23 Mei 2013

Studi Epidemiologi


Studi epidemiologi dapat dilakukan dalam berbagai masalah, seperti penyakit, lingkungan, sosial, sistem pelayanan dan sistem manajemen, termasuk pada bidang keperawatan. Sesuai dengan tujuannya bahwa epidemiologi dipelajari untuk mencari faktor risiko dan penyelesaiannya. Epidemiologi berorientasi pada aksi/program kegiatan seperti tindakan preventif, promotif, perlindungan, kuratif dan rehabilitatif.



Apa komentar saudara dengan tindakan tersebut dan apa yang dapat kita lakukan untuk dapat mengurangi masalah kesehatan, termasuk masalah-masalah dibidang keperawatan?

Selanjutnya untuk mengetahui apa yang menjadi risiko munculnya masalah, harus dilakukan dengan analisa epidemiologi dengan klik disini

91 komentar:

  1. untuk menjaga kesehatan kita dapat melakukan pencegahan seperti makan yang teratur dan olah raga yg rutin.
    kalau kita sebagai tenaga kesehatan kita dapat melakukan penyuluhan kepada masyarakat agar pengetahuan masyarakat menjadi meningkat dan di iringi oleh perubahan prilaku masyarakat yg menjadi lebih baik

    BalasHapus
  2. mengenai tindakan" tersebut ita menyimpulkan bawasannya pada umumnya kesmas lebih menekankan kpd promotif dan preventif,,namun tanpa mengkesampingkan kuratif dan rehab.

    menurut ita lebih efisien bila preventif dan promotif yang diterapkan utama, karena meminimalisir insiden penyakit.

    jika dibidang perawat, pastinya lebih menekankan pd rehab,, dn kuratif,, contoh : kita dapat melakukan penyuluhan dn survey dahulu, lalu memutus mata rantai yg jd pnyebab utama.

    BalasHapus
  3. aduh pak maaf salah log in bloger hhhee :D

    BalasHapus
  4. Tindakan tersebut sudah sangat baik apabila dilakukan dengan sungguh2 sesuai dengan bidang masing2,karena untuk program perkesmas yang kita utamakan adalah dg preventif dan promotip untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan mengikutsertakan masy dalam kegiatan tsbt.

    Untuk mengurangi masalah kesehatn yaitu dengan:
    - Preventif,sasaran penduduk yang tdk sakit agar terhindar dari ancaman penyakit dan lingkungan,pencegahan khusus melalui crsening,penyukluhan masyarakat,imunisasi dan prilaku tenaga kesehatan yang provesional.
    - Promotif,dengan promotif dapat meningkatkan pemeliharaan kesehatan penduduk,kegiatan olah raga kebugaran,kegiatan UKGS,Peningkatan gizi masyarakat yang didasarkn pada: pengaturan perundang-undangan dan Kerja sama dengan sektor lain.
    - Perlindungan,Perlindungan masyarakat terhadap pencemaran,rekayasa,rudapaksa,penyalahgunaan,kecelakaan,sanitasi air minum,makanan,pengendalian bahaya alam potensia.
    - Pengobatan,tersedianya sarana dan prasarana untuk memberikan pengobatan terhadap penduduk yang mencari pertolongan(pengobatan).

    BalasHapus
  5. studi epidemologi sebaiknya tidak hanya melihat dari sisi penyebab langsung masalah kesehatan saja, namun faktor sosial, ekonomi,kebudayaan turut berperan dalam status kesehatan. disini tindakan promotive, prefentif harus lebih menjadi perhatian utama.pada masyarakat faktor-faktor tersebut diatas terkadang telah terbentuk turun temurun secara otomatis sehingga membutuhkan tehnik dan metode kusus dalam penerapanya yang dikhawatirkan akan menambah masalah kesehatan.

    BalasHapus
  6. Handayani
    Preventif : Konsep pembangunan kesehatan saat ini adalah konsep sehat, maka sebenarnya program aksi preventif ini sgt mendukung konsep trsb, dimana masyarakat hrs menjaga kesehatan diri dan lingk nya sebelum adanya suatu wabah penyakit.
    Promotif : Selama ini kegiatan promotif telah berlangsung secara kontiniue di pusk, tetapi hanya terbatas promotif jika telah terjadi suatu wabah. Prog aksi promotif ini menurut saya msh kurang optimal jika pola fikir petugas kes msh sempit dlm mengartikan promotif.
    Perlindungan : Masy msh kurang memperhatikan perlindungan diri baik di lingk tempat tinggal maupun dilingk kerja, budaya K3 msh kurang diperhatikan,
    Kuratif : Masyarakat indonesia msh berfikir bahwa sarana kes hanya digunakan untk pengobatan, jika tdk sakit masyarakat enggan untuk berkunjung ke pelayanan kes, walaupun hanya sekedar konsultasi masalah kes dan lingk.
    Rehabilitatif : Setelah mengalami suatu penyakit yg mengakibatkan kecacatan br lah masyarakat bereaksiuntuk melakukan proses penyembuhan untuk dpt kembali normal.
    Menurut saya dg fenomena yg ada saat ini langkah aksi yg telah dilakukan oleh pemerintah tak ubahnya sebuah fenomena gunung es yg sewaktu-waktu akan dapat meledak dan menjadi kegagalan program. Dana yg di sediakan pemerintah pusat dan daerah akan terbuang sia-sia jika petugas kes tidak berperan aktif dan konsisten dalam melaksanakan prog aksi tsb.

    BalasHapus
  7. SUGIYATNO, 12320146.p.
    studi epidemologi sebaiknya tidak hanya melihat dari sisi penyebab langsung masalah kesehatan saja, namun faktor sosial, ekonomi,kebudayaan turut berperan dalam status kesehatan. disini tindakan promotive, prefentif harus lebih menjadi perhatian utama.pada masyarakat faktor-faktor tersebut diatas terkadang telah terbentuk turun temurun secara otomatis sehingga membutuhkan tehnik dan metode kusus dalam penerapanya yang dikhawatirkan akan menambah masalah kesehatan.

