21 Mei 2013

Karateristik Orang


1.       karakteristik Umur, Jenis Kelamin dapat di jelaskan bahwa :
Umur di kategorikan menjadi 2 kelompok, yaitu remaja <32 tahun dan dewasa >= 32 tahun, diketahui umur responden pada laki-laki remaja <32 tahun sebanyak 2 orang dan perempuan 3 orang, lalu kelompok dewasa >=32 pada laki-laki sebanyak 19
orang dan perempuan sebanyak 13 orang. Sehingga total keseluruhan responden sebanyak 37 orang.
 a.       Umur
Dari hasil penelitian yang di laksanakan di New York pada panti penempungan orang-orang gelandangan menunjukan bahwa kemungkinan mendapat infeksi Tuberkulosis aktif meningkat bermakna sesuia dengan umur. Insiden tertinggi Tuberkulosis paru mengenai usia  dewasa muda

b.  Jenis Kelamin
Jenis Kelamin juga sangat mempengaruhi penyakit tuberkulosis. Berdasarkan beberapa penelitian, penderita tertinggi penderita tuberkulosis adalah laki-laki di bandingkan dengan perempuan karena laki-laki sebagian besar mempunyai kebiasaan merokok sehingga memudahkan terjangkitnya penyakit tuberkulosis.
3.     
             Adapun upaya-upaya yang di lakukan adalah preventif dan promotif melalui penyuluhan dan kuratif melalui pemeriksaan dahak. Dengan upaya – upaya yang di lakukan oleh pihak puskesmas maka pengetahuan  masyarakat akan meningkat sehingga apabila di temukan gejala-gejala TBC, mereka langsung memeriksakan diri ke puskesmas.


c. Rutinitas berobat
Data menunjukan 13 orang rutin minum obat selama 6 bulan dan di dapat 22 orang tidak rutin minum obat selama 6 bulan, pasien rutin minum obat selama 6 bulan terdapat Laki-laki sebanyak 6 orang dan perempuan sebanyak 8 orang, dan pasien yang tidak rutin minum obat selama 6 bulan terdapat Laki-laki sebanyak 15 orang dan perempuan 7 orang.

Banyak faktor yang menyebabkan pasien tidak rutin/tidak taat minum obat, di antaranya : Keadaan sosial ekonomi, perilaku, pekerjaan dan tingkat pendidikan.

Melakukan promosi ke masyarakat melalui pendidikan tentang Tuberkulosis dari pengertian, bahaya, penyebab, dan cara pencegahan. Petugas pun bisa langsung mengontrol yang menderita Tuberkulosis dengan cara datang kerumah pasien.

1 komentar:

  1. 1. Mengapa meningkatnya kemungkinan mendapat infeksis TB aktif seiring dengan meningkatnya umur?

    2. Mengapa bisa merokok memudahkan laki-laki untuk terjangkit penyakit TB? Apa hubungan rokok – laki-laki – TB?

    BalasHapus