terhadap kondisi kehidupan dikawasan pedesaan ?

    terus

    Apa dampak positif dan negatif dari urbanisasi ya pak?

    karakteristik urbanisasi itu apa aja yah pak bisa di jelas kan pak?

    dampak positif urbanisasi di sebuah perdesaan apa yah pak?

    BalasHapus
  10. karena jika tidak diarah kan akan terjadi berbagai jenis tindak kejahatan.

    BalasHapus
  11. saya mau bertanya pak?
    Mengapa proses urbanisasi tetap harus dikendalikan atau diarahkan?

    BalasHapus
  12. karena,
    Perkembangan urbanisasi di masa mendatang, para ahli kependudukan memperkirakan bahwa proses urbanisasi di Indonesia akan lebih banyak disebabkan migrasi desa-kota. Perkiraan ini didasarkan pada makin rendahnya pertumbuhan alamiah penduduk di daerah perkotaan, relatif lambannya perubahan status dari daerah pedesaan menjadi daerah perkotaan, serta relatif kuatnya kebijaksanaan ekonomi dan pembangunan yang “urban bias”, sehingga memperbesar daya tarik daerah perkotaan bagi penduduk yang tinggal di daerah pedesaan . Itulah sebabnya di masa mendatang, isu urbanisasi dan mobilitas atau migrasi penduduk menjadi sulit untuk dipisahkan dan akan menjadi isu yang penting dalam kebijaksanaan kependudukan di Indonesia.

    BalasHapus
  13. UMU KALSUM 12320151.P
    PSIK A
    HADIR PAK

    BalasHapus
  14. bagaimana sch pak cara menekan terjadinya urbanisasi pak??

    BalasHapus