    BalasHapus
  8. elah diketahu bahwa untuk dapat meningkatkan derajat kesejahteraan hidup masyarakat, perlulah diselenggarakan antara lain pelayanan kesehatan (health services) yang sebaik-baiknya. Adapun yang dimaksudkan dengan pelayanan kesehatan disini ialah setiap upaya yang diselenggarakan sendiri atau secara bersama-sama dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan mengobati serta memulihkan kesehatan perorangan, kelompok serta masyarakat. Untuk dapat menyelenggarakan pelayanan kesehatan masyarakat yang baik, banyak hal yang harus diperhatikan. Salah satu diantaranya ialah yang menyangkut frekwensi, penyebaran serta faktor-faktor yang mempengaruhi frekwensi dan penyebaran masalah kesehatan yang ada di masyarakat. Dari sudut ilmu kesehatan masyarakat (public health science), kegiatan yang dimaksud untuk mempelajari masalah seputar frekwensi, penyebaran serat faktor-faktor yang mempengaruhi frekwensi dan penyebaran masalah kesehatan yang ada di masyarakat, termasuk dalam cabang ilmu epidemiologi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Studi epidemologi sebaiknya tidak hanya melihat dari sisi penyebab langsung masalah kesehatan saja, namun faktor sosial, ekonomi,kebudayaan turut berperan dalam status kesehatan. disini tindakan promotive, prefentif harus lebih menjadi perhatian utama.pemerintah seharusnya bekerja sama dgn daerah dalam pengupayaannya,agar lebih terfokus

      Hapus
  9. Efrina Sari : Hadir : Comment: Menurut saya program diatas sudah sangat tepat dalam rangka mengurangi masalah kesehatan ,namun harus dimulai dari tim tenaga kesehatan yg harus mempunyai komitmen yg sunguh-sunguh untuk menjalankan program-program diatas ,jika tim ten.kes kita sudah solid maka dengan mudah kita bisa mengajak dan merangkul sektor lain.
    Sedangkan langkah-langkah masalah-masalah di bidang keperawatan selain program diatas yg menekankan preventif dan rehabilitasi kita sebagai tenaga perawat baik di puskes atau RS harus memberikan perhatian ekstra di lini kuratif dan rehabilitasi agar bisa menekan angka kesakitan yg lebih lanjut dan sebagai ppencegahan sekunder ,misalnya dengan penkes thd keluarga pasien yg dirawat.

    BalasHapus
  10. menjelaskan mekanisme terjadinya penyakit, sehingga dapat digunakan untuk mencegah penyakit dan meningkatkan kesehatan masyarakat, termasuk kesehatan lingkungan dan kesehatan lingkungan kerja.
    Upaya promotif dan preventif ini lebih efektif untuk mempertahankan dan meningkatkan derajat kesehatan daripada usaha kuratif dan rehabilitative, ini dapat dilihat melalui slogan “Lebih baik mencegah daripada mengobati”.
    upaya pencegahan dapat dilakukan pada tahap sebelum terjadinya sakit dan pada tahap setelah terjadinya sakit

    BalasHapus
  11. EFRINA SARI,NPM 12320097, HADIR, COMMENT :
    Menurut saya program diatas sudah sangat tepat dalam rangka mengurangi masalah kesehatan ,namun harus dimulai dari tim tenaga kesehatan yg harus mempunyai komitmen yg sungguh-sungguh untuk menjalankan program-program diatas ,jika tim tenaga kesehatan kita sudah solid maka dengan mudah kita bisa mengajak dan merangkul sektor lain.
    Sedangkan langkah-langkah dalam mengurangi masalah-masalah di bidang keperawatan selain program diatas yg menekankan preventif dan promotif kita sebagai tenaga perawat baik di puskes atau RS harus memberikan perhatian ekstra juga di lini kuratif dan rehabilitatif agar bisa menekan angka kesakitan yg lebih lanjut dan sebagai pencegahan sekunder ,misalnya dengan penkes thd keluarga pasien yg dirawat.

    BalasHapus
  12. Tindakan seperti yang diatas akan berjalan dengan baik apabila sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, untuk mengurangi masalah kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti (olahraga teratur, makan-makanan sehat, perbanyak minum air putih,dll) terutama oleh diri sendiri terlebih dahulu setelah itu lingkungan masyarakat.
    Karena kesadaran dalam diri individu terlebih dahulu lebih utama untuk meningkatkan derajat kesehatan yang lebih baik terutama promotif dan preventif seperti pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati.
    Dibidang kperawatan dapat dilakukan promotif dengan promosi kesehatan seperti penyuluhan tentang penyakit2 yang sering muncul dikalangan masyarakat akan memberi pengetahuan kpd masyarakat akan memudahkan tindakan preventif sebelumt tindakan kuratif.

    BalasHapus
  13. MASNONA NOVIRIA, NPM 12320123, HADIR ,COMMENT :
    Dalam rangka mengurangi masalah-masalah kesehatan di masyarakat upaya preventif dan promotif harus mendapatkan perhatian lebih tanpa mengabaikan upaya kuratif dan rehbilitatif, sehingga dapat tercapai tujuan peningkatan kesehatan yg selaras dengan tujuan epidemiologi.Sementara untuk mengurangi masalah kesehatan di bidang keperawatan selain preventif dan promotif , kuratif dan rehabilitasi itu juga sangat penting karena dapat mengurangi resiko komplikasi atau pencegahan sekunder.

    BalasHapus
  14. »»

    IDA NIKMATUS SAUMI
    NPM.12320112.P

    ► [1.] Apa komentar saudara dengan tindakan tersebut?
    → JAWAB :
    Secara umum, dapat dikatakan bahwa tujuan yang hendak dicapai dalam epidemiologi adalah memperoleh data frekuensi, distribusi dan determinan penyakit atau fenomena lain yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat.
    → Sedangkan tujuan epidemiologi menurut Risser (2000), Gordis (2000), Gerstman (1998), Kleinbaum (1982) dapat di simpulkan sebagai berikut :
    • Mendeskripsikan Distribusi, kecenderungan dan riwayat alamiah suatu penyakit atau keadaan kesehatan populasi.
    • Menjelaskan etiologi penyakit.
    • Meramalkan kejadian penyakit.
    • Mengendalikan distribusi penyakit dan masalah kesehatan populasi.


    ► [2.] Apa yang dapat kita lakukan untuk dapat mengurangi masalah kesehatan, termasuk masalah-masalah di bidang keperawatan?
    → JAWAB :
    • Mengidentifikasi berbagai faktor penyebab maupun faktor risiko yang berhubungan dengan timbulnya penyakit dan masalah kesehatan lainnya, dilanjutkan dengan beberapa langkah pokok berupa :
    a. Pengkajian keperawatan pasien sebagai deteksi dini (sasaran prioritas)
    b. Penyuluhan kesehatan
    c. Tindakan Keperawatan (direct care)
    d. Konseling keperawatan
    e. Pengobatan (sesuai kewenangan)
    f. Rujukan pasien/masalah kesehatan, dan
    g. Dokumentasi keperawatan
    _

    ««

    BalasHapus
  15. NURWATI

    Studi epidemiologi adalah : Studi ilmu yg mempelajari distribusi (penyebaran), frekuensi (jumlah/angka) dan determinan (penyebab) penyakit atau masalah kesehatan pada suatu penduduk.
    Tindakan kita adalah menjaga kebersihan badan seperti;
    - mandi 2 X sehari
    - menggosok gigi sesudah makan dan sebelum tidur
    - mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas
    - makan makanan yg bersih, sehat dan bergizi
    - mengurangi kebiasaan jajan sembarangan.

