14 Mei 2013

Kesehatan Kerja




Kesehatan kerja merupakan upaya melindungi karyawan dari segala hal yang dapat merugikan kesehatan akibat kerja. Upaya kesehatan kerja sebagai berikut :
1.      Pemeriksaan Kesehatan Karyawan
a.       Pekerja baru (kondisi awal kesehatan)
b.      Pekerja lama (memantau kesehatan)
    • 1 th sekali tambang di permukaan
    • 6 bulan sekali tambang underground
2.      Lingkungan Tempat Kerja
a.       Debu               : mengganggu saluran pernafasan
b.      Bising              : mengganggu fungsi pendengaran
c.       Pencahayaan   : mengganggu daya penglihatan
d.      Getaran           : mengganggu fungsi persendian
e.       Gas-gas beracun/berbahaya bisa langsung mematikan manusia
3.      Ergonomi
a.       tempat duduk
b.      alat kerja 
c.       dimensi tempat kerja

Dalam pelaksanaanya hal ini masih rendah, terlebih pada sector informal, bagaimana saudara mensikapi upaya kesehatan kerja, terlebih di pelayanan kesehatan?
Setelah memberikan komentarnya kami persilahkan saudara klik Topik 6

49 komentar:

  1. Upaya yg dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan antara lain kita perduli dengan kesehatan kerja diri kita lebih dahulu sehingga kalau kita sudah merasa aman dan nyaman saat bekerja otomatis kita juga akan perduli dgn lingkungan sekitar kita..terutama lingkungan kerja yang tidak aman dan sehat.

    BalasHapus
  2. Kita sebagai tenaga kesehatan yang rentan tertular penyakit hendaknya dapat bekerja dengan mengikuti SOP dan alat perlindungan diri agar tidak terinfeksi penyakit. Misalnya dengan memakai masker, sarung tangan dll. Prinsip pencegahan ineksi harus benar-benar kita terapkan dengan baik. Suasana lingkungan jug harus terjaga kebersihannya.

    BalasHapus
  3. Upaya yg dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan antara lain kita perduli dengan kesehatan kerja diri kita lebih dahulu sehingga kalau kita sudah merasa aman dan nyaman saat bekerja otomatis kita juga akan perduli dgn lingkungan sekitar kita,terutama lingkungan kerja yang tidak aman dan sehat,sehingga terbebas dari kondisi tidak aman dan keadaan tidak aman.

    BalasHapus
  4. upaya kesehatan kerja pada pelayanan kesehatan dilakukan pada tenaga kesehatan untuk menjaga keselamatan diri dari bahaya /resiko pekerjaan.seperti memakai alat pelindung diri (sarung tangan) sebelum melakukan tidakan,jika kita sudah menjaga keselamatan otomatis kerja akan mersa aman.

    BalasHapus
  5. Meningkatkan kepatuhan Tenaga kesehatan terhadap kesehatan dan penyakit akibat kecelakaan kerja untuk melaksanakan setiap prosedur tahapan kewaspadaan universal dengan benar

    BalasHapus
  6. upaya dilakukan tenaga kesehatan bisa dengan apd untuk menghindari bahaya/resiko, dan memberikan suasana/lingkungan kerja aman,

    BalasHapus
  7. Upaya kesehatan kerja di pelayanan kesehatan ditujukan untuk melindungi tenaga kesehatan agar hidup sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan serta pengaruh buruk yang diakibatkan oleh tenaga kesehatan tersebut. Untuk melindungi diri dari bahaya, tenaga kesehatan berkewajiban memakai alat pelindung diri (APD) dengan tepat dan benar serta mematuhi semua syarat keselamatan dan kesehatan kerja yang diwajibkan, agar dapat bekerja secara sehat tanpa membahayakan diri sendiri dan masyarakat sekelilingnya hingga diperoleh produktifitas kerja yang optimal.

    BalasHapus
  8. Penerapan upaya kesehatan kerja dilingkungan kesehatan sudah semakin baik, biasanya saat penerimaan pegawai di institusi pelayanan kesehatan sudah mensyarakatkan surat keterangan berbadan sehat, dan dilakukan pemeriksaan ulangan dalam jangka waktu tertentu, dan ada beberapa instansi yang memberikan imunisasi penyakit tertentu terhadap karyawannya.
    Penantaan lingkungan kerja juga sudah lebih baik, gedung, ruangan, pencahayaan, sirkulasi udara, suhu ruang tempat kerja sudah diatur atau dibuat lebih baik dan terstandar.

