19 Mei 2013

Arti If-nos



Sebagai langkah awal bagaimana pendapat yang saudara ketahui sebagai infeksi nosokomial?
Ya, Infeksi Nosokomial (if-nos) biasa terjadi di rumah sakit, dalam hal ini dimaksud adalah di tempat pelayanan kesehatan. Infeksi dimaksud yang terjadi adalah suatu reaksi/diagnosa baru yang muncul setelah pulang dari rumah sakit atau tempat pelayanan. Dengan demikian, siapa sajakah yang berisiko terkena infeksi nosokomial?
Berikut adalah tentang if-nos, dengan klik disini

18 komentar:

  1. orang yg datang ke tempat pelayanan kesehatan seperti pasien/orang yg berobat ketempat pelayanan kesehatan dan orang yg mengantar(mungkin)..

    gtu gx sh pak????

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, semua orang yang berada di rs berisiko terkena if-nos

      Hapus
  2. infeksi nosokomial yaitu infeksi yang diperoleh dari rmh sakit, infeksi yang tidak diderita pasien yang baru masuk rmh skit melainkan setelah ± 72 jam berada di tempat tersebut.
    toksin menyebabkan infeksi lokal, atau sistemik.
    tentunya yang beresiko yaitu pasien yang baru plg dr rmh skit, dokter, suster, dan petugas lain yang terkontaminasi dg alat" kesehatan yang telah terinfeksi agen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. adanya diagnosa baru setelah pulang di rs dan dalam masa inkubasi

      Hapus
  3. "Asal bakteri nosokomial didapat di rumah sakit dan bisa juga dari pengunjung yang sehat yang datang ke rumah sakit dan mengalami flu. Pengunjung dengan penyakit flu datang membawa virus dan masuk tidak memakai masker, maka bisa menularkan virus itu pada pasien. Infeksinya juga bisa dari pasien, perawat atau dokter,"

    BalasHapus
  4. setuju delvi dan tenaga kesehatan yg ada di rs jg beresiko yapak

    BalasHapus
  5. - Infeksi yang terjadi di RS,oleh mikoorganisme yang berasal dari RS, dapat terjadi selama penderita dirawat atau setelah dipulangkan.
    - Dapat terjadi pada penderita,tenaga kesehatan atau pengunjung
    - Penyakit infeksi yang sedang dalam masa inkubasi ketika penderita masuk RS,bukan Infeksi Nosokomial

    BalasHapus
  6. infeksi nosokomial yaitu infeksi yang diperoleh dari rmh sakit.
    sedangkan orang yg beresiko adalah pasien yang baru plg dr rmh skit, dokter, suster, dan petugas lain yang terkontaminasi dg alat" kesehatan yang telah terinfeksi agen,serta tamu atau orang yg menjenguk pasien jg beresiko terkena.

    BalasHapus
  7. Infeksi adalah proses dimana seseorang rentan (susceptible) terkena invasi agen patogen atau infeksius yang tumbuh, berkembang biak dan menyebabkan sakit.
    Nosokomial berasal dari bahasa Yunani, dari kata nosos yang artinya penyakit dan komeo yang artinya merawat. Nosokomion berarti tempat untuk merawat/rumah sakit. Jadi, infeksi nososkomial dapat diartikan sebagai infeksi yang terjadi di rumah sakit..

    BalasHapus
  8. Infeksi nosokomial adalah infeksi yang tidak diderita pasien saat masuk ke rumah sakit melainkan setelah ± 72 jam berada di tempat tersebut.
    yg beresiko terkena infeksi nosokomial adalah 1.dokter: apabila dokter atau suster merawat seorang pasien yang menderita infeksi karena mikroorganisme patogen tertentu kemudian mikroorganisme dapat ditularkan ketika terjadi kontak.
    2. suster: apabila suster atau dokter yang sama merawat pasien lainnya, maka ada kemungkinan pasien lain dapat tertular infeksi dari pasien sebelumnya.
    3. pasien
    4. petugas di rmh sakit

    BalasHapus
  9. 5. peralatan yg dipakai
    6. keluarga pasien
    7. lingkungan dan makanan

    BalasHapus
  10. infeksi nosokomial adalah infeksi penyakit yang belum diderita pasien atau orang yang datang berkunjung ke rumah sakit melainkan infeksi yang dapat terjadi setelah pasien atau orang yang berada di rumah sakit setelah ±72 jam.

    semua orang yang berada di rumah sakit dalam kurun waktu tersebut beresiko terkena infeksi nosokomial.

    BalasHapus
  11. secara umum infeksi nosokomial adalah infeksi yang didapatkan penderita selama dirawat dirumah sakit. Infeksi tersebut sulit dideteksi karena penyebabnya adalah mikro organisme atau bakteri yang sudah resisten terhadap anti biotika.
    "Sumber penularannya dapat hidup dan berkembang di lingkungan rumah sakit, seperti udara, air, lantai, makanan. Bisa juga melalui sarung tangan, pembalut, jarum suntik atau karena cipratan cairan tubuh penderita Hepatisis B, C dan HIV, serta cipratan darah karena kesalahan dalam menangani luka,"
    Jika seorang perawat terkena Nosokomial, maka dia harus mendapat perawatan intensif karena bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu,seorang perawat harus mampu mencegah sedini mungkin dari infeksi nosokomial.
    Agar tidak terjangkit, perawat harus selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah merawat pasien, menggunakan alat medis dengan benar sesuai kebutuhan, memakai masker pelindung dari penularan lewat udara.
    "Memakai sarung tangan, terutama ketika menyentuh darah, cairan tubuh, feses maupun urine. Yang paling utama, lingkungan rumah sakit harus selalu bersih,
    Penyebaran dari infeksi nosokomial juga dapat dicegah Ruang Isolasi, terutama untuk penyakit yang penularannya melalui udara, seperti tuberkulosis, dan SARS, yang mengakibatkan kontaminasi berat. Penularan yang melibatkan virus seperti DHF dan HIV.

    BalasHapus
  12. iya pak saya setuju dengan desi selain dokter,pasien.peralatan namun faktor makanan dan ligkungan juga itu yg berisiko

    BalasHapus
  13. infeksi nosokomial adalah infeksi penyakit yang belum diderita pasien atau orang yang datang berkunjung ke rumah sakit melainkan infeksi yang dapat terjadi setelah pasien atau orang yang berada di rumah sakit setelah ±72 jam.

    BalasHapus
  14. pasien, keluarga pasien, tenaga kesehatan memungkinkan terjadi ny IN

    BalasHapus
  15. Asal bakteri Nosokomial didapat di rumah sakit dan bisa juga dari pengunjung yang sehat yang datang ke rumah sakit dan mengalami flu. Pengunjung dengan penyakit flu datang membawa vrus dan masuk tidak memakai masker, maka bisa menularkan virus itu pada pasien. Infeksinya juga bisa dari pasien, perawat atau dokter,Untuk menghindari Nosokomial tersebut, untuk pasien di rumah sakit maka menggunakan alat dan ruangan yang steril, begitu juga tindakan dan ruangan yang dijaga tetap steril, memetakan kuman dan membatasi orang yang masuk atau berkunjung. Memiliki ventilasi udara yang baik, pintu yang tertutup untuk diruangan ICU dan memakai baju yang steril.
    “Yang rentan terkena infeksi Nosokomial yaitu anak-anak atau bayi, orang tua, orang yang baru di operasi, juga orang yang sakit berat serta penderita HIV/AIDS.

    BalasHapus
  16. ya, sebenarnya infeksi nosokomial terjadi selama dalam masa inkubasi saat pulang dari tempat pelayanan

    BalasHapus