    BalasHapus
  16. dengan pencegahan yang di atas itu bagus, tetapi kalo kesmas lebih kepromotif...
    tetapi tidak menghilangkan perlindungan, kuratif dan rehabilitatif. tetapi harus bekerja sama biar tercipta masyarakat yang sehat...

    BalasHapus
  17. -Menurut saya lebih cenderung ke Preventif dari pada tindakan tindakan yang lainnya yang sifatnya pengobatan, karena terkadang yang terjadi dimasyarakat tindakan kuratif lebih banyak dari pada preventif.
    -pada dasarnya semua masalah penyakit yang ada dimasyarakat di awali dengan tindakan preventif yang kurang baik.
    -jadi tindakan preventif atau pencegahan akan lebih tepat sasaran dari pada tindakan tindakanyang lainnya.

    BalasHapus
  18. menurut saya tindakan diatas sudah sangat tepat apabila semua petugas melaksanakannya dengan baik,untuk dapat mengurangi masalah kesehatan dengan cara meningkatkan tindakan kesehatan di atas,preventif,promotif,perlindungan,kuratif dan rehabilitatif

    BalasHapus
  19. menurut pendapat saya tindakan untuk meningkatkan kesehatan melalui upaya preventif,promotif,perlindungan,kuratif,dan rehabilitif,sudah mncakup semua upaya untuk meningkatkan kesehatan,mulai dari pencegahan sampai dengan pengobatan,dalam hal ini yang perlu di tekankan atau diperioritaskan adalah upaya preventif dan promotifnya karena dengan diadakannya upaya untuk peningkatan pengetahuan tentang pentingnya arti kesehatan dan dampak besar yang di dapat dari terciptanya lingkungan yang sehat maka dengan sendirinya masnyarakat akn berupaya untuk menjaga kesehatan baik pribadi maupun lingkunganya dan jika terjadi sakit dapat secara sigap untuk memeriksakan diri ke tempat pelayanan kesehatan jadi secara tidak langsung akan meningkatkan derajat kesehatan.

    BalasHapus
  20. bambang hirawan
    sesuai tujuan epidemiologi untuk mencari faktor resiko dan penyelesainnya diperlukan program kegiatan yang meliputi upaya preventif,promotif,perlindungan,kuratif dan rehabilitatif. upaya-upaya yang dilakukan masing-masing program diatas akan dapat berjalan optimal apabila ada komitmen dari petugas kesehatan yang mau dan mampu melaksanakan tugas sesuai tupoksinya,dari masyarakat yang mempunyai kesadaran tentang pentingnya nilai kesehatan,dari penentu kebijakan yang memberikan apa yg diperlukan untuk menunjang kegiatan baik berupa fasilitas maupun peraturan perundangan, dan dari sektor lain yg mau bekerjasama untuk tercapainya tujuan dengan tetap memperhatikan aspek sosial,budaya,ekonomi dan pendidikan. tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi masalah kesehatan lebih ditekankan pada upaya promotif dan preventif,misalnya perilaku berPHBS pada setiap tatanan rumah tangga,pendidikan kesehatan dimulai dari lini terbawah/keluarga dan peningkatn gizi keluarga dengan pemanfaatan pekarangan tanpa mengesampingkan upaya kuratif dan rehabilitatif

    BalasHapus
  21. pendekatan yang digunakan dlm plynn keshatan adalah kuratif dan reha bilatif. kes masy menggunakan pendekatan preventidan promatif.
    preventif(pencegahan) adlh mncegah jgn sampai terkena penyakit atau menjagaorg yg sehat agar ttp sht
    promotif(peningkatkan) meningkatkan agr sttus kes menjadi semakin meningkat

    BalasHapus
  22. SUSANTI, NPM 12320148.P, HADIR

    studi epidemologi sebaiknya tidak hanya melihat dari sisi penyebab langsung masalah kesehatan saja,tetapi juga mempelajari bagaimana distribusi,determinan dan penyebaran suatu penyakit,selain itu faktor sosial, ekonomi,kebudayaan turut berperan dalam status kesehatan. disini tindakan promotive, prefentif harus lebih menjadi perhatian utama.

    BalasHapus
  23. wiyono
    menurut saya secara teori memang benar bahwa bahwa epidemilogi dipelajari utk mencari faktor resiko dan penyelesaiannya. orientasinya pd aksi/program kegiatan tindakan preventif, promotif,perlindungan, curatif dan rehabilitatif. tetapi yg tidak kalah penting adalah pd tingkat pengambil kebijakan dalm hal ini pemerintah. semua kegiatan tersebut diatastidak alan jalan apabila pemerintah baik pusat maupun daerah tidak mendukung. sepengetahuan saya, selama ini tidak ada kegiatan tersebut diatas yg dilakukan oleh pihak swasta.

    BalasHapus
  24. hadir
    studi epidemologi sebaiknya tidak hanya melihat dari sisi penyebab langsung masalah kesehatan saja, namun faktor sosial, ekonomi,kebudayaan turut berperan dalam status kesehatan. disini tindakan promotive, prefentif harus lebih menjadi perhatian utama dalam masalah kesehatan.

    BalasHapus
  25. Menurut saya upaya pencegahan dan ukuran frekuensi penyakit.
    Dalam kesehatan masyarakat dengan cara yakni penyedian makanan sehat dan cukup (kualitas maupun kuantitas) atau perbaikan hygiene dan sanitasi lingkungan misalnya, penyedian air bersih, prmbuangan sampah serta pembuangan tinja dan limbah.
    Selanjutnya bisa dengan memberikan pendidikan kesehatan kepada masyarakat dan Olahraga secara teratur sesuai kemampuan individu.