    BalasHapus
  9. penerapan K3 di tempat kerja bertujuan agar pekerja saat bekerja selalu dalam keadaan sehat, nyaman, selamat, produktif dan sejahtera.Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, perlu kemauan, kemampuan dan kerjasama yang baik dari semua pihak. Pihak pemerintah dalam hal ini Departemen Kesehatan sebagai lembaga yang bertanggungjawab terhadap kesehatan masyarakat, membuat berbagai peraturan, petunjuk teknis dan pedoman K3 di Tempat Kerja serta menjalin kerjasama lintas program maupun lintas sektor terkait dalam pembinaannya.

    BalasHapus
  10. Upaya yang dilakukan tenaga kesehatan adalah dengan memperhatikan kesehatan diri supaya terhindar dari bahaya atau resiko pekerjaan misalnya gunakan alat pelindung diri sebelum melakukan tindakan pelayanan kesehatan. sehingga dalam bekerja kita akan merasa aman.

    BalasHapus
  11. Upaya kita sebagai tenaga kesehatan kita harus peduli dengan kesetan kerja kita dulu,karena kita sebagai tenaga kesehatan sangat rentan terhadap resiko infeksi dan rentan tertular penyakit maka hendaknya bekerja sesuai SOP dan alat pelindung diri sehingga tidak terinfeksi dan tertular penyakit.Misalnya salalu mencuci tangan sebelum dan sesudah memeriksa pasien dan menggunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan,masker dll.

    BalasHapus
  12. Dengan melakukan Langkah Pengendalian (Hierarchy of Control)

    1. Eliminasi
    Menghilangkan penggunaan suatu bahan/ mesin/ peralatan/ proses dalam suatu rangkaian proses yang dapat mengancam/ menimbulkan bahaya kesehatan.

    2. Subtitusi
    Mengganti bahan/ alat/ metode/ proses dengan yang memiliki potensi lebih rendah dalam mempengaruhi kesehatan.

    3. Tindakan Administrasi
    Menjaga kebersihan atau kerapihan tempat kerja, penetapan prosedur kerja dalam penanganan bahan yang aman, melakukan inspeksi secara teratur, melakukan pelatihan kerja bagi setiap karyawan. Atau bahkan mungkin dengan membuat suatu kegiatan rutinitas untuk mengadakan check kesehatan pada setiap karyawan.

    4. Menggunakan Alat pelindung diri
    mencegah lebih baik daripada mengobati, pencegahan dengan menggunakan Safety glasses, Safety gloves, masker, dsb dapat membantu kita dari penularan penyakit secara langsung.

    BalasHapus
  13. upaya kita sbg tenaga kesehatan bertujuan untuk keadaan sehat,nyaman,aman,bekrja juga dengan prosedur yang ada dan melakukan tindakan dengan mengunakan alat pelindungan diri,Prinsip pencegahan infeksi harus benar-benar kita terapkan dengan baik.
    melakukan pelatihan kerja bagi setiap pegawai/karyawan.

    BalasHapus
  14. upaya kesehatan kerja pada pelayanan kesehatan dilakukan pada tenaga kesehatan untuk menjaga keselamatan diri dari bahaya /resiko pekerjaan diantaranya dengan menggunakan alat pelindung diri dan selalu melaksanakan pekerjaan sesuai dengan SOP.

    BalasHapus
  15. perduli dengan kesehatan kerja diri kita lebih dahulu sehingga kalau kita sudah merasa aman dan nyaman saat bekerja otomatis kita juga akan perduli dgn lingkungan sekitar kita..terutama lingkungan kerja yang tidak aman dan tdk sehat

    BalasHapus
  16. menurut saya mensikapi upaya kesehatan kerja bagi pelayanan kesehatan adalah dengan terlenih dahulu kita merasa aman dan nyaman dengan mematuhi standart operasional yang telah ditentukan dalam melakukan pelayanan kesehatan misal penggunaan APD dll, maka secara otpmatis kita akan malkukan pelayanan kesehatan dengan baik sehingga dapat mewujudkan derajat kesehatan yang diharapkan dan tentunya harus diiringi dengan suasa lingkungan yang aman dan nyaman pula sehingga kita akan terlindungi dari bahaya keehatan yang ditimbulkan dari pelayanan yang kita lakukan.