    BalasHapus
  26. Sudarmanto@ menurut sy studi epidemiologi tdak hanya mencri penyaba kesehatan melalui lingkungan, tetepi hrus memperhatikan aspek yg lain yaitukebutuhan pasien atau pun masyrakatnya

    BalasHapus
  27. kita sebagai kesmas wajib untuk dalam tahap preventif dan promotif tanpa engesampingkan kuratif dan rehabilitatif. karna kalau sudah masuk pd tahap perawatan itu berarti sudah dalam proses kuratif ataupun rehabilitatif. jadi menurut desy sebagai public health kita lbh menekankan pada promotif dan preventif untuk menekan atau meminimalisir masalah masalah penyakit

    BalasHapus
  28. menurut saya
    tindakan untuk mengurangi masalah kesehatan diatas yaitu penerapan masyarakat tentang pencegahan penyakit.
    dengan faktor tersebut dapatr mengurangi angka masalah kesehatan yang dialami saat ini

    terimakasih

    BalasHapus
  29. Peranan epidemiologi dalam bidang kesehatan memang sangat penting. Kita dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang berperan dalam terjadinya penyakit atau masalah kesehatan dalam masyarakat, menyediakan data yang diperlukan untuk perencanaan kesehatan dan mengambil keputusan, membantu melakukan evaluasi terhadap program kesehatan yang sedang atau telah dilakukan, atau mengembangkan metodologi untuk menganalisis keadaan suatu penyakit dalam upaya untuk mengatasi atau menanggulanginya. Dan upaya ini dapat mengurangi masalah-masalah kesehatan, disamping upaya kita dalam menjaga asupan gizi dan kesehatan jasmani.

    BalasHapus

  30. Menurut saya upanya peningkatan derajat kesehatan melalui upaya promotiflebih ditekan kan pada peningktan ilmu pengetahuan terhadap masyarakat, dimulai dari penyuluhan pada individu atau kelompok masyarakat tentang bagaimana hidup sehat,faktor penyebab terjadinya suatu penyakit. dan upaya penanggulangan suatu penyakit.Tentu saja dalam hal ini peran pemerintah terhadap upaya peningkatan kesehatan sangat penting. terutama penempatan tenaga kesehatan yang berperan dalam promosi dan pelayanan kesehatan harus benar-benar memiliki komitmen yang tinggi dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat.

    BalasHapus
  31. tugas pokok perawat salah satunya adalah melakukan preventif,promotif,advokasi dan rehabilitatif terhadap pasien,meski melakukan tindakkan kuratif, itupun dengan pelimpahan kewenangan dari dokter
    kegiatan epidemolgi yang di maksud sudah dapat di katakan Tepat karena lingkup dari epid sendiri adalah
    • Menjelaskan etiologi /determinan penyakit.
    • Meramalkan frekwensi penyakit.
    • Mengendalikan distribusi penyakit dan masalah kesehatan populasi.

    BalasHapus
  32. sandi septian pp,12320142. p
    Peran perawat komunitas dalam epidemiologi berdasarkan rumusan Departemen Kesehatan sebagai penemu kasus di lapangan yaitu:
    1.Melakukan surveilans epidemiologi
    2.Melakukan penemuan kasus atau masalah kesehatan di masyarakat.
    3. Menerapkan prinsip privasi dalam penemuan kasus-kasus yang dinilai negatif oleh masyarakat.
    4.Melaporkan hasil penemuan kasus kepada pihak terkait kegiatan-kegiatan perawat yang berhubungan langsung dengan surveilans epidemiologi dalam rangka pencegahan dan pemberantasan penyakit menular

    BalasHapus
  33. kita lebih menekankan kpd promotif dan preventuf
    untuk itu kita mengajak orang untuk malakukan pola hidup yang sehat istirahat cukup
    tapi itu semua kembali lagi pada sifat indifidu masyarakat masing2.
    dan kita sebagai tenaga kes-mas harus memberikan penyuluhan kpd masyarakat

    BalasHapus
  34. Menurut saya upaya peningkatan kesehatan lebih menitik beratkan pada upaya promotif dengan meningkatkan ilmu pengetahuan masyarakat tentang upaya kesehatan, pola hidup sehat dan upaya penanggulangan masalah kesehatan melalui penyuluhan terhadap individu ataupun kelompak masyarakat,Dan untuk tercapainya program tersebut upaya pemerintah dalam penempatan tenaga yang qualyfaied dan memiliki komitmen terhadap peningkatan mutu pelayanan kesehatan sangat penting.

    BalasHapus
  35. nama : deni oktavia
    PSIK kelas B
    MENURUT saya upaya pencegahan penyakit jgn smpai terkena penyakit dan meningkatkan keshtan menjadi meningkat

    BalasHapus
  36. nama umi rosidah
    PSIK kelas B
    MENURUT SAYA program diatas sudah sangat tepat untuk meningkatkan dan pencegahan penyakit agar meningkatna keshatan di masyarakat

    BalasHapus
  37. PSIK kelas B
    nama : rusmiyati
    data diatas preventif,promotif kuratif dan rehabilatif tu sangat penting untuk meningkatkan kesejahateraan masyarakat

    BalasHapus
  38. Tindakan tersebut sudah sangat baik apabila dilakukan dengan sungguh2 sesuai dengan bidang masing2,karena untuk program perkesmas yang kita utamakan adalah dg preventif dan promotip untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan mengikutsertakan masy dalam kegiatan tsbt.

    Untuk mengurangi masalah kesehatn yaitu dengan:
    - Preventif,sasaran penduduk yang tdk sakit agar terhindar dari ancaman penyakit dan lingkungan,pencegahan khusus melalui crsening,penyukluhan masyarakat,imunisasi dan prilaku tenaga kesehatan yang provesional.
    - Promotif,dengan promotif dapat meningkatkan pemeliharaan kesehatan penduduk,kegiatan olah raga kebugaran,kegiatan UKGS,Peningkatan gizi masyarakat yang didasarkn pada: pengaturan perundang-undangan dan Kerja sama dengan sektor lain.
    - Perlindungan,Perlindungan masyarakat terhadap pencemaran,rekayasa,rudapaksa,penyalahgunaan,kecelakaan,sanitasi air minum,makanan,pengendalian bahaya alam potensia.
    - Pengobatan,tersedianya sarana dan prasarana untuk memberikan pengobatan terhadap penduduk yang mencari pertolongan(pengobatan).

    BalasHapus
  39. taufik permana npm.12320149
    menurut sya dari ke 4 kompnen trsebut smua sling brkaitan erat mulai dari preventif, promotif, perlindungan, kuratif dan rehabilitatif. upaya kita sebagai seorang perawat untuk mengurangi masalah kesehatan trmasuk didalamny mslah kperawatan preventif dan promotif lebih d utamakan karena kita sbagai perawat adalah tenaga yg lagsung berhadapan dengan pasien dalam hal ini masyarakat mka kita melakukan upaya2 pendekatan kepada masyarakat tentu dengan asuhan keperawatan komunitas kita melakukan penyuluhan2 kesehatan terhadap masyarakat berupa pencegahan penyakit,pola hidup sehat dsb.

    BalasHapus
  40. resnawati purba
    PSIK Klas A
    upaya preventive lebih tepat dilaksanakan untuk kesejahteraan masyarakat..disampiing mudah, upaya ini juga minim biaya ( cost) nya .sesuai dengan kondisi ekonomi masyarakat kebanyakan.

    BalasHapus
  41. NAMA : KAROSA SANTI RAHAYU
    KLS : PSIK B
    NPM : 12320234.P
    Menurut pendapat saya pak upaya-upaya yang dilakukan masing-masing program diatas akan dapat berjalan optimal,upaya peningkatan kesehatan lebih menitik beratkan pada upaya promotif dengan meningkatkan ilmu pengetahuan masyarakat tentang upaya kesehatan, tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi masalah kesehatan lebih ditekankan pada upaya promotif dan preventif,misalnya perilaku hidup bersih sehat pada setiap tatanan rumah tangga,pendidikan kesehatan dimulai dari lini terbawah/keluarga dan peningkatn gizi keluarga dengan pemanfaatan pekarangan tanpa mengesampingkan upaya kuratif dan rehabilitatif .

    BalasHapus
  42. menurut saya adalah tindakan tersebut sudah sangat tepat apabila dilakukan dengan pengawasan dan evaluasi yang baik juga,karena untuk program perkesmas yang kita utamakan adalah dg preventif dan promotip untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan mengikutsertakan masy dalam kegiatan tsbt.
    peran perawat dalm bidang ini adlah memberikan suatu penyuluhan kepada masyarakat baik dari segi prepentif dan promomotif.

    BalasHapus
  43. Iskandar. Npm 12320115.p
    Dalam bidang kesehatan, epidemiologi mempunyai peranan yang cukup besar karena hasilnya dapat digunakan untuk:
    • Mengadakan anlisis perjalanan penyakit di masyarakat serta perubahan-perubahan yang terjadi akibat intervensi alam atau manusia
    • Mendeskripsikan pola penyakit pada berbagai kelompok masyarakat
    • Mendeskripsikan hubungan antara dinamika penududuk dengan penyebaran penyakit

    BalasHapus
  44. Dengan epidemiologi kita dapat mengukur suatu kejadian,mendistribusikan kejadian tersebut menurut variabel orang,tempat dan waktu, dan berupaya untuk menentukan faktor yg menyebabkan terjadinya kejadian tersebut.adapun yang dapat kita lakukan untuk mengurangi masalah dibidang keperawatan sesuai dg paradigma baru bidang kesehatan yaitu kita titik berat pd tindakan promotif dan prefentif,dg memanfaatkan epidemiologi untuk menggambarkan status kesehsatan,mempelajari riwayat alamiah penyakit,menentukan penyebab,mengevaluasi dampak,sistem pengendalian penyakit, sehingga masalh dibidang keperawatan yang kita. Hadapi dpt ditangani secara komprehensif.

    BalasHapus
  45. Menurut saya program diatas sudah sangat tepat dalam rangka mengurangi masalah kesehatan ,namun harus dimulai dari tim tenaga kesehatan yg harus mempunyai komitmen yg sungguh-sungguh untuk menjalankan program-program diatas ,jika tim tenaga kesehatan kita sudah solid maka dengan mudah kita bisa mengajak dan merangkul sektor lain.
    Sedangkan langkah-langkah dalam mengurangi masalah-masalah di bidang keperawatan selain program diatas yg menekankan preventif dan promotif kita sebagai tenaga perawat baik di puskes atau RS harus memberikan perhatian ekstra juga di lini kuratif dan rehabilitatif agar bisa menekan angka kesakitan yg lebih lanjut dan sebagai pencegahan sekunder ,misalnya dengan penkes thd keluarga pasien yg dirawat.

    BalasHapus
  46. Menurut pendapat saya tindakan untuk meningkatkan kesehatan melalui upaya preventif,promotif,advokasi,kuratif,dan rehabilitif,sudah mncakup semua upaya untuk meningkatkan kesehatan,mulai dari pencegahan sampai dengan pengobatan
    sebagai seorang perawat kita harus melakukan upaya preventif dan promosi terlebih dahulu
    jika memang permasalahn sudah terjadi maka kita dapat melakukan hal seperti advokasi, kuratif dan rehabilitatif

    BalasHapus
  47. STUDY EPIDEMILOGI menurut saya merupakan dasar dari ilmu kesehatan masyarakat, fokus ilmu epid bukan individu melainkan klompok individu,individu hidup dalam lingkungannya baik fisik,sosial, ekonomi, maupun kultural, sehingga timbulnya penyakit atau masalah kesehatan dapat dipengaruhi oleh berbagai hal.Oleh karena itu upaya kesehatan seperti upaya preventif,kuratif dan promontif sangat diperlukan untuk meningkatkan derajat kesehatan.

    BalasHapus
  48. untuk meningkatkan kesehatan melalui upaya preventif,promotif,advokasi,kuratif,dan rehabilitif,sudah mncakup semua upaya untuk meningkatkan kesehatan,mulai dari pencegahan sampai dengan pengobatan
    sebagai seorang perawat kita harus melakukan upaya preventif dan promosi terlebih dahulu
    jika memang permasalahn sudah terjadi maka kita dapat melakukan hal seperti advokasi, kuratif dan rehabilitatif

    BalasHapus
  49. menurut saya tindakan tersebut sudah mencakup setiap aspek hanya perlu pemaksimalan dalam setiap tindakan sehingganya akan didapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan tujuan..