    BalasHapus
  17. Upaya kita terapkan sebagai tenaga kesehatan kita harus peduli dengan kesetan kerja kita terlebih dulu,karena kita sebagai tenaga kesehatan sangat rentan terhadap resiko infeksi dan rentan tertular penyakit maka hendaknya bekerja sesuai SOP dan alat pelindung diri sehingga tidak terinfeksi dan tertular penyakit.
    penerapan K3 di tempat kerja itupun sangat penting bagi seluruh tenaga kerja bertujuan agar pekerja saat bekerja selalu dalam keadaan sehat, nyaman, selamat, produktif dan sejahtera.Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, perlu kemauan, kemampuan dan kerjasama yang baik dari semua pihak.

    BalasHapus
  18. Upaya yang harus diterapkan sebagai tenaga kesehatan ada lah dengan cara memperhatikan lingkungan kerja dan diri agar dapat terhindar dari bahaya,untuk itu cara yang efektif dalam menghadapi bahaya dengan menggunakan alat pelindung diri seperti masker, dan handscoon.agar kita dapat merasa aman dan nyaman dalam bekerja.

    BalasHapus
  19. Kesehatan dan keselamatan kerja di Tempat Kerja Kesehatan bertujuan agar petugas, masyarakat dan lingkungan tenaga kesehatan saat bekerja selalu dalam keadaan sehat, nyaman, selamat, produktif dan sejahtera. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, perlu kemauan, kemampuan dan kerjasama yang baik dari semua pihak. Pihak pemerintah dalam hal ini Departemen Kesehatan sebagai

    lembaga yang bertanggung-jawab terhadap kesehatan masyarakat, memfasilitasi pembentukan berbagai peraturan, petunjuk teknis dan pedoman K3 di tempat kerja kesehatan serta menjalin kerjasama lintas program maupun lintas sektor terkait dalam pembinaan K3 tersebut.

    Keterlibatan dan komitmen yang tinggi dari pihak manajemen atau pengelola tempat kerja kesehatan mempunyai peran sentral dalam pelaksanaan program ini. Demikian pula dengan pihak petugas kesehatan dan non kesehatan yang menjadi sasaran program K3 ini harus berpartisipasi secara aktif, bukan hanya sebagai obyek tetapi juga berperan sebagai subyek dari upaya mulia ini. Melalui kegiatan Kesehatan dan Keselamatan Kerja , diharapkan petugas kesehatan dan non kesehatan yang bekerja di tempat kerja kesehatan dapat bekerja dengan lebih produktif, sehingga tugas sebagai pelayan kesehatan kepada masyarakat dapat ditingkatkan mutunya

    BalasHapus
  20. Upaya yang mungkin bisa kita lakukan adalah mawas diri, peduli akan pentingnya kesehatan bagi diri kita sendiri dengan bekerja sesuai prosedur yang ada , sehingga dengan demikian resiko kecelakaan kerja akan sangat minim.

    BalasHapus
  21. Hal yg harus dilakukan guna atau upaya kesehatan kerja pd pelayanan kesehatan ditujukan untuk melindungi tenaga kesehatan agar tidak mengalami kecelakaan kerja, dengan cara melindungi diri dari bahaya maka kita berkewajiban memakai alat pelindung diri (APD) dengan tepat dan benar serta mematuhi semua syarat keselamatan dan kesehatan kerja yang diwajibkan.
    Dan ketika kita selaku tenaga kesehatan yg bekerja melayani masyarakat, harus mampu mengukur tingkat kesehatan, jika pada diri kita sdh mengalami gangguan kesehatan (sakit), sebaiknya tidak melakukan pekerjaan atau tindakan yg dpt membahayakan diri kita. Krn menghindari kejadian yg tidak di inginkan merupakan slh satu bagian dr Perlindungan Diri dalam Keselamatan Kerja.

    BalasHapus
  22. sebagai tenaga kesehatan kita harus perduli dengan kesehatan kerja diri kita lebih dahulu dan upaya kesehatan kerja pada pelayanan kesehatan dilakukan pada tenaga kesehatan untuk menjaga keselamatan diri dari bahaya /resiko pekerjaan diantaranya selalu melaksanakan pekerjaan sesuai dengan SOP.dengan menggunakan alat pelindung diri.

    BalasHapus
  23. Ciptakan suasana yang aman dengan memakai APD dan SOP sesuai standar yang ditentukan.