    BalasHapus
  50. Menurut pendapat saya epidemilogi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai permasalah yang terjadi di sebuah kelompok masyarakat
    tindakan untuk meningkatkan kesehatan di epidemiologi menyangkut preventif,promotif,advokasi,kuratif,dan rehabilitif,sudah mncakup semua upaya untuk meningkatkan kesehatan,mulai dari pencegahan sampai dengan pengobatan
    sebagai seorang perawat kita harus melakukan upaya preventif dan promosi terlebih dahulu

    BalasHapus
  51. Menurut saya tindakan tersebut sudah tepat dalam rangka mengurangi masalah kesehatan.sedangkan untuk mengurangi masalah kesehatan maka di lakukan tindakan preventif yaitu pencegahan penyakit misalnya mencuci tangan sebelum makan dan tidakan promotif meningkatkan pemeliharaan kesehatan penduduk misalnya dengan berolah raga

    BalasHapus
  52. merupakan dasar dari ilmu kesehatan masyarakat, fokus ilmu epid bukan individu melainkan klompok individu,individu hidup dalam lingkungannya baik fisik,sosial, ekonomi, maupun kultural, sehingga timbulnya penyakit atau masalah kesehatan dapat dipengaruhi oleh berbagai hal.Oleh karena itu upaya kesehatan seperti upaya preventif,kuratif dan promontif sangat diperlukan untuk meningkatkan derajat kesehatan.

    BalasHapus
  53. Studi epidemiologi yang berorientasi pada upaya preventif, promotif, perlindungan, kuratif, dan rehabilitatif sudah sangat tepat. Namun yang harus diprioritaskan lagi adalah pada upaya preventif dan promotif kerana upaya ini yang sangat berpengaruh pada masyarakat, terutama pada program di puskesmas. Dan dalam pemecahan masalah kesehatan akan tercapai apabila peran kita sebagai perawat berupaya dengan baik dan dengan bekerja sama lintas sektor.

    BalasHapus
  54. studi epidemologi sebaiknya tidak hanya melihat dari sisi penyebab langsung masalah kesehatan saja, namun faktor sosial, ekonomi,kebudayaan turut berperan dalam status kesehatan. disini tindakan promotive, prefentif harus lebih menjadi perhatian utama.pada masyarakat faktor-faktor tersebut diatas terkadang telah terbentuk turun temurun secara otomatis sehingga membutuhkan tehnik dan metode kusus dalam penerapanya yang dikhawatirkan akan menambah masalah kesehatan.
    menurut saya hal yang paling baek kita lakukan adlah preventif dan promotif

    BalasHapus
  55. indakan tersebut sudah tepat dalam rangka mengurangi masalah kesehatan.sedangkan untuk mengurangi masalah kesehatan maka di lakukan tindakan preventif yaitu pencegahan penyakit misalnya mencuci tangan sebelum makan dan tidakan promotif meningkatkan pemeliharaan kesehatan penduduk misalnya dengan berolah raga

    BalasHapus
  56. Eka Rachmawati NPM. 12320099.P
    Studi epidemiologi yang berorientasi pada upaya preventif,promotif,perlindungan,kuratif dan rehabilitatif sudah sangat tepat. Namun yang harus diprioritaskan lagi adalah pada upaya preventif dan promotif karena upaya ini yang sangat berpengaruh pada masyarakat, terutama pada program dipuskesmas. Dan dalam pemecahan masalah kesehatan akan tercapai apabila peran kita sebagai perawat berupaya dengan baik dan dengan bekerja sama lintas sektor.

    BalasHapus
  57. epidemiologi kita dapat mengukur suatu kejadian,mendistribusikan kejadian tersebut menurut variabel orang,tempat dan waktu, dan berupaya untuk menentukan faktor yg menyebabkan terjadinya kejadian tersebut.adapun yang dapat kita lakukan untuk mengurangi masalah dibidang keperawatan sesuai dg paradigma baru bidang kesehatan yaitu kita titik berat pd tindakan promotif dan prefentif,dg memanfaatkan epidemiologi untuk menggambarkan status kesehsatan,mempelajari riwayat alamiah penyakit,menentukan penyebab,mengevaluasi dampak,sistem pengendalian penyakit.

    BalasHapus
  58. epidemiologi dalam bidang kesehatan memang sangat penting. Kita dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang berperan dalam terjadinya penyakit atau masalah kesehatan dalam masyarakat, menyediakan data yang diperlukan untuk perencanaan kesehatan dan mengambil keputusan, membantu melakukan evaluasi terhadap program kesehatan yang sedang atau telah dilakukan, atau mengembangkan metodologi untuk menganalisis keadaan suatu penyakit dalam upaya untuk mengatasi atau menanggulanginya. Dan upaya ini dapat mengurangi masalah-masalah kesehatan, disamping upaya kita dalam menjaga asupan gizi dan kesehatan jasmani.

    BalasHapus
  59. menurut saya tindakan tersebut sudah sangat tepat untuk mengurangi masalah kesehatan.

    BalasHapus
  60. menurut saya epidemiologi itu sangat berperan di bidang keperawatan,karena epidemiologi tersebut mencakup berbagai aspek yg di perlukan dalam melaksanakan suatu perencanaan ataupun intervensi keperawatan di masyarakat untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

    BalasHapus
  61. Studi epidemiologi dapat dilakukan dalam berbagai masalah, seperti penyakit, lingkungan, sosial, sistem pelayanan dan sistem manajemen, termasuk pada bidang keperawatan. Sesuai dengan tujuannya bahwa epidemiologi dipelajari untuk mencari faktor risiko dan penyelesaiannya. Epidemiologi berorientasi pada aksi/program kegiatan seperti tindakan preventif, promotif, perlindungan, kuratif dan rehabilitatif. tindakan tersebut sangat tepat jika dilakukan dgn benar.

    BalasHapus
  62. menurut saya tindakan tersebut sudah sangat tepat apabila dilakukan dengan tepat. Karena untuk program perkesmas yang kita utamakan adalah dg preventif dan promotip untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan mengikutsertakan masyarakat dalam kegiatan trsebut.

    Untuk mengurangi masalah masalah kesehatan yaitu dengan melakukan berbagai cara sebagai berikut:
    - Preventif,sasaran penduduk yang tdk sakit agar terhindar dari ancaman penyakit dan lingkungan,pencegahan khusus melalui crsening,penyukluhan masyarakat,imunisasi dan prilaku tenaga kesehatan yang provesional.
    - Promotif,dengan promotif dapat meningkatkan pemeliharaan kesehatan penduduk,kegiatan olah raga kebugaran,kegiatan UKGS,Peningkatan gizi masyarakat yang didasarkn pada: pengaturan perundang-undangan dan Kerja sama dengan sektor lain.

    BalasHapus
  63. upaya meningkatkan kesehatan melalui promotip, kuratip dan rehabilitatip untuk meningkatkan kesehatan mulai dari mencegah sampai dengan pemulihan . sebagai perawat harus melakukan upaya prepentip dan promosi terlebih dahulu jika permasalahn sudah terjadi kita dapat melakukan hal seperti rehabilitatip kuratip dan advokasi.

    BalasHapus
  64. Subandi NPM 12320143.P
    (maaf pak pada pengirinman data/komentar pertama saya lupa mencantumkan nama /NPM, jd saya kirim ulang.terimakasih)
    Dengan epidemiologi kita dapat mengukur suatu kejadian,mendistribusikan kejadian tersebut menurut variabel orang,tempat dan waktu, dan berupaya untuk menentukan faktor yg menyebabkan terjadinya kejadian tersebut.adapun yang dapat kita lakukan untuk mengurangi masalah dibidang keperawatan sesuai dg paradigma baru bidang kesehatan yaitu kita titik berat pd tindakan promotif dan prefentif,dg memanfaatkan epidemiologi untuk menggambarkan status kesehsatan,mempelajari riwayat alamiah penyakit,menentukan penyebab,mengevaluasi dampak,sistem pengendalian penyakit, sehingga masalh dibidang keperawatan yang kita. Hadapi dpt ditangani secara komprehensif.
    Balas

    BalasHapus
  65. Kita dapat berfokus pada tindakan keperawatan pada aksi/program kegiatan seperti tindakan preventif, promotif, perlindungan, kuratif dan rehabilitatif..
    tentu saja harus dilakukan dgn baik, agar tidak menimbulkan masalah kesehatan, dan dilakukan secara benar dan tepat waktu.

    BalasHapus
  66. Adapun yang dimaksudkan dengan pelayanan kesehatan disini ialah setiap upaya yang diselenggarakan sendiri atau secara bersama-sama dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan mengobati serta memulihkan kesehatan perorangan, kelompok serta masyarakat. Untuk dapat menyelenggarakan pelayanan kesehatan masyarakat yang baik, banyak hal yang harus diperhatikan

    BalasHapus
  67. tindakan untuk meningkatkan kesehatan di epidemiologi menyangkut preventif,promotif,advokasi,kuratif,dan rehabilitif,sudah mncakup semua upaya untuk meningkatkan kesehatan,mulai dari pencegahan sampai dengan pengobatan
    sebagai seorang perawat kita harus melakukan upaya preventif dan promosi terlebih dahulu

    BalasHapus
  68. Studi epidemiologi dapat dilakukan dalam berbagai masalah, seperti penyakit, lingkungan, sosial, sistem pelayanan dan sistem manajemen, termasuk pada bidang keperawatan. Sesuai dengan tujuannya bahwa epidemiologi dipelajari untuk mencari faktor risiko dan penyelesaiannya. Epidemiologi berorientasi pada aksi/program kegiatan seperti tindakan preventif, promotif, perlindungan, kuratif dan rehabilitatif.

    BalasHapus
  69. REFI HENDRA NPM 12320134.P

    Sebenarya Pelayanan yang dilakukan di Pusat Kesehatan Masyarakat sudah mencakup tindakan preventif,promotif,kuratif dan rehabilitatif. Akan tetapi kenyataan dilapangan pengobatan masih menjadi program yg angka cakupannya Kegiatan paling tinggi.
    dari tahun ke tahun belum ada perubahan yg mencolok dari upaya preventif dan promotif menurut saya hal ini yg harus kita pertaanyakan dimana letak kesalahanya.

    BalasHapus
  70. kegiatan seperti tindakan preventif, promotif, perlindungan, kuratif dan rehabilitatif harus dilakukan dgn benar, dan sesuai dgn yg ada pada kenyataannya dilapangan.

    BalasHapus
  71. REFI HENDRA :" Ma'af Pak Zaenal, saya mohon waktu kuliahnya ditambah
    mungkin ada teman2 yg sdh berusaha HADIR tetapi terkendala ssuatu dan lain hal Terimakasih".

    Maju terus Epidemilogi Indonesia

    BalasHapus
  72. ita lakukan untuk mengurangi masalah dibidang keperawatan sesuai dg paradigma baru bidang kesehatan yaitu kita titik berat pd tindakan promotif dan prefentif,dg memanfaatkan epidemiologi untuk menggambarkan status kesehsatan,mempelajari riwayat alamiah penyakit,menentukan penyebab,mengevaluasi dampak,sistem pengendalian penyakit.

    BalasHapus
  73. Preventif,sasaran penduduk yang tdk sakit agar terhindar dari ancaman penyakit dan lingkungan,pencegahan khusus melalui crsening,penyukluhan masyarakat,imunisasi dan prilaku tenaga kesehatan yang provesional.
    - Promotif,dengan promotif dapat meningkatkan pemeliharaan kesehatan penduduk,kegiatan olah raga kebugaran,kegiatan UKGS,Peningkatan gizi masyarakat yang didasarkn pada: pengaturan perundang-undangan dan Kerja sama dengan sektor lain.

    BalasHapus
  74. NAMA : FITRIANI
    NPM : 12320227 P
    PSIK B
    Menurut saya tindakan tersebut sudah tepat dalam rangka mengurangi masalah kesehatan,tugas pokok perawat salah satunya adalah melakukan preventif,promotif,advokasi dan rehabilitatif terhadap pasien,meski melakukan tindakkan kuratif, itupun dengan pelimpahan kewenangan dari dokter

    BalasHapus
  75. masalah masalah seperti haruslah sangat perlu dibutuhkan cara yang dapat lebih menekankan sesuatu hal yang berawal dari hal-hal kecil sebagai perwujudan dari bentuk pencegahan dari berbagai macam penyakit atau masalah persoalan yang berhubungan langsung dengan kesehatan , kebersihan , pemberitahuan bahwa hidup sehat itu lebih indah lebih dapat memiliki peluang untuk melakukan hal yang baik dan salah satunya mencoba dengan memberi aksi MENCEGAH 100% LEBIH BAIK DARAI PADA TENTUNYA MENGOBATI, meperhatikan masalah service serta bila ada komplen dapat dijadikan masukan tentunya motivasi pada keprofesian perawat secara spesifik

    BalasHapus
  76. Menurut Saya Tindakan diatas sudah cukup tepat untuk meningkatkan kesehatan bila semua dilakukan dengan sebaik - baiknya.Sedangkan untuk mengurangi masalah-masalh kesehatan termasuk dibidang keperawatan dengan lebih mengutamakan preventif dan promotif.