    BalasHapus
  24. Sebagai tenaga kesehatan berupaya dalam K3,salah satunya dg pencegahan infeksi dg mencuci tangan sebelum dan sesudah bekerja,memakai alat pelindung diri untuk menghindari kecelakaan saat bekerja.

    BalasHapus
  25. Sebagai tenaga kesehatan upaya yang dapat dilakukan terlebih dahulu perduli dengan kesehatan diri kita dengan mengikuti SOP yang ada sehingga kita merasa lebih aman saat bekerja dan terlindungi dari terinfeksi penyakit.

    BalasHapus
  26. Mengaju pada keadaan sesungguhnya di tempat kerja serta pengalaman pribadi, saya berpndapat bahwa penerapan K3 di tempat kerja bertujuan agar pekerja saat bekerja selalu dalam keadaan sehat, nyaman, selamat, produktif dan sejahtera.Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, perlu kemauan, kemampuan dan kerjasama yang baik dari semua pihak. penyakit hendaknya dapat bekerja dengan mengikuti SOP dan alat perlindungan diri agar tidak terinfeksi penyakit. Misalnya dengan memakai masker, sarung tangan dll. Prinsip pencegahan ineksi harus benar-benar kita terapkan dengan baik. Suasana lingkungan juga harus terjaga kebersihannya.

    BalasHapus
  27. Upaya yg dapat dilakukan sebagai tenaga kesehatan antara lain kita perduli dengan kesehatan kerja diri kita lebih dahulu sehingga kalau kita sudah merasa aman dan nyaman saat bekerja otomatis kita juga akan perduli dgn lingkungan sekitar kita,terutama lingkungan kerja yang tidak aman dan sehat,sehingga terbebas dari kondisi tidak aman dan keadaan tidak aman.

    BalasHapus
  28. Dalam pelaksanaanya hal ini masih rendah, terlebih pada sector informal, bagaimana saudara mensikapi upaya kesehatan kerja, terlebih di pelayanan kesehatan?
    Upaya yang dapat kita lakukan adalah berusaha melaksanakan tugas sesuai dengan prosedur kerja yang telah ditetaokan sesuai dengan protap. Selanjutnya bekerjalah dengan menggunakan pelindung kesehatan yang telah disediakan sehingga dengan demikian resiko kecelakaan kerja akan minimal.

    BalasHapus
  29. Upaya kesehatan kerja di pelayanan kesehatan ditujukan untuk melindungi tenaga kesehatan agar hidup sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan serta pengaruh buruk yang diakibatkan oleh tenaga kesehatan tersebut. Untuk melindungi diri dari bahaya, tenaga kesehatan berkewajiban memakai alat pelindung diri (APD) dengan tepat dan benar sesuai dengan SOP dengan mematuhi semua syarat keselamatan dan kesehatan kerja yang diwajibkan, agar dapat bekerja secara sehat tanpa membahayakan diri sendiri dan masyarakat sekelilingnya hingga diperoleh produktifitas kerja yang optimal.
    Untuk masyarakat khususnya didaerah kepulauan kita berikan pengertian tentang pentingnya APD seperti pelampung agar terhindar dari hal yang kita tidak inginkan bila terjadi badai.

    BalasHapus
  30. sbg tenaga kesehatan dilakukan dengan standar operasional prosedur dan mengunakan alat pelindungan diri agar bisa menjaga diri kita aman untuk mengindari kecelakan/terlindung penyakit kontak pasien.

    BalasHapus
  31. mensikapi upaya kesehatan kerja, terlebih di pelayanan kesehatan? Didalam pelayanan kesehatan hal yang perlu disikapi menurut saya berawal dari diri sendiri untuk mempraktekan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan atau SOP contohnya dengsn menggunakan alat pelindung kesehatan untuk mencegah penularan penyakit kemudian mensosialisasikan kepada rekan kerja yang belum mempraktekan SOP dalam bekerja.

    BalasHapus
  32. upaya kesehatan kerja pada pelayanan kesehatan dilakukan pada tenaga kesehatan untuk menjaga keselamatan diri dari bahaya /resiko pekerjaan.seperti memakai alat pelindung diri (sarung tangan) sebelum melakukan tidakan,jika kita sudah menjaga keselamatan otomatis kerja akan mersa aman.