    BalasHapus
  77. Maria Ulfa (PSIK B)
    12320188P
    Menurut pendapat saya tindakan untuk mengurangi masalah-masalah di bidang keperawatan selain program diatas yg menekankan preventif dan promotif kita sebagai tenaga perawat baik di puskes atau RS harus memberikan perhatian ekstra juga di lini kuratif dan rehabilitatif agar bisa menekan angka kesakitan yg lebih lanjut dan sebagai pencegahan sekunder ,misalnya dengan penkes thd keluarga pasien yg dirawat

    BalasHapus
  78. NGATIRAN

    Studi epidemiologi membahas suatu penyebab yang menyebabkan suatu masalah atau penyakit/kejadian.untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan berbagai upaya baik promotive,preventive tampa dengan mengabaikan masalah kuratif dan rehabilitatif.Disamping itu perlu kerja sama yang baik dari berbagai pihak baik pemerintah sebagai pemegang kebijakan politis,dinas kesehatan sebagai promotor / pelaksana pelayanan kesehatan dan masyarakat sebagai obyek ditempat timbulnya masalah tersebut untuk diatasi.untuk itu masyarakat perlu berprilaku hidup sehat,baik dan bersih.

    dari sudut pandang saya juga masalah epidemiologi dikarenakan kesalahan manusia yang merusak bumi ini,salah mengelolanya,yang asal-asalanseraka dalam mengambil kekayaan bumi ini tampa memikirkan akibatnya... jadi wajar saja sering timbul masalah kesehatan baik wabah,banjir.penyakit dll karena disebabkan oleh tangan2 manusia sendiri .....untuk itu kita perlu koreksi dini

    BalasHapus
  79. EVI SUMARYANTI

    menurut pendapat saya tindakan untuk mengurangi masalah kesehatan diatas adalah dengan melakukan tindakan preventif, promotif, rehabilitatif sudah sangat tepat karena dapat mengurangi angka kesakitan dan kematian, dan sebagai perawat harus melakukan tupoksi sesuai dengan bidang masing masing.

    BalasHapus
  80. Yang dapat kita lakukan untuk dapat mengurangi masalah kesehatan, termasuk masalah-masalah dibidang keperawatan?

    Tindakan yang dilakukan adalah promotif,preventif (pencegahan agar tidak terjadi kondisi sakit),kuratif (kolaborasi dengan tim kesehatan lain untk individu yang sakit),rehabilitatif (pemulihan kesehatan pada individu yang telah sembuh dari sakit).Dengan kita melakukan hal-hal tersebut kita akan mencapai derajat sehat yang optimal.

    BalasHapus
  81. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  82. Menurut pendapat saya program tersebut sudah tepat.

    Hal yang dapat kita lakukan untyk mengatasi masalah kesehatn adalah melakukan deteksi dini masalah masalah yang dapat menimbulkan penyakit serta melakukan penyuluhan kesehatan kpd masyarakat

    BalasHapus
  83. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  84. Peranan epidemiologi dalam bidang kesehatan memang sangat penting. Kita dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang berperan dalam terjadinya penyakit atau masalah kesehatan dalam masyarakat, menyediakan data yang diperlukan untuk perencanaan kesehatan dan mengambil keputusan, membantu melakukan evaluasi terhadap program kesehatan yang sedang atau telah dilakukan,perlu kerja sama yang baik dari berbagai pihak baik pemerintah sebagai pemegang kebijakan politis,dinas kesehatan sebagai promotor / pelaksana pelayanan kesehatan dan masyarakat sebagai obyek ditempat timbulnya masalah tersebut untuk diatasi.untuk itu masyarakat perlu berprilaku hidup sehat,baik dan bersih.
    BalasHapus
    arsinoto 12320159

    BalasHapus
  85. Menurut saya tindakan tersebut sudah tepat, karena kita tidak hanya mengetahui penyebab dan permasalahannya, tetapi kita juga harus menyelesaikan masalah kesehatannya dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, melalui kegiatan preventif, promotif, perlindungan, kuratif dan rehabilitatif. Tindakan yang kita lakukan untuk mengurangi masalah kesehatan yaitu dengan tindakan preventif, promotif dan perlindungan.

    BalasHapus
  86. Misti Azizah
    NPM 12320226 PSIK B

    Menurut pendapat saya program yang dilakukan diatas sudah tepat dalam rangka mengurangi masalah, namun harus dimulai dari Tim kesehatan itu sendiril
    Sedangkan langkah - langkah didalam mengurangi masalah khususnya pada bidang keperawatan kita sebagai tenaga keperawatan yang bertugas dimana saja harus mampu memberikan operation yang lebih agar mampu mengurangi rasa sakit.

    BalasHapus
  87. Menurut pendapat saya tindakan tersebut sudah tepat, karena kita tidak hanya mengetahui penyebab dan permasalahannya, tetapi kita juga harus menyelesaikan masalah kesehatannya dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, melalui kegiatan preventif, promotif, perlindungan, kuratif dan rehabilitatif. Tindakan yang kita lakukan untuk mengurangi masalah kesehatan yaitu dengan tindakan preventif, promotif dan perlindungan.

    BalasHapus
  88. debora p tanjung,,12320093
    menurut saya tindakan diatas sudah tepat,tapi kita tidak hanya melihata dari sisi permasalahanya saja,tapi kita juga harus meningkatkan upaya kesehatan masyarakat.Epidemiologi berorientasi pada aksi/program kegiatan seperti tindakan preventif, promotif, perlindungan, kuratif dan rehabilitatif. tindakan tersebut sangat tepat jika dilakukan dgn benar.

    BalasHapus
  89. LIA FEBRIANI, 12320237P


    Menurut saya dg fenomena yg ada saat ini langkah aksi yg telah dilakukan oleh pemerintah tak ubahnya sebuah fenomena gunung es yg sewaktu-waktu akan dapat meledak dan menjadi kegagalan program. Dana yg di sediakan pemerintah pusat dan daerah akan terbuang sia-sia jika petugas kes tidak berperan aktif dan konsisten dalam melaksanakan prog aksi tsb.

    BalasHapus
  90. Nama : Lidiya Wati Sudya
    NPM : 12320238.P
    maap pak komentar saya dsni kemaren hilang/gak kebaca di laptop saya, jd skrg sy komentar lg. terima kasih.

    menurut saya sebaiknya epidemologi tidak hanya melihat dari sisi penyebab langsung masalah kesehatan saja, namun faktor sosial, ekonomi,kebudayaan turut berperan dalam status kesehatan. disini tindakan promotive, prefentif harus lebih menjadi perhatian utama.pada masyarakat faktor-faktor tersebut diatas terkadang telah terbentuk turun temurun secara otomatis sehingga membutuhkan tehnik dan metode kusus dalam penerapanya yang dikhawatirkan akan menambah masalah kesehatan.

    BalasHapus