    BalasHapus
  33. upaya kesehatan kerja di pelayanan kesehatan sebagaimana saudara utarakan, pada prinsipnya dengan penataan lingkungan kerja dengan meminimalkan sumber paparan. hal lain seperti kesehatan diri untuk menghindari paparan dengan upaya meningkatkan imunitas, dan penggunaan APD, melakukan kegiatan sesuai prosedur, karena kita ketahhui bahwa tenaga kesehatan maupun tenaga lainya di pelayanan kesehatan adalah kelompok yang berisiko terpapar sumber bahaya.

    BalasHapus
  34. Sebagai tenaga medis tentunya alat perlindungan diri adalah menjadi hal utama sebelum melakukan tindakan namun pada kenyataannya di lapangan kita sering melupakan untuk menggunakannya. Yang paling sederhana adalah penggunaan masker dan hanscoon. Padahal saat kita bekerja di Puskesmas resiko untuk tertular penyakit sangatlah besar.

    Seharusnya sebagai tenaga kesehatan terlebih dahulu kita sejahterakan kesehatan dimulai dari pribadi baru kita bisa menerapkannya kepada masyarakat.

    BalasHapus
  35. Tenaga kesehatan dapat berupaya antara lain kita perduli dengan kesehatan kerja diri kita lebih dahulu sehingga kalau kita sudah merasa aman dan nyaman saat bekerja otomatis kita juga akan perduli dgn lingkungan sekitar kita,terutama lingkungan kerja yang tidak aman dan sehat,sehingga terbebas dari kondisi tidak aman dan keadaan tidak aman yang tentu merupakan hal paling utama.

    BalasHapus
  36. Kesehatan kerja merupakan upaya melindungi karyawan dari segala hal yang dapat merugikan kesehatan akibat kerja. Upaya dari segi kesehatan adalah melakukan medical check up thd karyawan secara rutin yaitu 1 th sekali dan dilakukan evaluasi thd karyawan yg terkena penyakit akibat kerja. Penting sekali suatu perusahaan melakukan kemitraan dg RS setempat untuk mempermudah dlm memperoleh pelayanan kesehatan.

    BalasHapus
  37. Masih banyak tenaga medis yg sebenarnya faham akan bahaya penyakit dan manfaat alat pelindung diri, namun dalam pelaksanaannya di kehidupannya sehari hari sering di lupakan. Tenaga medis tau bahwa banyak penyakit yang bisa ditularkan dari kontak fisik namun jarang sekali tenaga medis yg menggunakan hanscoon bila bersentuhan dengan pasien. Setelah mengetahui seorang pasien mengidap penyakit tertentu batrulah timbul kesadaran untuk menggunakan handscoon. Tentunya hal ini sangat di sayangkan, tenaga medis sebagai penyuluh kesehatan namun tidak bisa melindungi diri sendiri. Jadi bisakan dari diri kita sendiri dahulu.

    BalasHapus
  38. Upaya kesehatan kerja di pelayanan kesehatan dengan mematuhi standar operasional prosedur yang telah ditentukan dalam melakukan pelayanan kesehatan misal penggunaan APD dll, dengan secara otomatis kita melakukan pelayanan kesehatan dengan baik sehingga dapat mewujudkan derajat kesehatan yang diharapkan dan tentunya harus diiringi dengan suasa lingkungan yang aman dan nyaman pula sehingga kita akan terlindungi dari bahaya kesehatan yang ditimbulkan dari pelayanan yang kita lakukan.

    BalasHapus
  39. Karena upaya perlindungan terhadap para pekerja masih rendah, terutama dibidang kesehatan yg dapat kita lakukan adl dg memberikan pemahaman betapa pentingnya menjaga diri / melindungi diridari kecelakaan kerja, sehingga pekerja dpt memahami dan menjalankan dg sadar untuk dpt menghindari dan mencegah hal-hal yg dpt menimbulkan kecelakaan kerja

    BalasHapus
  40. Upaya kita sebagai tenaga kesehatan kita harus peduli dengan kesetan kerja kita dulu,karena kita sebagai tenaga kesehatan sangat rentan terhadap resiko infeksi dan rentan tertular penyakit maka hendaknya bekerja sesuai SOP dan alat pelindung diri sehingga tidak terinfeksi dan tertular penyakit.Misalnya salalu mencuci tangan sebelum dan sesudah memeriksa pasien dan menggunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan,masker dll.

    BalasHapus
  41. Menurut pendapat saya, sebisa mungkin kita sebagai petugas kesehatan mengupayakan agar lingkungan tempat kita bekerja harus dalam keadaan aman, baik itu aman diri, aman lingkungan.
    Aman diri disini yang dimaksudkan adalah dalam memberikan pelayanan kesehatan jangan sampai kita sebagai petugas keshatan mudah atau bisa tertular penyakit infeksi, yaitu dengan cara melakukan pekerjaan sesuai SOP dan memakai alat pelindung diri.
    Sedang untuk aman lingkungan yang dimaksud disini adalah keadaan disekitar tempat kita melakukan pekerjaan, jangan sampai pada saat kita melakukan pekerjaan, lingkungan tempat kita bekerjamengganggu kita dalam melakukan pekerjaan sehingga membahayakan diri kita maupun orang lain.

    BalasHapus
  42. upaya kita sbg tenaga kesehatan bertujuan untuk keadaan sehat,nyaman,aman,bekrja juga dengan prosedur yang ada dan melakukan tindakan dengan mengunakan alat pelindungan diri,Prinsip pencegahan infeksi harus benar-benar kita terapkan dengan baik.melakukan pelatihan kerja bagi setiap pegawai/karyawan.

    BalasHapus
  43. Sebagai tenaga kesehatan yang rentan tertular penyakit hendaknya dapat bekerja dengan mengikuti SOP dan menggunakan alat perlindungan diri agar tidak terinfeksi penyakit. Misalnya dengan memakai masker, sarung tangan, tutup kepala dll. Prinsip pencegahan infeksi harus di terapkan dengan baik misalnya dengan cuci tanggan sebelum dan sesudah bekerja. Suasana lingkungan harus terjaga kebersihannya dan kerapihannya.

    BalasHapus
  44. Upaya kita sebagai tenaga kesehatan dalam upaya kesehatan kerja terutama sektor informal adalah :

    1. Memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat pekerja di semua lapangan pekerjaan yang setinggi-tingginya baik secara fisik, mental maupun kesejahteraan sosialnya.
    2. Mencegah gangguan kesehatan masyarakat pekerja yang diakibatkan oleh keadaan/kondisi lingkungan kerjanya.
    3. Memberikan perlindungan bagi pekerja didalam pekerjaannya dari kemungkinan bahaya yang disebabkan oleh faktor-faktor yang membahayakan kesehatan.
    4. Menempatkan dan memelihara pekerja disuatu lingkungan pekerjaannya yang sesuai dengan kemampuan fisik dan psikis pekerjaannya.

    BalasHapus
  45. sebagai tenaga kesehatan hendaknya menggunakan alat pelindung diri dan bekerja sesuai dengan SOP agar dapat mencegah terjadinya penularan penyakit, seperti penggunaan masker, sarung tangan, mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah bekerja

    BalasHapus
  46. Upaya kesehatan kerja di pelayanan kesehatan ditujukan untuk melindungi tenaga kesehatan agar hidup sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan serta pengaruh buruk yang diakibatkan oleh tenaga kesehatan tersebut. Untuk melindungi diri dari bahaya, tenaga kesehatan berkewajiban memakai alat pelindung diri (APD) dengan tepat dan benar serta mematuhi semua syarat keselamatan dan kesehatan kerja yang diwajibkan, agar dapat bekerja secara sehat tanpa membahayakan diri sendiri dan masyarakat sekelilingnya hingga diperoleh produktifitas kerja yang optimal.

    BalasHapus
  47. sebagai tenaga kesehatan kita harus perduli dengan kesehatan kerja diri kita lebih dahulu dan upaya kesehatan kerja pada pelayanan kesehatan dilakukan pada tenaga kesehatan untuk menjaga keselamatan diri dari bahaya /resiko pekerjaan diantaranya selalu melaksanakan pekerjaan sesuai dengan SOP.dengan menggunakan alat pelindung diri.

    BalasHapus
  48. Upaya kita sebagai tenaga kesehatan kita harus peduli dengan kesetan kerja kita dulu,karena kita sebagai tenaga kesehatan sangat rentan terhadap resiko infeksi dan rentan tertular penyakit maka hendaknya bekerja sesuai SOP dan alat pelindung diri sehingga tidak terinfeksi dan tertular penyakit.Misalnya salalu mencuci tangan sebelum dan sesudah memeriksa pasien dan menggunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan,masker dll.

    BalasHapus
  49. Cool......

    Untuk Info Pelatihan dan Sertifikasi K3 Klik : deltaindo.co.id

    BalasHapus